logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand makeup lokal

Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Brand Makeup Lokal Kuasai Pasar!

Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Brand Makeup Lokal dan Impor Bersaing Sengit!

Author: Farah Ramadhani

 

Dilansir dari Antaranews, tren brand makeup lokal sekarang lebih berfokus pada kosmetik mata. Namun, bukan berarti kategori lain penjualannya menurun.

Masih dari Antaranews, kategori kosmetik wajah juga masih memiliki tren yang kuat apabila memiliki kandungan yang menyehatkan kulit. Brand lokal pun harus memutar otak untuk memenuhi demand tersebut. Pada periode April – Juni 2022, brand lokal tercatat berhasil memiliki total penjualan yang cukup tinggi di Shopee dan Tokopedia.

Tim internal Compas telah melakukan riset menggunakan metode online crawling di website Shopee dan Tokopedia. Data penjualan berhasil di dapat untuk kategori kosmetik wajah yang dijual di official dan non-official store kedua marketplace dengan rating di atas 4. Sampel yang diambil lebih dari 136 ribu listing.

Pada data penjualan kosmetik wajah, ditemukan brand lokal mendominasi Shopee dan Tokopedia. Dari top 10 brand kosmetik, merek lokal berhasil menempati 7 peringkat. Brand makeup lokal apa saja yang menjadi terlaris di periode ini, ya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Brand Makeup Lokal Terlaris Periode April – Juni 2022

brand makeup lokal

1. Wardah

Brand di bawah naungan PT Paragon, Wardah, menempati peringkat kedua brand lokal terlaris dengan 7,65% market share. Berbeda dengan merek sebelumnya, Wardah menawarkan produk-produk makeup dengan nuansa yang lebih natural.

Sebagai pemain lama di bidang kosmetik, Wardah adalah pioneer makeup halal di Indonesia dan berdiri sejak tahun 1996. Uniknya, produk kosmetik wajah milik Wardah dikategorikan berdasarkan kegunaannya.

Misalnya saja untuk produk foundation. Terdapat produk Colorfit Matte Foundation yang memiliki fungsi tambahan mengontrol minyak berlebih di wajah. Namun, ada juga produk foundation serupa, Lightening Liquid Foundation, yang memiliki fungsi mencerahkan.

2. Make Over

Make Over menempati peringkat kedua dengan market share 6,83%. Satu naungan bersama Wardah, Make Over merupakan brand makeup lokal yang menjual berbagai pilihan kosmetik yang “berani”.

Produk Make Over yang berhasil meraih top produk, yakni Make Over Powerstay Matte Powder Foundation 12 g berupa bedak padat. Penjualan produk tersebut mencapai 14.6K pcs dengan sales revenue mencapai Rp2.2 miliar.

3. Luxcrime

Berdiri tahun 2015 silam, Luxcrime tercipta untuk memenuhi kebutuhan kecantikan para wanita Indonesia. Brand lokal ini menghadirkan berbagai kosmetik wajah dengan range warna yang sesuai dengan kulit wanita Indonesia. 

Menempati peringkat 3, brand ini berhasil mencapai 5,07% market share. Produk kosmetik wajah yang menjadi top product dari brand ini, yaitu Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake in Custard.

4. Pixy

Kosmetik lokal selanjutnya telah lama berdiri di Indonesia, yaitu sejak tahun 1969 dengan nama PT Tandom Indonesia. Namun, pada tahun 2018, Pixy melahirkan konsep serta formula yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan konsep baru, brand makeup lokal ini berhasil meraih market share sebesar 4,61% untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia periode April – Juni 2022.

Melalui konsep barunya, Pixy kini menghadirkan berbagai pilihan kosmetik wajah mulai dari Bedak, BB Cream, Serum Foundation, Concealer, hingga Cushion. Selain menutupi ketidaksempurnaan kulit, produk kosmetik wajah Pixy ini juga dilengkapi nutrisi seperti vitamin C dan Jojoba Oil.

5. Somethinc

Posisi kelima ada brand yang digagas Irine Ursula, Somethinc. Brand yang berkolaborasi dengan NCT Dream ini berhasl meraih market share sebesar Rp4.31% sepanjang kuartal II – 2022. 

Tidak hanya penjualan kosmetik Somethinc yang laris, tapi juga produk skincare-nya. Menurut data Compas Dashboard, brand ini sering jadi langganan produk skincare terlaris terutama pada kategori serum wajah. Ingin tahu data penjualan serum selengkapnya? Akses segera datanya DI SINI.

6. Madame Gie

Baru berdiri tahun 2018, Madame Gie by Giselle Anastasia ini berhasil meraih market share 2,13% untuk penjualan di Tokopedia dan Shopee periode April – Juni 2022.

Kosmetik wajah yang ditawarkan Madame Gie sangat bervariasi, mulai dari bedak tabur, blush on, contour, face mist, highlighter, liquid foundation, hingga cushion. Dengan visi perusahaan menjual produk terjangkau bagi masyarakat luas, brand lokal ini cukup berhasil karena produk yang dijual mulai dari 5 ribu rupiah saja, contohnya Madame Gie Precious Heart Bronzer. 

7. ESQA

Brand yang baru berdiri pada tahun 2016 ini berhasil menunjukkan prestasinya dalam industri kosmetik di negerinya sendiri. Brand yang memiliki tagline “Glamorously Natural” ini memperoleh market share sebesar 1,95%. 

Melansir dari situs resminya, ESQA Cosmetics mengklaim sebagai brand pertama dan pioner yang menghadirkan vegan cosmetics di Indonesia dengan kualitas premium. ESQA juga pernah menorehkan prestasi sebagai brand kosmetik lokal yang pernah berkolaborasi dengan perusahaan produksi film dunia, Warner Bros.

Kesimpulan

Daftar di atas merupakan jajaran brand makeup lokal yang berhasil menyaingi merek asing dalam penjualan kategori kosmetik wajah di Shopee dan Tokopedia. Hebatnya lagi, brand lokal seperti Wardah mampu menjadi juara utama top brand kosmetik selama kuartal II – 2022.

Secara keseluruhan, penjualan produk-produk kategori kosmetik wajah di Shopee dan Tokopedia meraih sales revenue sebesar Rp437.2 miliar. Data penjualan tersebut didapat berdasarkan kurang lebih 9,9 juta produk yang terjual.

Ingin mengetahui data penjualan kategori kecantikan lain? Tim kami bisa membantu Anda melalui Compas Dashboard yang berisi data penjualan meliputi produk terlaris, brand terlaris, total penjualan, total transaksi, hingga market share terbesar di kategori produk pilihan Anda.

Dapatkan data penjualan tersebut melalui riset pasar di Compas Dashboard. Hubungi segera Team Compas atau DM Instagram Compas untuk mengaksesnya atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

2 Responses

    1. Hi Yol, terkait dengan data juni-desember kami memiliki datanya tapi belum kami jadikan content artikel ya. sebagai info, kamu juga bisa pantau terus data-data bocoran kami lainnya melalui instagram kami @compas.co.id

      terima kasih. -a.w.o-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.