Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit
Author : Valerie Joan
Merawat dan mempercantik diri bisa jadi salah satu kebiasaan baik yang dimulai di tahun baru. Hal ini tercermin dari besarnya transaksi di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di e-commerce.
Berdasarkan pemantauan Compas.co.id, pada kuartal II tahun 2022, nilai total transaksi kategori produk perawatan kecantikan di pasar online sudah sudah menembus angka lebih dari Rp210 miliar.
Penjualan tertinggi datang dari kategori Perawatan Tubuh dengan market share tertinggi 11,32%. Kategori Perawatan Tubuh meliputi produk-produk kecantikan diantaranya body lotion, sabun mandi, scrub lulur, deodoran, serta perawatan tangan dan kaki lainnya.
Penguasa Brand Produk Kecantikan
Di tahun ini, nampaknya orang Indonesia masih lebih mempercayakan produk lokal untuk merawat diri. Menurut data penjualan Scarlett Whitening, brand ini kokoh berada di puncak penjualan dengan market share sebesar 11,32%. Di posisi kedua, ada Nivea yang berbeda tipis nilainya, yaitu 11,12%, dan diikuti dengan Vaseline sebesar 7,14%.
Menarik untuk dicermati bahwa Scarlett, merek perawatan wajah dan tubuh lokal yang baru didirikan sejak 2017 mampu mengalahkan para kompetitornya yang notabene merupakan merek internasional. Sales revenue produk Scarlett sendiri mencapai lebih dari Rp23.8 miliar sepanjang kuartal II 2022.
Sementara itu jauh dari Scarlett Whitening yang masih terbilang baru, brand lainnya yang masuk 10 besar terlaris berdasarkan jumlah produk terjual diantaranya adalah Nivea dan Vaseline. Sedangkan berdasarkan nilai transaksi, Nivea menduduki posisi kedua dengan sales revenue sebanyak Rp23.4 Miliar. Lalu, disusul Vaseline dengan sales revenue senilai Rp15 miliar.
Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Marketplace
Mengukur Potensi Market Share
Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori kesehatan dan kecantikan merupakan bagian dari pasar kebutuhan sehari-hari yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk kecantikan selama kuartal II 2022 di marketplace saja bisa melebihi 4,2 juta produk atau setara Rp210.4 miliar.
Hal ini menunjukkan besarnya potensi pasar melalui fitur market share, yang membantu brand Anda meraih kesuksesan di e-commerce, khususnya pada kategori kesehatan dan kecantikan.
Selain itu, tersedia akses langsung untuk melihat angka penjualan produk kecantikan yang bisa Anda dapatkan di Compas Quick Report. Compas QR ini menyediakan data jenis produk kecantikan mana kah yang paling tinggi tingkat minatnya.
Pada periode tertentu, Compas menyediakan data total penjualan brand kecantikan di marketplace. Data ini bisa mendukung toko online agar lebih mengoptimasi penjualan produk yang memiliki transaksi tinggi.
Alhasil, toko online bisa menentukan jenis produk yang akan dijual lebih spesifik sesuai dengan minat pasar di marketplace. Potensi market akan lebih mudah tercapai dan meningkatkan potensi penjualan toko Anda.
Butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id
Lihat juga:
- Data Penjualan Skincare Lokal Tembus 600 Juta Seminggu!
- Pionir Kosmetik Halal, Penjualan Wardah Tembus Rp 13,4 Miliar dalam 2 Minggu!
*Periode data April – Juni 2022 via Dashboard compas.co.id dengan 29764 listing produk di official store Shopee dan Tokopedia pada Kategori Perawatan Tubuh.