strategi mengembangkan bisnis

Strategi Efektif dalam Mengembangkan Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Mendirikan suatu bisnis atau usaha memang terkesan menjanjikan bagi sebagian orang, dimana kecenderungan orang akan berfokus pada profit yang akan didapat. Padahal, baik bisnis skala kecil maupun besar, diperlukan adanya strategi yang matang dalam mengembangkan bisnis.

Seiring dengan bertambahnya inovasi digital, peran teknologi digital dalam perkembangan bisnis sangat signifikan. Tren bisnis dengan mengimplementasikan digitalisasi juga semakin maju dan membuka peluang besar bagi semua pebisnis ke ranah online.

Hal ini membuktikan bahwa para pebisnis di Indonesia memiliki peluang yang besar dalam memasarkan brand nya. Namun, semua itu juga tergantung dengan strategi yang digunakan dalam berbisnis.

Strategi bisnis yang tepat akan membawa brand Anda mencapai keuntungan dan angka penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, berikut beberapa strategi dalam mengembangkan bisnis yang perlu Anda ketahui!

1. Memaksimalkan Branding

Branding berarti Anda membentuk citra dan memaksimalkan pemasaran untuk mencapai brand awareness yang tinggi dari masyarakat khususnya target pasar. Membuat masyarakat sadar akan bisnis kita membutuhkan strategi yang efisien dan terencana dengan baik.

Identitas brand anda menjadi hal yang penting untuk diketahui konsumen, agar mereka memahami dengan jelas produk apa yang anda tawarkan. Selain itu, kamu juga perlu menyampaikan keunggulan dari produk serta keuntungan apa yang akan didapat para konsumen jika mereka membeli produk anda.

Mulailah dengan menganalisa target pasar mengenai apa yang mereka butuhkan, apa yang membuat mereka menarik dan akhirnya memilih produk anda. Menguatkan brand identity juga akan membantu anda untuk menjadi unik dan berbeda dari para kompetitor. Identitas brand yang baik akan meningkatkan loyalitas pelanggan serta calon pelanggan.

2. Lakukan Riset Pasar

Tren pasar yang dinamis seiring berubahnya di era digital. Hal ini mengharuskan para pebisnis untuk terus mengikuti apa yang sedang diminati oleh masyarakat. Riset pasar perlu dilakukan sekala berkala untuk memahami dan menyesuaikan apa yang sebenarnya dicari atau dibutuhkan oleh para pelanggan.

Anda dapat menggunakan layanan fitur dashboard Compas.co.id. Layanan dashboard ini menyediakan fitur market share yang memungkinkan Anda melihat kondisi dan pangsa pasar pada kategori terntentu di e-commerce.

WhatsApp Image 2021 04 23 at 4.12.09 PMDengan menggunakan dashboard Compas,Anda dapat memaksimalkan bisnis dengan mengetahui kondisi pasar di online marketplace saat ini dan menentukan strategi penjualan yang tepat.

Baca juga: Kuasai Data Potensi Market dengan Compas Quick Report

3. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial kini tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi cerita, kegiatan, atau pesan. Penggunaan media sosial kini semakin luas terutama dalam mengajak massa melakukan sesuatu. Begitupun sebagai platform marketing, media sosial bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk ataupun melakukan branding.

Media sosial yang dimaksud adalah Instagram, Facebook, Twitter, bahkan Youtube yang bisa kamu gunakan sebagai alat promosi. Sebelum kamu memasarkan produk, pastikan kamu mengerti dengan marketing cost. Biaya pemasaran atau marketing cost akan jauh lebih sedikit saat kamu menggunakan media sosial dibandingkan media mainstream lainnya.

Hingga saat ini, Instagram dinilai sebagai platform yang paling efektif untuk mempromosikan usaha Anda. Tidak lupa juga dengan TikTok yang sama-sama memiliki jutaan pengguna. Semakin banyak pengguna suatu media sosial, semakin besar pula nilai yang kamu dapatkan jika memasarkan produk di dalamnya.

Sosial media memberikan fitur dimana anda bisa memposting foto brand atau produk kepada masyarakat. Dengan komposisi foto, caption, harga, dan deskripsi produk di dalamnya akan memudahkan para calon pelanggan melihat brand anda.

4. Kenali Kompetitor Bisnis

Memiliki kompetitor bisnis adalah wajar, terlebih saat ini bisnis kecil pun turut berkembang di dunia digital. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui siapa saja kompetitor anda, bagaimana mereka menjalankan bisnis, serta kelebihan dan kekurangan apa yang mereka miliki. Menangkan kompetisi dengan menyusun strategi bisnis terbaik.

Fitur dashboard Compas dapat membantu anda mengetahui posisi brand di marketplace, serta melihat angka penjualan dari brand kompetitor.

dashboard compas

Dengan tools dashboard Compas, anda dapat terus mengeluarkan inovasi terbaru dari ide-ide kreatif. Wawasan, inovasi, dan ide-ide terbaru dengan melihat perkembangan penjualan produk di marketplace. Selain itu, jangan abaikan strategi apa yang dilakukan para kompetitor, bisa jadi itu menghubungkan anda ke inovasi terbaru lainnya.

5. Evaluasi Rutin Bisnis Anda

Melakukan evaluasi rutin terhadap bisnis yang anda jalankan akan membantu anda mengetahui dimana kelebihan dan kekurangannya. Terutama dalam menjalankan strategi marketing, diperlukan evaluasi yang serius saat memahami tren dan kebutuhan pasar. Hal ini juga bertujuan untuk mengamati arus bisnis dan melihat penurunan atau peningkatan dalam suatu periode.

Jika ada angka penurunan, Anda harus segera mencari strategi baru dalam berbisnis maupun strategi pemasaran. Sedangkan jika mengalami kenaikan, anda dan tim harus memahami apa yang menyebabkan peningkatan dan membuat pasar suka dengan produk anda.

Agar bisnis anda berkembang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan dashboard Compas untuk menentukan strategi bisnis yang tepat berdasarkan data valid di marketplace.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us