logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Mengenal Beragam Strategi Bisnis Online

Ketahui 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Ketahui 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Anda sudah memulai usaha atau bisnis online dalam kurun waktu yang cukup lama, tetapi belum ada peningkatan yang signifikan? Boleh jadi, cara mengembangkan bisnis online yang Anda lakukan masih belum tepat.

Pada dasarnya mengembangkan usaha merupakan tantangan yang relatif lebih besar dibandingkan membangun atau memulai di awal dulu. Nah, kalau Anda masih bingung apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis online, berikut 6 cara yang dapat Anda jalankan pada bisnis online yang tengah digeluti.

 

Pentingnya Mengembangkan Bisnis Online Anda

Dengan banyaknya bisnis online sekarang ini, Anda tentunya butuh inovasi lebih untuk mengembangkan bisnis online-mu sendiri agar dapat bersaing dengan kompetitor dan bisnismu tetap berjalan menuju kesuksesan yang ingin diraih. Persaingan dalam usaha online semakin ketat setiap harinya.

Maka dari itu, mau tidak mau, Anda pun harus adaptif dan melakukan berbagai cara mengembangkan bisnis online dengan tepat dan tekun. Dimulai dari desain sampai pelayanan yang baik dapat meningkatkan kunjungan ke tokomu. Coba perhatikan hal-hal kecil seperti kepuasaan pelanggan, apa yang dipikirkan pelanggan, bagaimana pelanggan puas dengan service serta produk yang Anda tawarkan, mengembangkan bisnis bukanlah hal sulit

 

6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Cara Mengembangkan Bisnis Online

1. Menentukan Tipe Bisnis Online yang Tepat

Menentukan tipe bisnis online yang tepat tentunya akan mempengaruhi strategi digital marketing yang diperlukan pula. Jangan terburu-buru membuat toko di media sosial, tapi tidak tahu cara memasarkan barang atas jasa yang dijual di platform tersebut. Banyak sekali pebisnis yang menggunakan pendekatan promosi yang kurang tepat dan akhirnya berakhir pada kerugian.

Dari banyaknya jenis platform bisnis online, hanya lima yang sering digunakan untuk membangun bisnis. Pilihlah jenis yang tepat dan benar-benar sesuai dengan produk atau layanan yang ingin dijual.

  1. E-commerce: merupakan jenis platform bisnis online yang sering digunakan orang dalam membangun bisnisnya. Biasanya, tipe ini cocok untuk perusahaan yang sudah lama berdiri atau usaha baru yang memiliki produknya sendiri. Jenis ini tidak harus dijalankan dengan menggunakan online marketplace, tapi bisa juga dengan membangunnya sendiri di website Anda.
  2. Produk digital: Jika Anda memutuskan untuk menjual produk seperti e-book atau kursus online, barang tersebut termasuk dalam produk digital. Jangan salah, banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari menjual produk digital kini.
  3. Affiliate marketing: merupakan istilah yang mirip dengan reseller atau dropshipper. Banyak sekali bisnis baru yang memilih jalan ini. Anda tidak perlu memiliki produk sendiri, tapi bisa berbisnis secara daring dengan affiliate marketing.
  4. Jasa freelance: bisnis yang cocok untuk dilakukan jika Anda memiliki skill yang mumpuni, seperti desain grafis, ghostwriting, dan lain-lain.

Berbisnis di media sosial: tipe bisnis ini sangat cocok dijalankan jika Anda menyukai media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) atau memiliki banyak pengikut di dalamnya. Apabila dijalankan dengan strategi social media marketing yang tepat, Anda bisa mendulang keuntungan dari tipe bisnis ini.

 

2. Mengetahui Kebutuhan Target Pasar 

Saat memutuskan untuk berjualan secara online, Anda berhadapan dengan target pasar yang bervariasi. Jika sudah mengetahui target pasarnya secara spesifik, Anda akan lebih mudah menentukan strategi yang dilakukan berikutnya. Namun, lebih baik mengetahui kebutuhan target pasar yang bisa dijawab hanya dengan bisnis Anda. Percuma saja memiliki produk yang ideal dan inovatif, tetapi target pasar Anda tidak membutuhkannya.

Banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui keselarasan antara ide bisnis Anda dengan target pasar yang dituju. Riset kompetitor, riset pasar, dan survei pelanggan adalah salah satu dari tiga cara yang bisa diterapkan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda.

 

3. Melakukan Berbagai Jenis Campaign 

Selain dua cara di atas, Anda juga perlu melakukan berbagai jenis campaign sebagai cara mengembangkan bisnis online yang satu ini.

Di mana, cara untuk melakukan campaign sangat banyak, mulai dari campaign melalui radio, televisi, surat kabar hingga beragam jenis digital campaign lainnya. Anda bisa memilih beberapa cara yang sekiranya efektif dan sesuai dengan bisnis online mu.

 

4. Meningkatkan Pelayanan yang Baik

Pembeli adalah raja. Segala pertanyaan atau apa yang diinginkan mengenai produk Anda, harus dilayani dengan sepenuh hati. Anda tidak boleh negative thinking. Karena setiap ada yang mengunjungi tokomu, anggap semuanya adalah pelanggan yang akan membeli, sehingga Anda harus melayani semuanya dengan baik.

Anda harus bisa menerima setiap masukan atau saran dari pelanggan. Dari sini, Anda bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan dari bisnismu. Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan bagi usaha yang ingin Anda kembangkan, karena setiap masukkan dari pembeli atau pelanggan akan menjadi poin yang wajib Anda bangun dengan baik.

 

5. Manfaatkan Media Sosial

Sosial media salah satu hal yang paling penting dan kunci untuk mengembangkan bisnis online-mu. Anda harus mempunyai sosial media untuk mempublikasikan produk Anda karena sekarang sosial media adalah tempat beriklan yang paling optimal. Berikan gambaran yang menarik dan kreatif kepada calon pelanggan melalui sosial media tokomu. Selain itu, jangan lupa dengan caption yang menarik dan link web atau platform jualan Anda, sehingga pengunjung akan lebih mudah mengakses produk yang Anda jual.

 

6. Membangun Branding

Rahasia sebuah merek bisa tetap dikenal hingga turun temurun adalah branding yang kuat dan mudah dikenal. Brand tidak hanya membuat bisnis Anda semakin menonjol dan semakin dikenal oleh pelanggan, tapi juga bisa membuat arah bisnis semakin jelas. Dengan memiliki brand, Anda tetap fokus menghasilkan produk atau jasa baru yang sesuai dengan identitasnya. Tidak hanya itu, ciri khas promosi atau marketing-nya pun semakin dikenal karena brand yang diusung.

Perkara branding tidak melulu harus berupa logo yang terpasang di platform jual beli seperti website e-commerce atau media sosial. Anda juga harus memperkuat branding dengan menciptakan struk tagihan, souvenir, sticker, thank you note, atau packaging yang menonjolkan merek yang diusung.

Proses branding dimulai dengan menggali identitas bisnis yang akan dibangun. Tidak hanya nama, Anda juga harus memikirkan misi dan nilai yang dibawa. Keunikan serta keunggulan bisnis dari kompetitor juga bisa membantu proses pembangunan nama brand yang kuat. Dari situ, barulah Anda bisa mendesain brand secara visual dan menetapkan makna di baliknya.

 

Kesimpulan

Sejatinya, bisnis adalah proses yang berjalan setiap harinya, jadi wajar jika mengalami kegagalan. Anda pun bisa mengatasi kemungkinan terburuk tersebut dengan menerapkan enam cara mengembangkan bisnis online di atas.

Dalam mengembangkan usaha di dunia maya, menerapkan strategi dan prinsip yang relevan merupakan hal yang sangat penting. Satu hal yang harus dipahami dalam mengembangkan bisnis online adalah menggunakan sarana dan strategi yang tepat.

Dengan melakukan riset pasar, maka sebuah perusahaan atau bisnis dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.