Peluang Usaha Kosmetik Online

5 Peluang Usaha Kosmetik Online yang Populer di Era Pandemi 

Author: Farah Ramadhani

Banyak orang mengira pembatasan sosial masyarakat berdampak pada menurunnya penjualan skincare dan kosmetik. Namun, siapa sangka penjualan kosmetik online justru melonjak hingga 80% pada pertengahan 2020 lalu. Tentunya hal ini membuka peluang usaha kosmetik online semakin luas.

Anda tertarik untuk memulai usaha kosmetik online? Ketahui jenis produk yang populer beserta peluangnya di pasar kecantikan online melalui rangkuman artikel Compas di bawah ini, ya. 

 

Peluang Usaha Kosmetik Online: Produk yang Populer

Peluang Usaha Kosmetik Online

1. Kosmetik Korea

Sebuah penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan penggemar Korea terbesar di dunia. Hal ini meliputi penggemar musik, drama, budaya, hingga fashion mereka.

Fenomena ini tentu bisa menambah peluang usaha kosmetik jika Anda manfaatkan dengan baik. Seperti yang kita tahu, telah banyak produk beauty and care Korea yang masuk ke Indonesia.

Pelajarii key ingredients, fungsi utama, hingga packagingnya untuk produk Anda sendiri. Anda juga bisa menjadi reseller dari produk Korea dengan memilih brand yang memiliki demand tinggi di masyarakat.

2. Kosmetik Natural

Saat ini sedang gencar kosmetik dengan tema MLBB (My Lips But Better) atau produk yang menunjukkan warna natural bibir seperti nude atau pinkish nude. Campaign ini mirip dengan My Skin But Better yang populer di pertengahan 2020, yaitu memilih shade atau warna foundation yang mendekati warna natural kulit.

Karena gencarnya gerakan kosmetik natural, produk-produk tersebut berpeluang besar untuk laris di pasar kecantikan online. Ditambah lagi, penjualan bedak lokal pada periode 1-15 Agustus 2021 lalu cukup tinggi di e-commerce.

3. Eco Friendly Products

Dorongan pemerintah untuk edukasi pentingnya merawat lingkungan juga membuat demand eco friendly products naik. Selain peluang usaha kosmetiknya besar, dengan memasarkan eco friendly products Anda juga membantu gerakan sadar lingkungan untuk mengurangi pemanasan global.

Avoskin merupakan salah satu perusahaan kecantikan lokal dengan konsep eco friendly. Pada penjualan toner periode 1-15 September 2021, Avoskin berhasil menjadi brand dengan market share tertinggi. Artinya, demand eco friendly products di Shopee dan Tokopedia cukup besar.

4. Produk Halal

Tak hanya makanan dan minuman, produk kecantikan pun sekarang memerlukan sertifikat halal. Pada bulan Mei 2021, permintaan sertifikat halal di MUI meningkat. Peningkatan ini dipengaruhi oleh gaya hidup millenials yang mulai berhijrah.

Misalnya, brand halal lokal, Wardah, berhasil menduduki peringkat kedua di kategori kosmetik wajah untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia. Hal tersebut cukup menggambarkan tingginya permintaan produk halal di pasar kosmetik online.

5. Kosmetik Dengan Range Warna Luas

Poin kelima ini berkaitan dengan populernya campign my skin but better. Karena tingginya  permintaan kosmetik natural, hal ini juga berimbas pada pilihan warna yang tersedia untuk produk Anda.

Misalnya, foundation yang memiliki range warna lebih banyak tentu akan memiliki target pasar yang lebih luas pula, yaitu orang dengan berbagai warna kulit. Begitu pula dengan kosmetik bibir karena tiap tipe kulit memiliki warna nudenya sendiri.

Seberapa Besar Peluang Usaha Kosmetik Online?

Berdasar pada informasi di atas, jadi seberapa besarkah peluang untuk memulai usaha kosmetik online di Shopee dan Tokopedia? Jawabannya adalah sangat besar! Apalagi saat ini produk makeup dan skincare lokal sedang gencar-gencarnya dicari oleh banyak orang.

Hal ini diperkuat dengan kondisi pandemi yang membatasi pergerakan sosial masyarakat. Karena banyak orang berada di rumah, maka waktu yang dimiliki untuk merawat diri semakin banyak pula. 

Walaupun berpeluang besar, kesempatan ini harus Anda ambil dengan hati-hati. Pastikan untuk memulai riset terlebih dahulu sebelum memulai usaha agar kerugian bisa Anda hindari. Dengan riset, Anda pun bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif sehingga sales revenue yang didapat pun tinggi.

Compas Dashboard dapat membantu Anda meriset pasar kecantikan online dengan menampilkan data yang up-to-date dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Data yang ditampilkan pun bervariasi dan mudah dipahami.

Beberapa insight yang Anda dapatkan melalui Compas Dashboard antara lain: data penjualan kompetitor seperti top brand, produk terlaris, total produk terjual, dan posisi brand Anda di e-commerce.

Tertarik untuk mengakses Compas Dashboard? Hubungi kami di link ini untuk mengetahui selengkapnya, ya.. Yuk, lebih dekat dengan Compas dengan follow dan DM Instagram kami di link ini


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us