top 3 brand lipstick

Top 3 Brand Lipstick di E-commerce: Lokal vs Non-Lokal, Siapa Jawaranya?

Lips without lipstick are like cake without frosting. Walaupun banyak orang yang minim menggunakan make up, pasti mereka memiliki beberapa lipstick andalan. Suatu lipstick merupakan salah satu make up yang bisa langsung merubah penampilan wajah.

Selain efeknya yang instan pada penampilan, terdapat banyak jenis dan warna lipstick yang bisa disesuaikan dengan tiap orang. Kisaran harga untuk lipstick pun luas jadi para pembeli bisa menyesuaikan dengan kondisi kantongnya masing-masing.

Sekarang sudah semakin banyak brand kecantikan yang menjual lipstick dengan formula yang berbeda-beda yang terjual di e-commerce. Brand kecantikan lokal pun juga sudah semakin banyak yang mengeluarkan produk lipstick yang tak kalah dengan brand luar.

Antara brand lipstick lokal dan luar, kira-kira manakah yang menjadi pilihan orang-orang? Tim Compas akan bahas lebih lanjut pada artikel ini.

Potensi Kategori Kosmetik Bibir

potensi kosmetik bibir

Lipstick, lip tint, lip gloss, lip liner. Semua produk ini jatuh pada kategori kosmetik bibir. Jika dilihat penjualannya di e-commerce sepanjang awal tahun (1-31 Januari 2021), kosmetik bibir sudah meraup total penjualan sebesar Rp 10,2 Miliar. Penjualan tersebut setara juga dengan 155 ribu transaksi.

Lalu dari seluruh kategori kosmetik bibir tersebut, manakah yang banyak diincar orang-orang di e-commerce? Setelah dilihat lagi, kategori lipstick menempati posisi pertama untuk kategori dengan sales revenue terbesar. Lipstick mendominasi 51,3 persen dari sales revenue untuk kategori kosmetik bibir. Persentase tersebut setara dengan Rp 5,2 Miliar.

Setelah Lipstick, kategori kosmetik bibir dengan sales revenue tertinggi kedua dipegang oleh Kosmetik Bibir Lainnya dengan 21,1 persen, diikuti oleh Lip Tint dengan 15,5 persen dan terakhir adalah Lipgloss dengan 11,7 persen.

Baca juga: Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing

Brand Lipstick Lokal vs Non-Lokal: Siapa Jawaranya?

top 3 lipstik

Kami sudah sempat melihat penjualan fantastis untuk kategori Lipstick di e-commerce. Tapi Anda mungkin penasaran, brand apa yang berhasil melampaui yang lainnya dalam penjualan kategori Lipstick? Apakah brand Lipstick Lokal atau Non-Lokal yang menjadi favorit orang-orang? Compas sudah menemukan 3 brand Lipstick terfavorit di e-commerce pada awal tahun 2021.

1. Maybelline

Maybelline merupakan brand kosmetik internasional yang popularitasnya sudah mendunia. Brand yang sudah berdiri sejak tahun 1915 ini berhasil menempati peringkat pertama berdasarkan sales revenue untuk penjualan di kategori Lipstik di e-commerce.

Dengan menguasai sales revenue dengan total penjualan sebesar Rp 1,5 Miliar, Maybelline mampu melampaui brand kompetitor lainnya baik lokal maupun non-lokal.

2. Wardah

Brand lokal dengan kualitas tak kalah dengan brand luar ini sudah menjadi salah satu favorit rakyat Indonesia. Wardah pun memiliki banyak variasi lipstik dengan warna dan formulanya yang berbeda-beda.

Dalam periode Januari 2021, Wardah berhasil menduduki peringkat dua dengan sales revenue sebesar Rp 965,2 Juta. Brand Wardah, sebagai brand lokal, mampu mengalahkan brand luar untuk penjualan Lipstik.

3. Make Over

Kembali dengan brand lokal, Make Over menempati posisi ketiga untuk penjualan Lipstik di e-commerce pada bulan Januari 2021. Brand yang merupakan sister brand dari Wardah dan Emina ini kerap kali disangka sebagai brand luar. Dengan pilihan warna-warna yang berbeda dengan warna dari brand lokal lainnya dan juga packagingnya yang terlihat elegan, tak heran jika Make Over bisa dikira brand luar.

Dengan menembus total penjualan sebesar Rp 610,4 Juta, brand Make Over melampaui brand luar dan lokal lainnya untuk penjualan Lipsticknya.

Walaupun brand luar, yaitu Maybelline, masih mendominasi untuk penjualan kategori Lipstick, kita patut mengacungkan jempol untuk brand lokal Wardah dan juga Make Over. Terutama melihat besarnya potensi market dalam kategori Lipstick, masih ada kesempatan untuk brand-brand lain berstrategi sehingga bisa menduduki peringkat pertama.

Untuk membuat strategi tersebut, data sangatlah penting untuk dijadikan suatu parameter. Anda bisa mendapatkan data-data mengenai kategori Lipstick dengan Compas Quick Report. Tanpa harus riset lama, Compas Quick Report menyajikan data valid untuk membantu bisnis Anda.

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us