ide bisnis minuman online

5+ Ide Bisnis Minuman Online 2022, Siap-Siap Banjir Pesanan!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Bagaimana Peluang Bisnis Minuman Online Saat Ini?

Compas.co.id – Tidak berlebihan rasanya jika bisnis yang bergerak di bidang F&B dinyatakan tak akan pernah mati, mengingat produk makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer manusia sebagai makhluk hidup. Media Indonesia pun setuju akan hal tersebut. Bisnis F&B dinilainya tak akan lekang waktu selama peradaban manusia masih eksis. Artinya, demand kebutuhan pangan akan selalu ada.

Mengutip dari Databoks, sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum mengalami pertumbuhan sebesar 1,91% di kuartal II tahun 2021. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pada kuartal sebelumnya yang terkontraksi 1,8%.

Dengan data pertumbuhan yang demikian, bisa dibilang sektor bisnis makanan dan minum masih memiliki peluang pertumbuhan yang positif. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner khususnya kategori minuman, berikut inspirasi 5+ ide usaha minuman online!

5+ Ide Bisnis Minuman Online 2022, Dijamin Laris!

contoh bisnis minuman online

 

1. Ide Bisnis Es Kopi Kekinian

Dewasa ini, bisnis kopi kekinian tengah melejit. Jika sebelumnya kopi identik dengan minuman kesukaan bapak-bapak dan orang tua, kini kopi juga jadi minuman favorit kawula muda. Tak hanya dikonsumsi saat nongkrong di cafe, tren bisnis kopi juga telah merambah ke sektor bisnis online.

Dengan terjadinya pandemi di seluruh dunia, kebiasaan nongkrong pun jadi digantikan dengan aktivitas yang stay at home. Imbasnya, orang-orang yang tadinya biasa menikmati kopi di kafe jadi cenderung memesan kopi secara online dari rumah.

 

2. Ide Bisnis Minuman Cold Pressed Juice

Selain kopi, ide bisnis minuman sehat seperti cold pressed juice juga memiliki peluang besar. Selain segar, minuman jus yang satu ini juga menyehatkan. Dengan merebaknya tren hidup sehat sejak pandemi, cold pressed juice bisa jadi pilihan untuk menambah nutrisi dari minuman.

Untuk memulai bisnis minuman cold pressed juice, modal utama yang kamu butuhkan adalah alat cold press juicer, buah-buahan segar, dan botol untuk kemasan. Kamu juga bisa membuat kreasi sendiri dari kombinasi buah dan sayuran yang ada, seperti timun + buah pear + lemon atau bahkan buah apel + jahe + lemon. Namun, pastikan untuk menjajalnya sendiri sebelum dijual, ya!

 

3. Ide Bisnis Minuman Se-liter

Banyak franchise cafe yang kini menyediakan varian minuman seliter, mulai dari Kopi Kenangan, Chatime, bahkan Starbucks sudah punya paket minuman satu liternya masing-masing. Banyak digandrungi bisnis minuman satu liter ini menunjukkan adanya demand dan respons yang bagus dari pecinta kopi kekinian.

Tak hanya kopi, kamu juga bisa meracik minuman non kafein untuk para pelanggan yang tak terbiasa dengan kopi. Ide bisnis minuman yang satu ini pun tak mesti dijajakan di kedai. Kamu bisa mengeksekusi ide bisnis minuman satu liter dari rumah dengan memasarkannya secara online. Manfaatkan fitur-fitur promosi dan iklan yang disediakan oleh marketplace pilihanmu.

 

4. Ide Bisnis Sop Buah

Di siang hari yang panas, paling enak minum sop buah. Sehat, segar, dan nikmat dengan potongan buah-buahan segar di dalamnya. Modalnya cukup mudah dengan bahan-bahan yang sederhana karena tidak memerlukan alat khusus. Untuk menjalankan bisnis sop buah, yang kamu butuhkan adalah susu kental manis, air, es batu, dan potongan berbagai macam buah. Untuk takarannya bisa disesuaikan selera sambil diicip-icip, ya!

Biasanya, sop buah dijajakan secara offline di gerobak-gerobak dagangan. Namun, jika cuaca sedang panas-panasnya, terkadang kita jadi malas keluar rumah, bukan? Nah, dengan menjual sop buah secara online, pelanggan jadi bisa hemat waktu, hemat tenaga, sekaligus terhindar dari drama panas-panasan dan macet-macetan di jalan.

 

5. Ide Bisnis Minuman Es Jadul

Indonesia sebagai negara yang kaya akan jajanan kuliner juga memiliki berbagai varian es jadul, seperti es doger, es dawet ayu, es cendol, dan es bubur sumsum. Es jadul khas Indonesia cenderung memiliki rasa yang unik: segar, manis, dan ada sensasi rasa gurih dari santan. Sayang, es jadul kini makin sulit ditemui. Apalagi, persaingan dengan tren minuman-minuman kekinian jadi membuat es jadul makin terpinggirkan. 

Oleh karena itu, model bisnis es jadul harus beradaptasi dengan perkembangan zaman agar mampu bertahan. Salah satunya adalah dengan mengalihkan media pemasaran dan penjualan es jadul ke platform-platform online seperti media sosial atau e-commerce. Dengan memanfaatkan fitur iklan dari platform-platform tersebut, bisnis es jadul pun jadi bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

 

6. Ide Bisnis Minuman Susu Jelly Segar

Ingin memulai bisnis minuman, tetapi mau yang proses membuatnya mudah dan cepat? Bisnis minuman susu jelly jawabannya! Hanya bermodalkan kulkas dan dua bahan, kamu bisa langsung memasarkan produk susu jelly-mu secara online!

Terbilang praktis, komposisi dasar minuman susu jelly hanya terdiri dari dua bahan: susu berperisa dan potongan jelly. Cara pembuatannya juga sederhana. Tinggal mencampur rata semua bahan, masukkan ke botol kemasan, lalu simpan di lemari es hingga dingin. Voila! Es susu jelly sudah siap untuk dijual.

 

Kesimpulan

Setelah dibahas satu per satu, kita jadi mengetahui bahwa ada banyak ide bisnis minuman online yang masih sangat berpotensi untuk dijadikan peluang usaha. Selain memiliki peluang besar, produk dalam kategori bisnis minuman cenderung lebih mudah dibuat dibanding bisnis makanan.

Apapun bisnisnya, yang faktor penting lainnya yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan sebuah bisnis adalah strategi marketing yang baik, apalagi jika didukung dengan analisa dan riset pasar yang tepat.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source:

  1. Masa Depan Bisnis Kuliner Indonesia Masih Punya Peluang Besar – Media Indonesia
  2. Grab umumkan tren kuliner, makanan sehat naik 32% – Tek.id

Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.