brand makeup lokal

Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Brand Makeup Lokal Kuasai Pasar!

Author: Farah Ramadhani

 

Saat pandemi dimana semua orang memakai masker untuk menutupi wajahnya ternyata cukup berpengaruh pada penjualan kosmetik di tahun 2021 ini. Dilansir dari antaranews, tren brand makeup lokal sekarang lebih berfokus pada kosmetik mata. Namun, bukan berarti kategori lain penjualannya menurun.

Masih dari antaranews, kategori kosmetik wajah juga masih memiliki tren yang kuat apabila memiliki kandungan yang menyehatkan kulit. Brand lokal pun harus memutar otak untuk memenuhi demand tersebut. Pada periode 1-15 Agustus 2021, brand lokal tercatat berhasil memiliki total penjualan yang cukup tinggi di Shopee dan Tokopedia.

Tim internal Compas telah melakukan riset menggunakan metode online crawling di website Shopee dan Tokopedia. Data penjualan berhasil di dapat untuk kategori kosmetik wajah yang dijual di official dan non-official store kedua marketplace dengan rating di atas 4. Sampel yang diambil kurang lebih 39 ribu listing.

Pada data penjualan kosmetik wajah, ditemukan brand lokal mendominasi Shopee dan Tokopedia. Dari top 10 brand kosmetik, merek lokal berhasil menempati 8 peringkat. Brand makeup lokal apa saja yang menjadi terlaris di periode ini, ya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Brand Makeup Lokal Terlaris Periode 1-15 Agustus 2021

1. Make Over

Make Over menempati peringkat pertama dengan market share 10.3%. Berdiri di bawah naungan PT Paragon, Make Over merupakan brand makeup lokal yang menjual berbagai pilihan kosmetik yang “berani”.

Dari daftar 10 produk kosmetik wajah terlaris, produk Make Over berhasil menempati peringkat 7 dengan translucent powdernya, peringkat 9 dengan produk bedak padat, dan peringkat 10 untuk cushion demi-matte.

2. Wardah

Masih brand dari PT Paragon, Wardah menempati peringkat kedua brand lokal terlaris dengan 7.7% market share. Berbeda dengan merek sebelumnya, Wardah menawarkan produk-produk makeup dengan nuansa yang lebih natural.

Merupakan pemain lama di bidang kosmetik, Wardah adalah pioneer makeup halal di Indonesia dan berdiri sejak tahun 1996. Uniknya, produk kosmetik wajah milik Wardah dikategorikan berdasarkan kegunaannya.

Misalnya saja untuk produk foundation. Terdapat produk Colorfit Matte Foundation yang memiliki fungsi tambahan mengontrol minyak berlebih di wajah. Namun, ada juga produk foundation serupa, Lightening Liquid Foundation, yang memiliki fungsi mencerahkan.

3. Pixy

Kosmetik lokal selanjutnya telah lama berdiri di Indonesia, yaitu sejak tahun 1969 dengan nama PT Tandom Indonesia. Namun, pada tahun 2018, Pixy melahirkan konsep serta formula yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan konsep baru, brand makeup lokal ini berhasil meraih market share sebesar 5.7% untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021.

 Melalui konsep barunya, Pixy kini menghadirkan berbagai pilihan kosmetik wajah mulai dari Bedak, BB Cream, Serum Foundation, Concealer, hingga Cushion. Selain menutupi ketidaksempurnaan kulit, produk kosmetik wajah Pixy ini juga dilengkapi nutrisi seperti vitamin C dan Jojoba Oil.

4. Luxcrime

Berdiri tahun 2015 silam, Luxcrime tercipta untuk memenuhi kebutuhan kecantikan para wanita Indonesia. Brand lokal ini menghadirkan berbagai kosmetik wajah dengan range warna yang sesuai dengan kulit wanita Indonesia. 

Menempati peringkat 4, brand ini berhasil mencapai 5.2% market share. Produk kosmetik wajah yang dijual juga berhasil menempati peringkat pertama produk terlaris kategori ini, yaitu Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake.

5. MS Glow

Terkenal dengan produk skincare, ternyata kosmetik wajah MS Glow juga berhasil meraih peringkat 5 terlaris. Tercatat untuk periode 1-15 Agustus 2021, brand lokal ini memiliki 4.0% market share untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia.

MS Glow memiliki 2 produk dalam kategori kosmetik wajah, yaitu bedak tabur dan cushion. Kedua produk ini memiliki keunggulan mencerahkan dan menutupi noda hitam di wajah.

6. Madame Gie

Baru berdiri tahun 2018, Madame Gie by Giselle Anastasia ini berhasil meraih market share 3.2% untuk penjualan di Tokopedia dan Shopee periode 1-15 Agustus 2021.

Kosmetik wajah yang ditawarkan Madame Gie sangat bervariasi, mulai dari bedak tabur, blush on, contour, face mist, highlighter, liquid foundation, hingga cushion. Dengan visi perusahaan menjual produk terjangkau bagi masyarakat luas, brand lokal ini cukup berhasil karena produk yang dijual mulai dari 5 ribu rupiah saja.

7. Lumecolors

Berawal dari berjualan produk kosmetik bibir, Lumecolors kini masuk ke pasar kosmetik wajah juga. Untuk periode 1-15 Agustus 2021 di kategori kosmetik wajah, Lumecolors meraih 1.6% market share untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia.

Produk kosmetik wajah yang dijual antara lain liquid foundation, bedak padat, dan bedak tabur. Rangkaian produk Lumecolors di kategori kosmetik wajah ini diklaim aman untuk ibu hamil dan mengandung vitamin E yang menutrisi kulit.

8. Studio Tropik

Peringkat terakhir diraih oleh Studio Tropik dengan market share yang sama seperti brand lokal sebelumnya, yaitu 1.6%. Studio Tropik termasuk pendatang baru kosmetik lokal Indonesia karena baru berdiri tahun 2017 silam.

Mengambil nama “Tropik”, brand ini menyediakan kosmetik wajah untuk para beauty enthusiast di negara beiklim tropis. Beberapa produknya antara lain Anti-Bacterial Face Mist, Priming Water dan Glowy Makeup Setting Spray.

 

Daftar di atas merupakan jajaran brand makeup lokal yang berhasil menyaingi merek asing dalam penjualan kategori kosmetik wajah di Shopee dan Tokopedia. Hebatnya lagi, brand lokal di atas berhasil meraih market share yang tinggi hanya dalam 2 minggu atau lebih tepatnya periode 1-15 Agustus 2021.

Secara keseluruhan, penjualan produk-produk kategori kosmetik wajah di Shopee dan Tokopedia meraih total revenue sebesar Rp34 miliar. Data penjualan tersebut didapat berdasarkan kurang lebih 7 ratus ribu produk yang terjual.

Ingin mengetahui data penjualan kategori kecantikan lain? Tim kami bisa membantu Anda melalui Compas Dashboard yang berisi data penjualan meliputi produk terlaris, brand terlaris, total penjualan, total transaksi, hingga market share terbesar di kategori produk pilihan Anda.

Selain mudah diakses, Anda juga bisa mengatur sendiri periodenya sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi, yuk segera hubungi kami lewat link ini atau klik link Instagram Compas dan hubungi lewat DM!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.