Market Insight: Bantu Bisnis Online Anda Bertumbuh
Author: Farah Ramadhani
Jika Anda followers Compas, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “market insight”. Market Insight Report merupakan salah satu produk andalan Compas. Produk tersebut berisi tentang laporan penjualan di e-commerce, khususnya Shopee saat event tertentu.
Namun, sudah tahukah Anda apa arti dari “market insight” dan bagaimana ia berdampak pada bisnis online? Dalam artikel ini, Compas telah merangkum penjelasan market insight beserta keuntungannya untuk bisnis online Anda. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.
Apa Itu Market Insight?
Secara harfiah, market insight berasal dari kata “market” yang berarti “pasar” dan “insight” yang memiliki arti “wawasan”. Jadi, wawasan pasar merupakan terjemahan yang tepat untuk istilah ini.
Jika dijelaskan secara lebih detail, market insight adalah penemuan informasi berupa fakta tentang pasar yang relevan dan belum pernah ditemukan sebelumnya hingga bisa menjadi paduan bagi perusahaan untuk melakukan inovasi maupun penerapan strategi marketing.
Karena berdampak besar, wawasan pasar harus didasari oleh riset data yang subjektif. Compas telah melakukan riset real-time data penjualan di e-commerce pada FMCG category, yaitu beauty & care, mom & baby, food & beverages, serta health atau kesehatan.
Data yang dikumpulkan dari riset internal tim Compas meliputi jumlah revenue, produk terjual, dan market share dari para penjual serta brands yang ada di e-commerce, khususnya Shopee, Tokopedia, dan juga yang terbaru Blibli. Hasil akhir dari risetnya berupa Compas Dashboard dan Compas Market Insight.
7 Manfaat Market Insight untuk Bisnis Online Anda
Memahami benefit dari wawasan pasar sama pentingnya dengan memahami artinya. Market insight yang baik tentu akan berdampak besar pada kesuksesan bisnis online Anda. Dengan mengetahui peluang inovasi yang tepat, penjualan bisnis Anda bisa naik dengan maksimal.
Wawasan pasar yang baik dapat menampilkan rekomendasi dan peluang tepat di pasar industri terkait sehingga strategi penjualan brand Anda dapat dieksekusi dengan efektif. Simak keuntungan yang bisa Anda dapat dari market insight di bawah ini.
1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen dengan Efektif
Pertama, dengan market insight, Anda dapat mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen dengan baik. Informasi tersebut akan membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan efektif.
2. Membentuk Strategi Pemasaran yang Tepat
Selanjutnya, riset pasar juga dapat membantu Anda mengumpulkan data mengenai tendensi perilaku konsumen dan juga tren bisnis. Dengan begitu, Anda pun dapat membentuk strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan jenis industri, jenis produk, dan juga target pasar yang dituju.
3. Membantu Menentukan Harga Produk
Tahukah Anda bahwa harga produk itu sendiri merupakan salah satu aspek pemasaran yang penting? Ya, harga produk yang tepat dapat meningkatkan efektivitas upaya pemasaran dan juga meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menetapkan harga produk dengan baik.
Informasi yang diperoleh dari market insight juga dapat membantu Anda dalam aspek ini. Market insight dapat membantu Anda memperoleh informasi mengenai daya beli target pasar dan juga persaingan harga dengan kompetitor.
4. Mengantisipasi Perubahan Pasar
Dengan data market insight, perusahaan juga mampu meramalkan dan mengantisipasi perubahan, baik pada pasar maupun pada dunia bisnis. Contohnya, Anda dapat mengidentifikasi pergeseran pola kebiasaan konsumen, perubahan tren bisnis, kondisi ekonomi, dan masih banyak lagi.
Tentu saja, kemampuan ini sangat penting bagi perusahaan untuk beradaptasi dan juga meminimalisasir kerugian yang mungkin terjadi.
5. Memonitor Pergerakan Bisnis di Antara Kompetitor
Dengan market insight, Anda juga dapat memonitor perkembangan dan pergerakan perusahaan di antara kompetitor. Anda dapat mengawasi pertumbuhan penjualan, efektivitas marketing campaigns, popularitas produk, dan masih banyak lagi aspek-aspek penting lainnya.
6. Memahami Pergerakan Kompetitor Industri
Selain untuk memonitor posisi bisnis Anda di industri, market insight juga dapat membantu Anda memahami pergerakan kompetitor di industri. Data market insight dapat membantu Anda mengetahui segmen pasar yang dikuasai kompetitor, angka penjualan produk mereka, hingga strategi pemasaran yang mereka gunakan.
Semua data tersebut nantinya akan menjadi instrumental dalam upaya perencanaan pengembangan bisnis Anda di masa depan.
7. Merencanakan Strategi Inovasi yang Baik
Terakhir, semua informasi market insight yang Anda peroleh tadi dapat diolah dan dianalisa agar Anda bisa merencanakan strategi inovasi perusahaan yang baik. Strategi inovasi yang dimaksud mencakup perkembangan produk, pembuatan produk baru, peningkatan efisiensi manajemen operasional dan keuangan, hingga penetapan strategi pemasaran yang inovatif dan juga efektif.
Nah, ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari market insight. Compas dapat membantu Anda memperoleh wawasan pasar di kategori brand Anda dengan menyajikan data real-time di e-commerce.
Data yang tersedia di Compas Dashboard tentu dapat membantu bisnis online Anda berkembang dan memiliki strategi penjualan yang efektif. Compas juga memiliki Market Insight Report berisi data penjualan top brands saat Shopee 11.11 yang bisa Anda download secara gratis di sini.
Beberapa data yang tersedia di Compas Dashboard meliputi daftar top brands, top products, sales revenue, sales quantity, hingga market share dari brand Anda dan kompetitor. Periode dan kategori yang tersedia pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
Tertarik dengan produk Compas? Ketahui lebih lanjut dengan follow Instagram Compas di link ini. Anda juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim kami dengan mengisi form online di link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!