peluang usaha modal kecil

10 Peluang Usaha Modal Kecil 2021 yang Menjanjikan di e-Commerce!

Seiring perkembangan zaman, semua orang kini bisa menjadi pebisnis. Tidak hanya para investor atau petinggi jabatan, Anda pun bisa memulai bisnis di 2021 ini. Dengan modal kecil, Anda bisa lho membuka usaha bisnis yang memiliki potensi besar.

Salah satu faktor utama adalah berkembangnya bisnis online. Teknologi dan tren masyarakat kini memudahkan para pebisnis untuk memasarkan produknya. Dengan strategi dan langkah bisnis yang tepat, usaha kecil Anda akan terus berkembang pesat walaupun diawali dengan modal sedikit.

Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda coba, cek peluang usaha kecil yang menjanjikan di 2021 ini!

10 Peluang Usaha 2021 dengan Modal Kecil

1. Makanan Online

Sejak tahun 2020, khususnya sejak pandemi, perilaku konsumen terhadap belanja online memang meningkat pesat. Salah satu produk yang sering dicari yaitu makanan online. Kategori ini memberikan banyak kemudahan, dimana konsumen bisa membelinya via marketplace tanpa harus datang memilih di toko.

Banyak makanan yang berpotensi besar dalam peluang bisnis di Juni 2021 ini, antara lain makanan snack ringan, kue, hingga frozen food. Data pada dashboard Compas menunjukkan besarnya potensi pasar dengan total transaksi makanan ringan dan instan online di e-commerce, yaitu mencapai lebih dari Rp 89,2 Miliar dalam bulan Juni 2021 saja.

Hal ini tentunya membuka peluang bisnis khususnya potensi market yang bisa Anda raih di 2021 ini. Tentukan jenis makanan online yang akan Anda jual, strategikan bisnis Anda se unik dan sebaik mungkin agar meraih banyak potensial konsumen.

2. Produk Fashion

Bagi kaum hawa, berbelanja online produk fashion tidak kalah menyenangkan dari belanja ke toko langsung. Melalui e-commerce, mereka bisa mencari tipe, model, hingga budget baju yang sesuai dengan keinginannya.

Saat masyarakat dilarang pergi ke mall, jumlah transaksi pembelian produk fashion online khususnya marketplace, justru meningkat. Produk fashion meliputi baju, celana, tas, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Dengan bermodal kecil, Anda bisa memulai usaha baju dengan sistem dropship atau reseller di e-commerce. Banyak biaya yang akan dihemat seperti sewa toko, produksi konveksi, yang tentunya membantu Anda dalam mengeluarkan modal.

3. Jasa Les

Akibat dari pandemi Covid-19, dunia pendidikan terus melanjutkan proses belajar di rumah. Siswa dituntut untuk belajar, aktif kegiatan, dan mengerti materi tanpa harus bertatap muka dengan guru di sekolah.

Dengan demikian, membuka bisnis les atau kursus secara online berpeluang besar, karena faktanya banyak sekolah yang tidak bisa melaksanakan belajar online secara maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya media dan fasilitas sekolah maupun yang dimiliki guru tersebut.

Baik secara online maupun offline, bisnis membuka jasa les berpotensi besar terutama untuk mendampingi anak-anak dalam belajar selama di rumah saja.

4. Furniture dan Dekorasi Rumah

Membuat keadaan rumah senyaman mungkin merupakan upaya yang bisa dilakukan agar selama work from home bisa berjalan baik. Mulai dari furniture, dekorasi, dan fasilitas dalam rumah sangat mempengaruhi tingkat produktivitas masyarakat.

Kondisi ini membuka peluang besar bagi Anda untuk berbisnis furniture maupun peralatan dekor rumah. Pasalnya, orang akan rela mengeluarkan uang agar tetap nyaman di rumah.

Anda bisa memulai bisnis dekorasi seperti pajangan rumah, tanaman hias, wallpaper dinding, maupun aksesoris-aksesoris rumah lainnya. Terlebih lagi, jika semua barang yang dijual adalah buatan sendiri, Anda bisa menghemat modal yang diperlukan.

5. Minuman Herbal

Selain makanan online, selama pandemi masyarakat juga mulai mengonsumsi beragam minuman. Jika dilihat potensi pasar minuman secara keseluruhan, total penjualan e-commerce untuk kategori minuman sudah tembus Rp90,56 Miliar. Selain itu, penjualan atau sales revenue untuk Non-Official Seller di bulan Juni 2021 juga lebih besar dibanding Official Seller, jadi ada banyak kesempatan Anda untuk bersaing.

Salah satu minuman yang jadi incaran masyarakat adalah minuman obat herbal. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap fit dan menghindarkan mereka dari paparan virus corona.

Menjadi prioritas konsumen, minuman herbal dinilai lebih efektif dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek negatif, jika dibandingkan obat-obat kimia. Maka dari itu, konsumen mulai mencari dan membeli minuman herbal di online melalui e-commerce.

Menjual minuman herbal secara online cukup menjanjikan khususnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Dengan menjualnya di e-commerce, tentunya ditambah berbagai optimasi lainnya, toko Anda bisa mendapat banyak potensial konsumen.

6. Katering

Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak orang beralih ke pola hidup yang lebih sehat. Daya tahan tubuh yang kuat tentu berasal dari asupan gizi yang seimbang.

Anda pandai memasak? Manfaatkan kemampuan tersebut untuk memulai usaha katering sehat. Untuk mengukur gizinya, Anda dapat memanfaatkan aplikasi penghitung kalori yang saat ini banyak tersedia di internet. Jika ingin lebih akurat, Anda bisa mengajak seorang ahli gizi untuk bekerja sama.

Karena peluangnya besar, katering sehat yang Anda tawarkan harus unik dari yang lain. Misalnya, selain menu makanan Indonesia, sediakan pula menu dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, dan Eropa.

7. Frozen Food

Praktis dan enak membuat frozen food memiliki peluang usaha 2021 yang besar. Karena ruang gerak di luar rumah dibatasi akibat penyebaran virus Covid-19, banyak orang yang memilih untuk membeli frozen food dalam jumlah banyak sebagai stok di rumah.

Memulai usaha frozen food pun sangat mudah. Sebagai langkah awal, Anda bisa memakai kulkas yang telah tersedia di rumah dan menjualnya secara online. Para tetangga bisa menjadi potensial konsumen untuk usaha Anda. Jajakan produk saat arisan atau melalui pesan broadcast di sosial media agar frozen food Anda laris.

Supplier untuk usaha frozen food juga dapat ditemukan dengan mudah. Jenis frozen food yang populer juga sangat beragam, sehingga Anda mudah memilih varian yang ingin dijual. Jenis-jenisnya meliputi kentang potong, nugget, ayam mentah, hingga makanan olahan seperti pizza dan kebab.

8. Suplemen Makanan

Seperti yang telah disebutkan di atas, masyarakat lebih memperhatikan kesehatannya di era pandemi seperti sekarang ini. Hal ini yang membuat berjualan suplemen makanan di marketplace berpeluang besar di tahun 2021.

Tim Compas menemukan bahwa mayoritas produk yang dijual dalam kategori suplemen makanan bukan dari official store maupun star seller. Jadi, bagi Anda yang baru membuka toko online, bisnis ini berpeluang tidak akan sepi di tahun 2021.

9. Dekorasi Rumah

Di rumah saja membuat banyak orang ingin berinvestasi pada keindahan rumah. Inilah mengapa di tahun 2021, bisnis dekorasi rumah memiliki peluang tinggi dengan modal yang tidak terlalu besar pula.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat melakukan sistem reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Jenis dekorasi rumah pun sangat beragam, seperti gorden, karpet, sarung furnitur, wallpaper, hingga tanaman artificial.

10. Bisnis Laundry

Bisnis laundry cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan ingin memiliki bisnis berpeluang besar dengan modal kecil. Orang kota terkadang terlalu sibuk hingga tidak sempat mencuci bajunya sendiri.

Memulai bisnis laundry tidak membutuhkan modal yang besar. Anda cukup menyediakan ruangan kecil untuk menaruh cucian dan menyetrika, serta sebuah mesin cuci. Di era pandemi seperti sekarang, Anda dapat menambahkan layanan disinfektan pakaian atau menggunakan sabun anti-bakteri.

10 peluang usaha

Langkah Tepat Memulai Bisnis di 2021

Dalam berbisnis, baik itu usaha kecil maupun besar, sangat penting untuk mengenali potensial konsumen Anda. buatlah target konsumen yang paling sesuai dengan kemampuan bisnis Anda. Walaupun bermodal kecil, Anda juga harus tetap memperhatikan biaya operasional, bahan baku, serta infrastruktur lainnya secara detail. 

Bagi Anda yang akan merintis bisnis di tahun 2021 ini, penting halnya untuk memahami beberapa poin seperti bisnis apa yang akan dibangun, target pasar bisnis Anda, serta kemampuan pribadi Anda dalam mengembangkan bisnis. 

Dengan mengandalkan e-commerce, Anda bisa meraih market yang lebih besar dalam berbisnis. Terlebih lagi prilaku konsumen saat ini tentunya cenderung lebih memilih yang serba mudah dah cepat. 

Semua langkah bisnis membutuhkan riset nyata dengan keadaan sekitar. Compas Quick Report membantu Anda melakukan riset tanpa berlama-lama. Tersedia data riwayat pembelian produk di e-commerce dalam periode tertentu, yang membantu Anda untuk menentukan langkah bisnis selanjutnya

Langkah bisnis yang dimaksud adalah terkait target pasar bisnis Anda, produk yang akan dijual, hingga menganalisa performa kompetitor. Kemudahan yang ditawarkan Compas Quick Report membuat Anda bisa menentukan strategi bisnis sesuai dengan keadaan pangsa pasar yang nyata. 

Data nyata membantu anda menganalisa potensi market, serta melihat peluang bisnis yang jelas. Hindari menebak-nebak dalam berbisnis, dan mulailah dengan data pasti seputar bisnis. Anda bisa mengembangkan bisnis khususnya di e-commerce dengan data penjualan dari Compas Quick Report

Walaupun pada awalnya hanya bermodal kecil, Anda bisa mengembangkan usaha Anda dan raih penjualan tertinggi di e-commerce!

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us