produk kecantikan header min scaled

Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit

Author : Valerie Joan

Awal tahun merupakan momen yang tepat bagi banyak orang untuk meninggalkan segala hal buruk di tahun yang lama dan mengubah diri menjadi lebih baik lagi.

Merawat dan mempercantik diri bisa jadi salah satu kebiasaan baik yang dimulai di tahun baru. Hal ini tercermin dari besarnya transaksi di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di Marketplace.

Berdasarkan pemantauan Compas.co.id, di awal tahun 2021, nilai total transaksi kategori perawatan kecantikan di pasar online sudah sudah menembus angka Rp20.000.000.000.

Penjualan tertinggi datang dari kategori Perawatan Tubuh dengan persentase 50% dari keseluruhan transaksi di pasar. Kategori Perawatan Tubuh meliputi produk-produk kecantikan diantaranya body lotion, sabun mandi, scrub lulur, deodoran, serta perawatan tangan dan kaki lainnya. 

Penguasa Brand Produk Kecantikan

penjualan produk kecantikan

Di tahun ini, nampaknya orang Indonesia masih lebih mempercayakan produk lokal untuk merawat diri. Di awal tahun ini Scarlett Whitening kokoh di puncak penjualan dengan market share sebesar 57%. Di posisi kedua ada Vaseline yang tertinggal cukup jauh yaitu 15%, diikuti dengan Lifebuoy sebesar 8%.

Menarik untuk dicermati bahwa Scarlett, merek lokal yang baru didirikan sejak 2017 mampu mengalahkan para kompetitornya yang notabene merupakan merek internasional. Total penjualannya sendiri mencapai lebih dari Rp7 Miliar dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Sementara itu jauh dari Scarlett yang masih terbilang baru, brand lainnya yang masuk 10 besar terlaris berdasarkan jumlah produk terjual diantaranya adalah Cetaphil, Erto’s, Garnier, Citra, Safi, Dove, serta Everwhite. Sedangkan berdasarkan nilai transaksi, Cetaphil menduduki posisi kedua dengan total penjualan sebanyak Rp1,6 Miliar.

Baca juga: Menjawab Ketidakpastian Pasar 2021 dengan Market Insight!

Mengukur Potensi Market Share

Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori kesehatan dan kecantikan merupakan bagian dari pasar kebutuhan sehari-hari yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk kecantikan dalam sebulannya di marketplace saja bisa melebihi Rp77 Miliar*.

Hal ini menandakan besarnya potensi pasar serta market share yang bisa diraup oleh suatu brand yang bergerak di kategori kesehatan dan kecantikan.

Fitur Market Insight Compas.co.id membantu kita dalam menyusun strategi bisnis berdasarkan data dengan mengidentifikasi seberapa kuat posisi kita di marketplace.

Kita bisa mengukur potensi market berdasarkan total penjualan produk serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama yang merupakan faktor berpengaruhi dalam penjualan di marketplace.

Lihat juga:


*Periode data 1-10 Januari 2021 via Dashboard compas.co.id pada 12/01/2021 pukul 16:12 WIB. Data yang dipetakan sejumlah 1.317 SKU di Tokopedia dan Shopee. Data dapat berubah sewaktu-waktu apabila terjadi penambahan SKU.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

2 Comments

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us