logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Ide Usaha Online Shop Terlaris 2022

6 Ide Usaha Online Shop Terlaris 2022

6 Ide Usaha Online Shop Terlaris 2022

Author: Lia Sutiani

Compas.co.idE-commerce sekarang ini menjadi pasar yang sangat potensial untuk meningkatkan penjualan. Melansir dari Kompas, tercatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia sukses meraih angka Rp108.54 triliun sepanjang kuartal I 2022. 

Tokopedia dan Shopee menjadi dua raksasa e-commerce yang berpeluang besar mendatangkan profit tersebut. Namun, sebaiknya kenali produk yang dibutuhkan pasar sebelum terjun dalam bisnis online tersebut. 

Misalnya, riset produk terkait ide jualan online shop terlaris tahun ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjangkau target dalam skala besar melalui produk yang paling dicari konsumen di e-commerce

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online

6 Ide Jualan Online Shop Terlaris Tahun 2022

6 Ide Jualan Online Shop Terlaris Tahun 2022

Ada berbagai jenis ide usaha online yang bisa Anda coba. Menurut pantauan Tim Compas, usaha jualan produk BeautynCare dan FnB saat ini tengah banyak dicari. Apa saja itu? Berikut sejumlah ide jualan online shop terlaris 2022. 

1. Produk perawatan wajah

Total penjualan produk perawatan wajah mencapai Rp772.2 miliar dengan sales quantity sebesar 10.4 juta produk. Tercatat, penjualan produk skincare meraih angka fantastis hingga Rp1.4 triliun pada kuartal II 2022 di e-commerce Shopee dan Tokopedia. Salah satu produk yang paling laris, yakni kategori pembersih wajah. 

Pada kuartal II 2022, total penjualan produk pembersih wajah berhasil mencapai nilai Rp115.4 miliar. Sementara sales quantity terjual 2 juta produk. Data tersebut menunjukkan penjualan produk ini begitu legit di e-commerce

Data Compas Dashboard menunjukkan, penjualan produk perawatan wajah paling laris di antaranya dari produk serum, pelembab, dan masker wajah. 

2. Produk perawatan tubuh

Penjualan produk perawatan tubuh pada kuartal II 2022 mencapai Rp210.5 miliar dengan sales quantity sebanyak 4.2 juta produk. Data Compas Dashboard menyebutkan, body lotion body butter merupakan produk perawatan tubuh terlaris sepanjang periode tersebut. 

Produk perawatan tubuh tersebut jumlahnya bervariasi mulai dari produk lokal hingga impor. Pilihlah produk yang potensial mendatangkan banyak keuntungan dengan melakukan riset produk. Misalnya, riset dari video review dari beauty influencer atau pencarian manual di laman e-commerce

3. Produk kosmetik bibir

Sepaket dengan produk perawatan, kategori produk kecantikan juga laris manis di e-commerce. Produk ini meraih penjualan sebanyak Rp81.3 miliar sepanjang kuartal tersebut dengan sales quantity sebesar 1.8 juta produk. 

Kategori produk kecantikan yang laris berasal dari produk kosmetik bibit. Produk tersebut tembus penjualan hingga Rp122.7 miliar dengan sales quantity mencapai angka 2.7 juta produk. 

Data Compas Dashboard menyebutkan, brand lipstik lokal berhasil menguasai pasar di Shopee dan Tokopedia. Namun, juara pertama top brand lipstik masih dipegang oleh brand global asal Amerika, Maybelline.

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Makanan Online

4. Produk makanan instan

Sementara dari kategori FnB, produk makanan instan jadi primadona konsumen Shopee dan Tokopedia. Terbukti, produk tersebut meraih total penjualan hingga Rp21.9 miliar dan sales quantity sebanyak 1.5 juta produk. 

Jenis makanan instan terlaris di e-commerce, yaitu mi pasta instan. Makanan instan ini memang begitu digemari masyarakat Indonesia. Ini juga didukung dengan data Instant noodles yang menunjukkan bahwa konsumsi mi instan di Indonesia mencapai 13,27 miliar bungkus pada 2021. Angka tersebut naik 4,98% dibandingkan tahun sebelumnya. 

5. Produk bahan pokok

Ide jualan online shop terlaris berikutnya yang bisa Anda coba adalah produk bahan pokok. Dijamin menjual produk tersebut tidak akan sepi karena ini termasuk bisnis yang tidak ada matinya. 

Data Compas Dashboard mencatat, bahan pokok meraih penjualan sebesar Rp5.6 miliar disertai sales quantity sebanyak 1.4 juta miliar. Bahan pokok yang paling laris terjual di e-commerce berasal dari produk beras. 

6. Produk makanan ringan

Jualan makanan ringan masuk dalam bisnis online yang menggiurkan dengan total penjualan bahkan melebihi makanan instan, yaitu senilai Rp28.4 miliar. Adapun sales quantity produk tersebut terjual ludes sampai 1.3 juta produk. 

Data tersebut menunjukkan pola konsumsi masyarakat Indonesia, di mana penjualan makanan berupa camilan lebih mendominasi dibandingkan makanan pokok. Riset Tim Compas menemukan, produk makanan ringan terlaris 2022 berasal dari produk keripik, kerupuk, biskuit, dan kue kering. 

Baca juga: Macam-Macam Strategi Bisnis Online Saat ini

5 Tips Membangun Online Shop yang Sukses

5 Tips Membangun Online Shop yang Sukses

Membangun bisnis online shop yang sukses tidak bisa dalam waktu semalam. Meski proses bisnis online tampak menjanjikan dan mudah secara teknis, tapi perusahaan perlu merancang strategi yang tepat. Berikut beberapa tips agar strategi dalam berbisnis online tersebut berhasil.

1. Menjalankan marketing research

Tidak sedikit pelaku bisnis yang tidak mengetahui bahwa kunci sukses membangun online shop adalah dengan menjalankan marketing research. Melalui marketing research, pebisnis dapat memperoleh berbagai data penting yang bermanfaat sebagai acuan dalam bisnis. 

Informasi seperti data penjualan, performa bisnis, kondisi pasar, kebutuhan konsumen, kompetitor, dan lainnya bisa perusahaan peroleh dengan riset. Dalam hal ini, ada dua riset penting yang perusahaan perlu pahami, yaitu riset pasar dan riset produk. 

Riset sangat membantu perusahaan karena mempermudah pengambilan keputusan bisnis. Dengan begitu, strategi bisnis yang dijalankan terarahkan dan memiliki dasar atau panduan sehingga terukur. 

2. Memaksimalkan manfaat media sosial

Manfaat media sosial ini harus bisa perusahaan maksimalkan apabila ingin sukses dalam bisnis online. Beberapa media sosial yang potensial untuk promosi produk di antaranya Instagram, TikTok, dan Facebook. 

Gunakan media sosial tersebut sesuai kebutuhan bisnis dan target pasar Anda. Misalnya, target pasar Anda cenderung menggunakan Instagram. Maka, fokuskan promosi pada media tersebut. Untuk mengetahui hal semacam ini, melakukan riset adalah solusinya. 

Selain itu, pengoptimalan manfaat media sosial dapat perusahaan lakukan dengan memproduksi konten-konten yang berkualitas sesuai target audiens. Sebaiknya produksi konten secara rutin, informatif, dan menarik agar brand awareness bisnis terus meningkat.  

3. Inovasi produk atau layanan

Bisnis merupakan hal yang dinamis, apalagi bisnis jualan online shop yang perkembangannya begitu cepat dan setiap saat berubah. Terjun dalam bisnis tersebut, artinya perusahaan harus siap-siap beradaptasi atau melakukan inovasi untuk menyesuaikan setiap perubahan tersebut. 

Dengan begitu, perusahaan dapat terus bertahan. Lakukan inovasi sesuai kebutuhan pasar sehingga bisnis perusahaan menjadi solusi bagi konsumen. Maka, secara tidak langsung konsumen akan mencari produk atau layanan tersebut sehingga bisnis akan berkembang. 

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

4. Menganalisis strategi kompetitor

Satu hal yang membuat bisnis perusahaan tidak banyak profit, yaitu produk atau layanan yang ditawarkan masih kalah dari kompetitor. Bisa juga akibat strategi bisnis kompetitor lebih unggul. 

Sebab itu, perusahaan harus bisa menganalisis strategi kompetitor secara tepat. Caranya, tentu saja dengan melakukan riset. Riset tersebut akan memberikan data seputar siapa saja kompetitor utama bisnis, strategi apa yang diterapkan, apa keunggulan bisnisnya, dan lainnya. 

5. Meningkatkan Unique Selling Product (USP)

Cara meningkatkan nilai USP bisnis, yakni mengenali secara tepat produk bisnis baik Anda maupun kompetitor. Peningkatan USP tidak hanya berfokus pada kualitas produk atau layanan. Namun, sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak. 

Maka, bisnis harus bisa menempatkan diri pada posisi konsumen. Lakukan riset produk untuk mendapatkan informasi terkait hal tersebut. 

Semoga informasi ide jualan online shop terlaris tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi bisnis Anda. Perlu Anda catat pula bahwa setiap bisnis pasti membutuhkan data sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Perusahaan dapat memperolehnya dengan melakukan riset pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.