Agar Cuan, Cari Tahu 5 Produk Paling Laris untuk Jualan Online
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Riset produk merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis terutama jualan online. Dengan riset produk, pebisnis jadi tahu produk paling laris sehingga potensial untung untuk dijadikan usaha.
Riset produk juga menjadi cara perusahaan untuk mengetahui kondisi pasar sehingga dapat menjalankan strategi pemasaran secara tepat. Cara melakukan riset produk juga bermacam-macam seperti menggunakan fitur Google, survei melalui kuisioner, atau meninjau penjualan di e-commerce.
Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online
4 Cara Riset Produk Terlaris untuk Jualan
Dalam melakukan riset produk terlaris, ada banyak cara yang bisa perusahaan lakukan. Berikut beberapa cara riset untuk mendapatkan data produk terlaris yang bisa diterapkan.
1. Memanfaatkan Google Trends
Informasi terkait produk paling laris bisa Anda dapatkan dengan melihat hal yang sedang tren saat ini. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menggunakan fitur gratis dari Google seperti Google Trends.
Fitur tersebut menyediakan layanan berupa pencarian hal yang sedang tren sesuai dengan kata kunci (keyword) yang Anda cari. Misalnya, perusahaan Anda bergerak pada bisnis makanan korea.
Maka, secara otomatis fitur ini akan menampilkan grafik mengenai seberapa populer kata kunci tersebut sekaligus lokasi yang paling banyak mencarinya. Dengan data riset tersebut, Anda bisa mengamati besarnya peluang bisnis dan daerah yang berpotensi paling cuan bagi usaha tersebut.
2. Menggunakan fitur e-commerce
Beberapa raksasa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee telah menyediakan fitur yang bisa membantu Anda riset produk paling laris untuk jualan online. Misalnya, riset produk di Tokopedia bisa ditelusuri melalui menu “Kategori” pada laman awalnya.
Pilihlah jenis kategori yang cocok atau berkaitan dengan bisnis Anda, lalu manfaatkan fitur “Urutkan” untuk mengetahui produk-produk terlaris tersebut. Anda bisa melakukan penelusuran berdasarkan ulasa, harga, hingga produk terbaru.
Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online
3. Melalui review konsumen
Biasanya, produk paling laris di e-commerce memiliki jumlah review terbanyak. Melalui review tersebut, Anda dapat mengamati berbagai ulasan pembeli mulai dari rating tertinggi hingga terendah.
Informasi tersebut dapat menjadi data penting untuk melihat kualitas produk dan pelayanan dari kompetitor. Data yang terkumpul tersebut bisa jadi bahan evaluasi dan acuan untuk menerapkan strategi marketing yang bisa mengalahkan produk terlaris dari pesaing bisnis Anda.
4. Memakai fitur Compas Dashboard
Beberapa cara riset sebelumnya memang membantu mengetahui kondisi pasar. Namun, tidak jarang perusahaan membutuhkan data-data tertentu seperti top brand, top seller, product listing, dan lainnya. Apalagi untuk perusahaan besar, data semacam itu sangatlah penting untuk mengetahui posisi bisnis masuk dalam jajaran terlaris atau tidak.
Kini, perusahaan bisa memperoleh berbagai data riset produk sesuai kebutuhan bisnis dengan memanfaatkan fitur Compas Dasboard. Compas Dashboard hadir dengan layanan yang membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya secara digital.
Cukup dengan mengakses Compas Dashboard, Anda dapat memperoleh beragam informasi seputar data penjualan produk terlaris hingga top brand di e-commerce pada kategori dan periode tertentu. Data tersebut berupa market insight yang bisa membantu perusahaan melihat peta persaingan bisnis di e-commerce, terutama pada brand-brand besar.
Baca juga: Mengenal Marketing Mix Produk untuk Bisnis Online
5 Produk Paling Laris untuk Jualan Online
Data Compas Dashboard mencatat bahwa produk perawatan dan kecantikan mendominasi produk terlaris di e-commerce sepanjang kuartal II 2022 ini. Apa saja produk tersebut? Simak, data selengkapnya sebagai berikut.
1. PINKFLASH Matte Lipstik
Peringkat pertama produk terlaris pada kuartal II tahun ini diraih PINKFLASH Matte Lipstik. Produk tersebut sukses dengan total penjualan mencapai Rp3.6 miliar dengan sales quantity sebanyak 226.4K.
Menariknya, riset Tim Compas menemukan bahwa PINKFLASH berhasil menduduki posisi kedua sebagai top brand lipstik pada periode 16-31 Agustus 2022. Artinya, brand tersebut berhasil konsisten menjaga performa penjualannya.
Sebagai produk luar negeri, PINKFLASH termasuk brand yang menawarkan produk dengan harga terjangkau. Survei Kataboks juga menyebutkan jika harga menjadi faktor utama bagi konsumen untuk membeli produk. Diduga, pricing strategy menjadi pendobrak kesuksesan brand tersebut untuk merebut konsumen lokal.
2. Maybelline Superstay Matte Ink
Keberhasilan produk dengan brand ternama asal Amerika ini sudah tidak diragukan lagi. Meski harga produknya terbilang lebih mahal, tapi Maybelline Superstay Matte Ink mampu tembus sebagai produk terlaris urutan kedua.
Total penjualannya meraih angka Rp15.5 miliar dengan sales quantity sebesar 192.8K. Sebagai salah satu bagian dari brand kecantikan global, produk tersebut juga penjualannya juga laris pada Agustus 2022.
Kondisi tersebut membuktikan bahwa ketahanan Maybelline dalam menjaga eksistensinya sebagai jawara dalam industri kecantikan global. Pencapaian tersebut juga tidak terlepas dari strategi yang dijalankan oleh perusahaan.
Beberapa strategi tersebut di antaranya menggandeng idol K-pop bernama ITZY dan model papan atas seperti Gigi Hadid. Sementara brand ambassador Maybelline dari lokal diwakilkan oleh Pevita Pearce, aktris ternama Indonesia.
3. BUHOTEI Sheet Mask BIOAQUA
Masih dalam kategori produk Beuaty&Care, produk paling laris di e-commerce berikutnya berasal dari brand BIOAQUA. Produk masker tersebut laku keras karena dijual dengan harga begitu murah dibandingkan produk sheet mask lainnya.
Melalui Buhotei Official Shop di Shopee, terpantau masker tersebut terjual dengan harga normal Rp5.998 – 7.667 saja. Maka,tidak mengherankan jika total penjualannya mencapai Rp497.4 juta dengan jumlah produk terjual hingga 153.2K pcs.
Baca juga: 5+ Ide Bisnis Minuman Online 2022, Siap-Siap Banjir Pesanan!
4. FOCALLURE Eyebrow Cream Gel
Produk paling laris selanjutnya, yakni berasal dari kategori kecantikan bernama FOCALLURE Eyebrow Cream Gel. Produk tersebut memperoleh total penjualan senilai Rp3.2 miliar. Adapun sales quantity yang didapatkan sebesar 92.5K.
Ditinjau dari official shop Focallure di Shopee, produk tersebut mendapat rating 4.9 dengan harga jual normal Rp78.000. Satu hal yang menarik untuk digali dari strategi penjualan produk tersebut, yakni pemberian diskon dan promo mulai dari 4% hingga 50%.
5. ABC Sirup Squash Delight Jeruk Florida
Berbeda dengan data sebelumnya, produk paling laris kali ini diraih dari kategori F&B, yaitu ABC Sirup Squash Delight Jeruk Florida. Data Compas menemukan, produk ini termasuk minuman terlaris di Tokopedia pada kuartal II tahun ini.
Sementara dari data penjualan, produk tersebut tercatat mencapai angka Rp1.8 miliar dengan sales quantity hingga 124.4K. Hasil analisis Compas menunjukkan, produk tersebut harganya juga lebih hemat dibanding beberapa produk sejenis.
Berdasarkan data Compas Dashboard tersebut, dapat diketahui bahwa harga memainkan peran penting dalam mencapai penjualan produk. Guna menjalankan pricing strategy, perusahaan tidak bisa menurunkan harga secara sembarangan.
Perusahaan perlu melakukan riset pasar sesuai kebutuhan usaha. Dengan begitu, perusahaan bisa memanfaatkan data riset secara maksimal untuk meningkatkan penjualannya.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!