toner lokal terlaris

Data Penjualan Toner Lokal di Shopee dan Tokopedia Melejit! Ini 10 Brand Terlarisnya

Author: Farah Ramadhani

Akhir-akhir ini, penggunaan toner sempat menjadi perdebatan di TikTok. Pasalnya, salah satu dokter kulit di aplikasi video tersebut menyatakan bahwa penggunaan toner sebenarnya tidak perlu. Lantas, apakah hal ini berpengaruh pada penjualan toner lokal?

Ternyata, penggunaan toner sebenarnya penting, asal digunakan sesuai kebutuhan. Dilansir dari HelloSehat, fungsi toner adalah untuk menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah. Toner juga penting untuk mempersiapkan kulit sebelum memakai skincare.

Dari data hasil riset internal tim Compas, toner lokal memiliki data penjualan yang bagus di periode 1-15 September 2021. Total penjualannya di Shopee dan Tokopedia mencapai Rp30,3 miliar dengan kurang lebih 556 ribu produk terjual. Simak daftar top brandnya di bawah ini.

 

Top Brand Toner Lokal di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 September 2021

top brand toner lokal terlaris

1. Avoskin

Merupakan brand lokal, Avoskin berhasil menjuarai top brand toner terlaris dengan 14.7% market share di Shopee dan Tokopedia. Avoskin memiliki visi untuk menyediakan produk kecantikan berbahan dasar alam dan cruelty-free.

Dilansir dari Shopee Official Store Avoskin, Avoskin memiliki 6 jenis toner. Produk terlarisnya adalah berbagai varian toner dari seri Your Skin Bae. Seri ini merupakan rangkaian produk berbahan natural yang aman digunakan usia 15 tahun ke atas.

2. N’Pure

Masih brand lokal, N’Pure menyusul di peringkat kedua dengan 7.8% market share. Perusahaan asal Indonesia ini mengklaim bahan-bahan yang digunakan natural dan diambil langsung dari para petani lokal.

Produk toner terlaris dari N’Pure adalah Face Toner Centella Asiatica yang menempati ranking ketiga daftar terlaris kategori ini. Produk tersebut merupakan toner lokal pertama dengan daun centella asiatica asli di dalamnya.

3. Somebymi

Sempat populer pada akhir tahun 2019 lalu, Somebymi masih bertahan di top brand terlaris, kali ini di kategori toner, dengan market share sebesar 6.6%. Brand asal Korea Selatan ini telah masuk ke pasar kecantikan Indonesia sejak tahun 2018.

Somebymi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner menjadi toner terlaris dari brand ini. Kandungan utama yang menjadi highlight dari Miracle Toner adalah AHA, BHA, PHA untuk exfoliating, tea tree untuk menenangkan kulit kemerahan, dan nicinamide sebagai pencerah.

4. Ms Glow

Brand lokal menyusul kembali, kali ini MS Glow masuk dengan 6.3% market share. Dilansir dari Shopee Official Storenya, merek ini memiliki 2 jenis produk toner, yaitu Toner Glow dan Toner Acne.

Produk terlarisnya merupakan Toner Glow dengan kandungan utama aquaxyl, serta mulberry dan licorice extract. Produk ini juga diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan fungsi utama untuk membuat wajah lebih glowing.

5. Pyunkang Yul

Pyunkang Yul merupakan brand Korea Selatan yang memiliki official store di Shopee dan Tokopedia. Penjualannya pada periode kali ini mencapai 5.0%  market share.

Produk terlaris dari Pyunkang Yul adalah Essence Toner yang dapat memberi ekstra kelembaban di kulit wajah. Kandungan utamanya adalah 91.3% Milk Vetch Root Extract yang diklaim dapat re-energize kulit wajah dan menjaganya tetap lembut dan bersih.

6. COSRX

Menjadi perusahaan skincare nomor 1 di Korea Selatan, COSRX telah masuk industri kosmetik Indonesia sejak akhir tahun 2018 silam. Penjualannya di Shopee dan Tokopedia menghasilkan market share sebesar 4.2%.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner menjadi produk terlaris di periode 1-15 September 2021. Highlight dari kandungan yang ada di toner ini adalah AHA dan BHA yang berfungsi untuk exfoliate sel-sel kulit mati di wajah.

7. Somethinc

Berdiri tahun 2019, Somethinc menghadirkan produk-produk kecantikan dengan teknologi terbaru dan tersertifikasi halal. Performa penjualannya di Shopee dan Tokopedia mencapai 3.7% market share.

Produk terlaris dari Somethinc juga merupakan toner exfoliating, yaitu Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner. Walaupun untuk exfoliasi, toner ini aman digunakan setiap hari karena kandungan AHA BHAnya yang rendah.

8. Whitelab

Whitelab merupakan produk asal Indonesia penyedia perawatan wajah dan tubuh. Di periode ini, Whitelab menduduki peringkat kedelapan toner terlaris dengan 3.3% market share.

Brightening Face Toner menjadi produk terlaris dari brand toner lokal ini. Produk tersebut juga masuk ranking 5 toner terlaris periode 1-15 September 2021. Kandungan utamanya merupakan niacinamide dan collagen yang berfungsi mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit.

9. Skin1004

Skin1004 (dibaca: skin cheonsa) merupakan brand asal Korea Selatan dengan market share sebesar 2.4%. Merek asal negara gingseng ini sebagian besar produknya memiliki kandungan centella asiatica dari Madagascar.

Toner terlarisnya merupakan Skin1004 Madagascar Centella Asitica Toner. Kandungan utamanya merupakan centella asiatica extract, PHA (gluconolactone), dan Hyaluronic acid yang berfungsi melembabkan kulit dan membersihkannya dari sel-sel mati.

10. Wardah

Brand halal lokal, Wardah, menjadi penutup daftar top toner terlaris periode ini. Market share dari merek asal Indonesia ini mencapai 2.2%. Dilansir dari situs resminya, Wardah memiliki 9 jenis toner wajah dengan fungsi yang berbeda.

Produk terlarisnya adalah Wardah Lightening Face Toner yang menjadi rangking pertama toner terlaris secara keseluruhan pula. Kandungan utama dari toner brand halal ini merupakan niacinamide yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

 

Dari daftar top brand toner terlaris diatas, 6 diantaranya merupakan lokal. Ini menandakan produk lokal sudah dapat bersaing dengan brand asing, di kategori ini, khususunya dengan merek asal Korea Selatan.

Fungsi yang populer di daftar produk terlaris tiap brand adalah brightening dengan kandungan niacinamide dan exfoliating dengan kandungan AHA dan BHA. Toner yang berfungsi melembabkan juga cukup populer di data penjualan periode ini.

Ingin mengakses data penjualan kategori kecantikan lainnya? Compas Dashboard dapat membantu Anda menganalisis pasar dengan menampilkan data penjualan relevan di periode dan kategori pilihan.

Data yang tersedia antara lain data penjualan brand Anda dan kompetitor, meliputi sales revenue, jumlah produk terjual, ranking brand, hingga market share. Tertarik dengan produk Compas? Follow Instagram kami di link ini atau hubungi kami lebih lanjut di link ini, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us