tips berjualan di tokopedia

6 Tips Berjualan di Tokopedia Agar Laris Manis

Tokopedia kini menjadi marketplace terbesar di dunia. Dengan ribuan hingga jutaan user per waktunya, Tokopedia memiliki peluang yang besar untuk perkembangan bisnis Anda. Hal ini tentunya karena fitur-fitur mudah yang disediakan Tokopedia untuk para konsumen.

Setara dengan potensi pasar yang besar, daya saing berjualan di marketplace juga terbilang besar. Terlebih lagi Tokopedia yang kini memiliki jutaan toko dari berbagai kategori, Anda harus bisa lebih unggul dari toko lainnya. Anda bisa dapatkan penjualan laris manis hingga menjadi top brand di Tokopedia.

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa menyusun strategi terbaik dalam menjalankan toko online di Tokopedia. Berjualan di Tokopedia bisa meluaskan potensi pasar jika dilakukan dengan tepat sesuai kondisi dan minat konsumen. Simak tips berjualan di Tokopedia berikut ini untuk bantu kembangkan bisnis online Anda!

1. Kuatkan Identitas Brand 

Hindari toko yang terkesan anonim, sulit diingat, atau tidak jelas. Kondisi tersebut akan mengurangi potensi beli para konsumen, karena dinilai tidak kredibel. Buatlah brand identity yang kuat dan jelas, mulai dari nama toko dan profil toko.

Identitas toko merupakan komponen penyusun suatu brand atau merk. Anda bisa membentuk brand identity yang bagus di Tokopedia untuk menarik calon pembeli. Toko dengan identitas yang jelas memiliki tingkat potensi beli lebih tinggi dari yang asal-asalan dan tidak menarik. 

2. Jelaskan Deskripsi Toko 

Tips berjualan di Tokopedia selanjutnya yaitu dengan membuat deskripsi toko Anda yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini membantu para pembeli mengerti produk apa yang Anda jual.

Deskripsi toko yang informatif  memudahkan para calon pembeli, sehingga mereka tidak harus bertanya banyak kepada penjual. Kemudahan ini membuat akhirnya para konsumen mempercayai toko Anda dalam memenuhi kebutuhannya. 

3. Susun Listing Produk 

Di Tokopedia, list produk merupakan halaman produk dari semua barang yang toko Anda jual. Menyusun list produk yang rapi dan tepat, dapat meningkatkan potensi produk Anda ditemukan di halaman pencarian oleh calon pembeli. 

Anda harus bisa memaksimalkan pengaturan produk agar terlihat menarik dan meyakinkan. Mulailah dari memberikan nama produk sesuai jenis/kategori, merk, serta keterangan.

Setelah itu, gunakan foto produk yang menarik dan deskripsi produk yang jelas. Jangan lupa tukan harga sesuai dengan target pasar agar bisa bersaing dengan kompetitor. 

4. Jasa Pengiriman Bervariatif

Semakin banyak jenis jasa pengiriman yang toko Anda sediakan, semakin besar potensi minat para pembeli. Hal ini karena setiap jasa pengiriman memiliki cangkupan wilayah yang berbeda-beda, sehingga semakin banyak pilihannya, semakin besar pula jangkauan Anda terhadap pembeli. 

Pemilihan ekspedisi ini berpengaruh dari kuantitas produk yang akan dibeli calon konsumen. Anda bisa memanfaatkan fitur bebas ongkir agar lebih banyak menarik pembeli. Konsumen akan merasa diuntungkan jika membeli barang dari toko Anda di Tokopedia. 

5. Menjadi Power Merchant

Tips berjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan menjadi Power Merchant. Power Merchant merupakan program keanggotaan seller Tokopedia demi bisa meningkatkan penjualan produk Anda. 

Anda bisa memanfaatkan fitur khusus seperti statistik toko, wawasan pasar hingga bebas ongkir untuk membuat toko Anda lebih unggul.

6. Analisa Kompetitor

Berjualan di marketplace, mengharuskan Anda untuk bisa menganalisa para kompetitor khususnya di kategori yang sama. Dengan menganalisa kompetitor, Anda bisa mengetahui keunggulan apa yang kompetitor miliki yang tidak ada di toko Anda.

Analisa kompetitor juga bermanfaat untuk membantu Anda memaksimalkan strategi berjualan, agar bisa lebih unggul antar sesama kategori. Sehingga, Anda bisa menguasai angka penjualan dan transaksi pada kategori produk Anda di Tokopedia.

dashboard compas

Misalkan Anda menjual makanan kaleng di Tokopedia. Anda bisa tahu, siapa Top Seller kategori makanan kaleng berdasarkan Official dan Non-Official Seller. Dengan begitu, Anda bisa lebih tajam lagi memantau kompetitor-kompetitor Anda. Gunakan data nyata pada Compas untuk membantu Anda menganalisis para kompetitor.

Potensi Pasar dalam Berjualan di Tokopedia

Asia Tenggara termasuk Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar. Nilai bisnis internet Asia Tenggara diperkirakan Google mencapai hingga Rp2,7 kuadriliun pada tahun 2025. Terlebih lagi, industri e-commerce Indonesia diperkirakan menjadi pendukung terbesar dari angka tersebut. 

Potensi marketplace dan e-commerce akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Tren belanja online kini menguasai masyarakat karena faktor kemudahan yang ditawarkannya.

Hal tersebut  membuka peluang besar bagi para pebisnis untuk bisa mengembangkan produknya ke berbagai calon konsumen. Terlebih, Anda bisa mengetahui brand mana yang menjadi kompetitor terbesar saat berjualan di Tokopedia melalui data Compas Quick Report.

Data Compas QR juga dapat membantu Anda menentukan jenis produk yang memiliki tingkat daya beli tertinggi di e-commerce. Alhasil, barang yang Anda jual akan lebih cepat laku dan laris manis.

Jadilah top brand di Tokopedia dengan angka penjualan fantastis dengan data pada Compas QR! 

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us