Cara Tahu 5 Barang yang Paling Laris di Tokopedia
Compas.co.id – Belakangan ini, menjalankan bisnis di e-commerce begitu menjanjikan. Wajar saja, mengingat 74,5% konsumen lebih banyak berbelanja online berdasarkan riset SIRCLO. Anda dapat mengambil peluang bisnis tersebut dengan membangun toko di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, yakni Tokopedia.
Hasil riset IPrice dalam Databoks mengungkap bahwa Tokopedia berhasil menjadi e-commerce dengan engagement Facebook dan Twitter tertinggi, yaitu sebesar 146 ribu engagements. Selain itu, Tokopedia juga menjadi e-commerce paling banyak peminatnya di Indonesia sepanjang kuarta I tahun 2022 ini. Bahkan, total pengunjung lokalnya mencapai 157 juta orang pada periode Januari-Maret 2022.
Sudah merintis bisnis di e-commerce tersebut, tapi penjualan tidak kunjung naik? Barangkali Anda belum melakukan riset produk secara tepat. Riset produk seperti mengenai barang yang paling laris di Tokopedia dapat menjadi kunci dalam menjalankan strategi bisnis.
Namun, tidak semua pelaku bisnis memahami caranya. Sebab itu, ketahui cara melihat barang yang paling laris di Tokopedia berikut ini.
Baca juga: Top 10 Brand: Data Penjualan Pembersih Wajah di Shopee dan Tokopedia
4 Cara Melihat Barang yang Paling Laris di Tokopedia
1. Riset via Google Trends
Cara pertama untuk mengetahui barang yang paling laris di Tokopedia adalah menggunakan Google Trends. Tools gratisan dari Google tersebut merupakan sebuah layanan yang akan membantu Anda melakukan riset produk.
Cukup masukkan keyword yang ingin Anda, lalu ubah lokasi pencarian menjadi “Indonesia”. Tidak lupa, atur waktu sesuai kebutuhan. Secara otomatis, Google Trends akan menampilkan hasil data tren keyword tersebut dalam bentuk grafik.
Makin tinggi grafiknya, menunjukkan bahwa kata kunci yang Anda cari sedang populer dan berlaku sebaliknya. Hasil riset tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih produk yang akan dijual di Tokopedia.
2. Riset keyword di Google
Selain Google Trend, riset barang yang paling laris di Tokopedia juga bisa menggunakan tools Google Keyword Planner. Bedanya dengan tools sebelumnya, Anda dapat memperoleh referensi kata kunci lainnya melalui tools tersebut.
Cara untuk menggunakannya pun mudah, cukup memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari. Apabila tidak ada data yang muncul, maka menandakan bahwa kata kunci tersebut tidak populer. Tentunya, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan produk atau nama produk yang akan dijual.
3. Survei produk di Tokopedia
Cara mengetahui barang yang paling laris di Tokopedia berikutnya, yaitu dengan survei langsung di e-commerce tersebut. E-commerce sebesar Tokopedia ini biasanya menyediakan fitur “produk terlaris”.
Manfaatkan fitur tersebut untuk mengidentifikasi produk-produk unggulan. Apabila produk yang Anda jual masuk dalam kategori terlaris, maka besar potensi produk tersebut laku terjual.
Menariknya lagi, Anda juga bisa memperoleh info mengenai kompetitor bisnis dari produk serupa. Informasi tersebut sangatlah penting guna mengidentifikasi karakteristik pesaing sehingga Anda dapat menerapkan strategi yang lebih unggul daripada kompetitor.
Baca juga: 4 Cara Branding Produk Agar Laku di Pasaran
4. Mengamati review konsumen
Barang yang paling laris di Tokopedia umumnya memiliki banyak review dari konsumen. Informasi tersebut dapat Anda peroleh melalui e-commerce secara langsung.
Melalui pengamatan pada review konsumen, Anda dapat meninjau kelebihan dan kekurangan produk sekaligus pelayanannya. Ini dapat menjadi celah bisnis yang menguntungkan, apabila Anda berhasil mengembangkan produk sekaligus menerapkan strategi yang tepat.
5 Barang yang Paling Laris di Tokopedia
Lantas, barang apa saja yang paling laris di Tokopedia? Berdasarkan data Compas Dasboard, ada beberapa barang terlaris dari kategori FnB dan Beauty&Care di e-commerce tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.
1. Mie pasta instan
Sepanjang periode April-Juni 2022, Tim Compas mencatat bahwa mie pasta instan menjadi barang terlaris di Tokopedia dengan sales quantity sebesar 430.186 pcs. Mie pasta instan merupakan salah satu varian mie instan dalam bentuk pasta.
Beberapa produk mie pasta yang dijual di Tokopedia di antaranya Indomie Hype Abis atau Mieghetti. Produk mie instan dari brand tersebut termasuk yang paling populer dari sekian brand mie instan yang ada di Indonesia.
2. Sabun mandi
Sebagai produk kebutuhan pokok, bukanlah hal yang mengejutkan jika sabun mandi masuk dalam daftar barang paling laris di Tokopedia. Tercatat, barang tersebut mencapai penjualan dengan sales quantity sebanyak 264.620 pcs.
Hasil pantauan Tim Compas menemukan ada satu produk sabun mandi yang masuk jajaran produk terlaris pada kategori Beauty&Care. Produk tersebut, yaitu Citra Bar Soap Pearly Glow 70 g. Produk tersebut menawarkan sabun kecantikan yang tidak hanya membersihkan tubuh, tapi juga dipercaya mencerahkan dengan kandungan ekstrak bengkoang dan susu di dalamnya.
3. Pembersih wajah
Produk perawatan kulit seperti pembersih wajah berhasil tembus sebagai barang terlaris dengan total penjualan senilai 263.865 pcs. Data Compas Dasbord juga menunjukkan bahwa pembersih wajah menjadi top produk peringkat pertama di e-commerce pada semester I 2022. Capaian sales quantity pada periode tersebut mencapai 3,8 juta, lebih unggul dibandingkan produk serum wajah.
Produk pembersih wajah termasuk rangkaian skincare yang tidak boleh dilewati karena penting manfaatnya untuk memperbaiki skin barrier. Perbincangan seputar skin barrier juga sempat ramai di media sosial beberapa waktu lalu sehingga turut meningkatkan awareness konsumen terhadap barang tersebut. Secara tidak langsung, ini juga dapat mendongkrak penjualan produk pembersih wajah.
Baca juga: Data Penjualan Creatine dari 10 Top Brand, Muscle First Lagi-Lagi Jadi Juara!
4. Jus sirup
Barang paling laris di Tokopedia berikutnya adalah jus sirup. Sales quantity barang tersebut mencapai angka 214.881 pcs. Jenis produk jus sirup terlaris di e-commerce tersebut, yakni ABC Sirup Squash Delight Jeruk Florida 460 ml dengan sales revenue fantastis sebesar Rp1.7 miliar lebih.
Jika Anda memiliki bisnis dengan produk serupa, maka data tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam menjalankan strategi penjualan jus sirup. Informasi tersebut juga menambah referensi terkait kompetitor yang perlu Anda perhatikan.
5. Shampo
Barang terlaris pada posisi kelima berasal dari produk perawatan rambut, yakni shampo. Sales quantity kategori tersebut tidak jauh berbeda dengan barang sebelumnya, yaitu mencapai 214.221 produk.
Contoh produknya yang masuk daftar top produk terlaris di e-commerce tersebut berasal dari brand Makarizo. Hasil pantauan Tim Compas melalui official shop-nya di Tokopedia menunjukkan bahwa produk tersebut dijual dengan harga terjangkau dengan rating tinggi sebesar 4.9.
Dapatkan Data Penjualan dengan Mudah Melalui Compas
Data mengenai barang terlaris di Tokopedia tersebut dapat menjadi bahan acuan bagi perusahaan untuk mengimplementasikan strategi marketing yang tepat. Meski demikian, perusahaan juga perlu menunjangnya dengan data-data lainnya seperti harga produk kompetitor, pricing strategi, data penjualan, dan sebagainya. Guna memperolehnya, perusahaan harus melakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnis.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!