tips berjualan online

8 Tips Berjualan Online yang Terbukti Efektif di 2021

Saat ini, penjualan melalui online memang sudah menjadi strategi terdepan di dunia bisnis. Untuk menerapkannya, diperlukan strategi dan pengetahuan yang efektif demi meraih hasil yang maksimal.

Terutama kini banyaknya persaingan jualan di berbagai media platform online, baik itu media sosial, website, maupun marketplace. Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda membutuhkan strategi terbaik untuk bersaing dengan para kompetitor terutama jika berjualan di marketplace.

Tiap marketplace memiliki karakteristik yang berbeda-beda, disesuaikan dengan target market dan cara penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami strategi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda khususnya di marketplace.

Marketplace Kuasai Ekonomi Digital Asia Tenggara

Menurut data ICD, pertumbuhan e-commerce atau marketplace di Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Ditunjukkan bahwa Indonesia memiliki 30 juta masyarakat yang sudah pernah melakukan transaksi belanja online. Fakta ini menciptakan pasar dalam negeri mencapai nilai sebesar USD 8 miliar.

Dalam 5 tahun kedepan, data tersebut diprediksi akan terus berkembang seiring meningkatnya nilai pasar hingga USD 40 miliar. Dari total transaksi online tersebut, terdeteksi 60% dilakukan melalui platform marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Para pebisnis tentu harus bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan mengoptimalkan platform ekonomi digital. Nah, berikut beberapa tips berjualan online yang perlu Anda ketahui!

8 Tips Berjualan Online yang Terbukti Efektif di 2021

1. Lengkapi Profil Toko

Pilihlah nama toko yang mudah diingat namun tetap unik dibandingkan yang lain. Setelah itu, gunakan display picture yang asli dan jelas, sehingga tidak terkesan asal-asalan.

Deskripsi toko juga perlu dilengkapi agar brand Anda terlihat profesional dan meyakinkan, sehingga calon customer tidak ragu saat berbelanja produk Anda.

2. Deskripsi dan Foto Produk

Para konsumen atau pengguna sudah mampu membedakan mana toko yang profesional dan mana yang tidak dikelola dengan serius. Semakin banyak usaha yang Anda lakukan dalam mendesain produk, semakin besar pula potensi toko anda terlihat lebih menarik dibandingkan kompetitor.

Tampilan dan deskripsi produk yang jelas dan menarik akan meningkatkan daya tarik pengunjung untuk membeli produk dari toko Anda.

3. Penetapan Harga

Dalam bersaing di marketplace, Anda akan menemukan banyaknya seller yang menjual produk yang sama. Maka dari itu, diperlukan penetapan harga yang tepat di marketplace.

Untuk bisa menetapkan harga dengan tepat di marketplace, Anda bisa memanfaatkan fitur market insight dashboard dari Compas.

dashboard compas

Fitur dashboard Compas dapat membantu Anda membaca kondisi dan pangsa pasar saat ini. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan perencanaan harga produk di marketplace.

Misalnya, Anda bisa menggunakan fitur Top Listing Produk untuk mengidentifikasi siapa saja pesaing Anda dan harga yang mereka tawarkan di pasar.

top product

Sebagai contoh, Anda merupakan bisnis yang bergerak di kategori produk kecantikan seperti lipstik dan lip tint. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat siapa saja kompetitor di kategori tersebut dan juga harga produk yang mereka jual sebagai referensi anda menentukan harga.

Baca juga: Kuasai Data Potensi Market dengan Compas Quick Report

4. Gunakan Bermacam Pilihan Jasa Ekspedisi

Semakin banyak opsi ekspedisi yang toko Anda sediakan, maka semakin banyak pula potensi pembelinya. Hal ini karena pembeli cenderung menyesuaikan jasa pengiriman dengan alamat mereka sendiri.

Tidak hanya itu, pembeli juga masing-masing memiliki pengalaman pengiriman yang tidak kita ketahui, sehingga ada beberapa pengiriman yang dihindari oleh mereka.

Jenis ekspedisi yang bervariasi juga mempengaruhi calon pembeli dalam mengambil keputusan untuk membeli. Beberapa rekomendasi jasa pengiriman yang bisa Anda pilih, antara lain SiCepat, JNE, JNT, GoSend, Wahana, dan lain-lain.

5. Berikan Respon yang Baik

Selain kualitas produk , pelayanan yang Anda berikan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan mereka dengan ramah. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan nyaman dan puas, sehingga mempengaruhi keputusan pembeli.

Sebagai pemilik toko, berusahalah untuk selalu menanggapi dengan senang hati semua pertanyaan maupun keluhan konsumen. Usahakan untuk selalu menanggapi konsumen dengan profesional, walaupun beberapa konsumen sering memberikan feedback yang negatif.

6. Berikan Promo Secara Rutin

Tips berjualan online selanjutnya ialah Anda bisa coba menawarkan berbagai voucher promo dan diskon yang sangat menguntungkan pembeli. Mulai dari cashback, free ongkir, voucher discount, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu menguntungkan pembeli yang mengeluarkan biaya lebih murah untuk barang yang sama.

Harga promo jelas berbeda dengan harga murah, dimana produk terkesan lebih berkualitas dibandingkan memakai citra harga murah. Promo yang bisa Anda gunakan sangat beragam, bisa dalam bentuk voucher diskon, buy 1 get 1, free ongkir, dan masih banyak lainnya.

7. Memanfaatkan Fitur yang Ada

Fitur pada marketplace akan membantu toko Anda lebih mudah ditemukan oleh para calon pembeli. Fitur yang bisa dimanfaatkan, antara lain star seller, super seller, atau premium seller. Gunakan fitur-fitur yang berpotensi meningkatkan angka penjualan toko online Anda.

Tidak hanya itu, fitur-fitur ini juga mencakup tentang kemudahan transaksi pembayaran, pengembalian, serta pengiriman produk. Pertahankan potensial konsumen dengan menjaga minat mereka melalui pelayanan kemudahan yang bisa diakses pembeli. Dengan demikian, konsumen akan menemukan produk yang mereka cari dengan lebih mudah.

8. Analisa Traffik

Dengan berjualan melalui digital seperti marketplace, para pemilik toko bisa mengakses banyaknya traffic pada suatu produk. Traffic tersebut mengarahkan Anda kepada berapa banyak pengunjung situs yang mencari suatu produk serta jumlah penjualannya.

Compas memberikan akses pada bisnis Anda untuk menganalisa produk mana yang memiliki penjualan tertinggi di marketplace. Dengan begitu, Anda bisa bersaing dengan para kompetitor dalam angka penjualan suatu periode. Data Compas akan membantu Anda dalam menjalankan penjualan bisnis online khususnya di marketplace.

Memasarkan produk di Marketplace memang membuka lebih banyak potensi penjualan brand Anda. Namun, Anda tetap membutuhkan strategi terbaik untuk menjalankan bisnis online pada marketplace. Gunakan strategi terbaik untuk mengembangkan toko online di marketplace dan bersaing dengan kompetitor.

Baca juga: 


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us