market insight

Market Insight: Bantu Bisnis Online Anda Bertumbuh

Author: Farah Ramadhani

Jika Anda followers Compas, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “market insight”. Market Insight Report merupakan salah satu produk andalan Compas. Produk tersebut berisi tentang laporan penjualan di e-commerce, khususnya Shopee saat event tertentu.

Namun, sudah tahukah Anda apa arti dari “market insight” dan bagaimana ia berdampak pada bisnis online? Dalam artikel ini, Compas telah merangkum penjelasan market insight beserta keuntungannya untuk bisnis online Anda. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

 

Apa Itu Market Insight?

apa itu market insight

Secara harfiah, market insight berasal dari kata “market” yang berarti “pasar” dan “insight” yang memiliki arti “wawasan”. Jadi, wawasan pasar merupakan terjemahan yang tepat untuk istilah ini.

Jika dijelaskan secara lebih detail, market insight adalah penemuan informasi berupa fakta tentang pasar yang relevan dan belum pernah ditemukan sebelumnya hingga bisa menjadi paduan bagi perusahaan untuk melakukan inovasi maupun penerapan strategi marketing.

Karena berdampak besar, wawasan pasar harus didasari oleh riset data yang subjektif. Compas telah melakukan riset real-time data penjualan di e-commerce pada FMCG category, yaitu beauty & care, mom & baby, food & beverages, serta health atau kesehatan.

Data yang dikumpulkan dari riset internal tim Compas meliputi jumlah revenue, produk terjual, dan market share dari para penjual serta brands yang ada di e-commerce, khususnya Shopee, Tokopedia, dan juga yang terbaru Blibli. Hasil akhir dari risetnya berupa Compas Dashboard dan Compas Market Insight.

 

7 Manfaat Market Insight untuk Bisnis Online Anda

keuntungan market insight

Memahami benefit dari wawasan pasar sama pentingnya dengan memahami artinya. Market insight yang baik tentu akan berdampak besar pada kesuksesan bisnis online Anda. Dengan mengetahui peluang inovasi yang tepat, penjualan bisnis Anda bisa naik dengan maksimal.

Wawasan pasar yang baik dapat menampilkan rekomendasi dan peluang tepat di pasar industri terkait sehingga strategi penjualan brand Anda dapat dieksekusi dengan efektif. Simak keuntungan yang bisa Anda dapat dari market insight di bawah ini.

 

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen dengan Efektif

Pertama, dengan market insight, Anda dapat mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen dengan baik. Informasi tersebut akan membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan efektif.

 

2. Membentuk Strategi Pemasaran yang Tepat

Selanjutnya, riset pasar juga dapat membantu Anda mengumpulkan data mengenai tendensi perilaku konsumen dan juga tren bisnis. Dengan begitu, Anda pun dapat membentuk strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan jenis industri, jenis produk, dan juga target pasar yang dituju.

 

3. Membantu Menentukan Harga Produk

Tahukah Anda bahwa harga produk itu sendiri merupakan salah satu aspek pemasaran yang penting? Ya, harga produk yang tepat dapat meningkatkan efektivitas upaya pemasaran dan juga meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menetapkan harga produk dengan baik.

Informasi yang diperoleh dari market insight juga dapat membantu Anda dalam aspek ini. Market insight dapat membantu Anda memperoleh informasi mengenai daya beli target pasar dan juga persaingan harga dengan kompetitor.

 

4. Mengantisipasi Perubahan Pasar

Dengan data market insight, perusahaan juga mampu meramalkan dan mengantisipasi perubahan, baik pada pasar maupun pada dunia bisnis. Contohnya, Anda dapat mengidentifikasi pergeseran pola kebiasaan konsumen, perubahan tren bisnis, kondisi ekonomi, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, kemampuan ini sangat penting bagi perusahaan untuk beradaptasi dan juga meminimalisasir kerugian yang mungkin terjadi.

 

5. Memonitor Pergerakan Bisnis di Antara Kompetitor

Dengan market insight, Anda juga dapat memonitor perkembangan dan pergerakan perusahaan di antara kompetitor. Anda dapat mengawasi pertumbuhan penjualan, efektivitas marketing campaigns, popularitas produk, dan masih banyak lagi aspek-aspek penting lainnya.

 

6. Memahami Pergerakan Kompetitor Industri

Selain untuk memonitor posisi bisnis Anda di industri, market insight juga dapat membantu Anda memahami pergerakan kompetitor di industri. Data market insight dapat membantu Anda mengetahui segmen pasar yang dikuasai kompetitor, angka penjualan produk mereka, hingga strategi pemasaran yang mereka gunakan.

Semua data tersebut nantinya akan menjadi instrumental dalam upaya perencanaan pengembangan bisnis Anda di masa depan.

 

7. Merencanakan Strategi Inovasi yang Baik

Terakhir, semua informasi market insight yang Anda peroleh tadi dapat diolah dan dianalisa agar Anda bisa merencanakan strategi inovasi perusahaan yang baik. Strategi inovasi yang dimaksud mencakup perkembangan produk, pembuatan produk baru, peningkatan efisiensi manajemen operasional dan keuangan, hingga penetapan strategi pemasaran yang inovatif dan juga efektif.

Nah, ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari market insight. Compas dapat membantu Anda memperoleh wawasan pasar di kategori brand Anda dengan menyajikan data real-time di e-commerce.

Data yang tersedia di Compas Dashboard tentu dapat membantu bisnis online Anda berkembang dan memiliki strategi penjualan yang efektif. Compas juga memiliki Market Insight Report berisi data penjualan top brands saat Shopee 11.11 yang bisa Anda download secara gratis di sini.

Beberapa data yang tersedia di Compas Dashboard meliputi daftar top brands, top products, sales revenue, sales quantity, hingga market share dari brand Anda dan kompetitor. Periode dan kategori yang tersedia pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tertarik dengan produk Compas? Ketahui lebih lanjut dengan follow Instagram Compas di link ini. Anda juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.