produk kecantikan header min scaled

Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit

Author : Valerie Joan

Awal tahun merupakan momen yang tepat bagi banyak orang untuk meninggalkan segala hal buruk di tahun yang lama dan mengubah diri menjadi lebih baik lagi.

Merawat dan mempercantik diri bisa jadi salah satu kebiasaan baik yang dimulai di tahun baru. Hal ini tercermin dari besarnya transaksi di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di Marketplace.

Berdasarkan pemantauan Compas.co.id, di awal tahun 2021, nilai total transaksi kategori perawatan kecantikan di pasar online sudah sudah menembus angka Rp20.000.000.000.

Penjualan tertinggi datang dari kategori Perawatan Tubuh dengan persentase 50% dari keseluruhan transaksi di pasar. Kategori Perawatan Tubuh meliputi produk-produk kecantikan diantaranya body lotion, sabun mandi, scrub lulur, deodoran, serta perawatan tangan dan kaki lainnya. 

Penguasa Brand Produk Kecantikan

penjualan produk kecantikan

Di tahun ini, nampaknya orang Indonesia masih lebih mempercayakan produk lokal untuk merawat diri. Di awal tahun ini Scarlett Whitening kokoh di puncak penjualan dengan market share sebesar 57%. Di posisi kedua ada Vaseline yang tertinggal cukup jauh yaitu 15%, diikuti dengan Lifebuoy sebesar 8%.

Menarik untuk dicermati bahwa Scarlett, merek lokal yang baru didirikan sejak 2017 mampu mengalahkan para kompetitornya yang notabene merupakan merek internasional. Total penjualannya sendiri mencapai lebih dari Rp7 Miliar dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Sementara itu jauh dari Scarlett yang masih terbilang baru, brand lainnya yang masuk 10 besar terlaris berdasarkan jumlah produk terjual diantaranya adalah Cetaphil, Erto’s, Garnier, Citra, Safi, Dove, serta Everwhite. Sedangkan berdasarkan nilai transaksi, Cetaphil menduduki posisi kedua dengan total penjualan sebanyak Rp1,6 Miliar.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Marketplace

Mengukur Potensi Market Share

Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori kesehatan dan kecantikan merupakan bagian dari pasar kebutuhan sehari-hari yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk kecantikan dalam sebulannya di marketplace saja bisa melebihi Rp77 Miliar*.

Hal ini menunjukkan besarnya potensi pasar melalui fitur market share, yang membantu brand Anda meraih kesuksesan di e-commerce, khususnya pada kategori kesehatan dan kecantikan.

Selain itu, tersedia akses langsung untuk melihat angka penjualan produk kecantikan yang bisa Anda dapatkan di Compas Quick Report. Compas QR ini menyediakan data jenis produk kecantikan mana kah yang paling tinggi tingkat minatnya. 

Pada periode tertentu, Compas menyediakan data total penjualan brand kecantikan di marketplace. Data ini bisa mendukung toko online agar lebih mengoptimasi penjualan produk yang memiliki transaksi tinggi. 

Alhasil, toko online bisa menentukan jenis produk yang akan dijual lebih spesifik sesuai dengan minat pasar di marketplace. Potensi market akan lebih mudah tercapai dan meningkatkan potensi penjualan toko Anda. 

Lihat juga:


*Periode data 1-10 Januari 2021 via Dashboard compas.co.id pada 12/01/2021 pukul 16:12 WIB. Data yang dipetakan sejumlah 1.317 SKU di Tokopedia dan Shopee. Data dapat berubah sewaktu-waktu apabila terjadi penambahan SKU.

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

2 Comments

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us