Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing
Author: Nova Haasiani
Pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis mengalami kesulitan. Walaupun begitu, tidak semua sektor terdampak secara negatif. Terdapat beberapa sektor usaha yang menunjukkan pertumbuhan positif di tahun 2022.
Kategori kosmetik adalah salah satunya. Tahun 2022 ini bahkan diramalkan bahwa industri kosmetik di Indonesia akan terus berkembang. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online untuk produk-produk kecantikan.
Di Indonesia, industri perawatan kecantikan di semakin digandrungi oleh pelaku bisnis. Kondisi tersebut dibuktikan dari tingginya data penjualan di e-commerce untuk kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh. Tidak hanya demikian, banyak pula perusahaan kosmetik Indonesia yang hadir untuk memenuhi perkembangan permintaan masyarakat dengan memproduksi berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang berkualitas.
Hal ini tercermin pada data penjualan di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia berikut ini.
Data Penjualan Kosmetik Wajah
Berdasarkan pemantauan Compas.co.id, di awal tahun 2021 lalu, kategori perawatan kecantikan mengungguli transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46.8%. Selain itu, nilai total transaksi kategori perawatan kecantikan di pasar online sendiri sudah berhasil menembus angka Rp40 Miliar.
Jika membahas perawatan kecantikan, kosmetik tentunya tidak luput dari bahasan. Kosmetik wajah, kosmetik bibir, dan kosmetik mata masuk ke dalam perhitungan transaksi.
Transaksi pada kategori kosmetik sendiri sudah mencapai Rp893 juta pada Januari 2021 lalu. Berikutnya, ternyata penjualan kosmetik terbanyak ada pada kategori kosmetik wajah.
Lalu, produk apa yang kira-kira paling laris terjual? Dan kira-kira brand kosmetik wajah apa saja yang unggul selama awal tahun ini? Ayo simak di artikel ini.
Top Penjualan Produk Kosmetik
Total penjualan untuk kategori Kosmetik Wajah pada awal tahun 2022 sudah mencapai Rp129.1 miliar. Jika ditelusuri lebih dalam lagi dari data penjualan di dashboard Compas.co.id, bedak menjadi produk terlaris di marketplace.
Dilihat dari data dasboard Compas, bedak berada di urutan pertama dengan transaksi penjualan paling banyak. Lalu diikuti dengan Foundation dan BB/CC Cream yang masuk dalam top 3 penjualan.
Transaksi untuk kategori Kosmetik Wajah pun paling banyak terjadi pada marketplace Shopee dengan 75,3% dibandingkan dengan Tokopedia yaitu sebesar 24,7%.
Data penjualan kosmetik di e-commerce ini cukup menarik, tergantung dari perilaku konsumen dalam Tokopedia dan Shopee yang berbeda-beda.
Perusahaan Kosmetik Lokal Mendominasi di Bidang Kosmetik Wajah
Di awal tahun ini persaingan di brand kosmetik, khususnya kosmetik wajah, cukup ketat. Dengan perbedaan transaksi yang tak kalah jauh, brand Maybelline lah yang berhasil menjadi juara dengan total penjualan mencapai Rp53.2 miliar.
Maybelline, brand ternama asal Amerika tersebut memang sudah lama dikenal menguasai pasar produk kosmetik di dunia termasuk di Indonesia. Kendati demikian, brand lokal seperti Make Over juga mampu bersaing dengan peringkat kedua. Total penjualan Make Over hingga Maret 2022 mencapai Rp27.1 miliar. Tak kalah jauh, di peringkat ketiga juga ada brand lokal lainnya bernama Luxcrime dengan total penjualan sebesar Rp24.3 miliar.
Masih satu perusahaan dengan Make Over, ada brand Indonesia yang berhasil meraih posisi keempat dengan total penjualan sebanyak Rp15.7 miliar. Kemudian, disusul brand kosmetik asal Cina bernama Focallure yang mampu mencapai total penjualan hingga Rp14.4 miliar.
Banyaknya brand makeup di marketplace saat ini membuat brand lokal semakin gencar beriklan. Cukup menarik untuk dicermati lebih dari 50% dari brand Kecantikan Wajah yang masuk dalam peringkat lima besar di bulan Maret ini merupakan brand lokal. Ini bisa menunjukan bahwa kualitas brand lokal juga tak kalah saing dengan brand asing.
Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Marketplace
Trend dan Potensi Penjualan Produk Kosmetik
Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori kesehatan dan kecantikan merupakan bagian dari pasar yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk kecantikan selama awal tahun di marketplace saja bisa mengalami kenaikan yang cukup signifikan di e-commerce.
Pada Januari 2022, total penjualan produk kosmetik mencapai sales revenue sebesar Rp34.3 miliar dan dua bulan berikutnya naik sampai 39%. Total penjualan kosmetik wajah tersebut hingga Maret 2022 meraih sales reveneu hingga Rp129.1 miliar.
Hal ini menandakan besarnya potensi pasar serta market share yang bisa diraup oleh suatu brand yang bergerak di kategori kesehatan dan kecantikan. Tentunya, di masa depan angka ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan permintaan pasar.
Dengan mengetahui data penjualan berdasarkan total penjualan produk, serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama bisa digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang tepat.
Bukan hanya itu, dengan mengetahui data penjualan berdasarkan total penjualan produk, para pebisnis bisa membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama bisa dan digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang cocok bagi bisnis Anda.
Bagi perusahaan, memberikan produk sesuai dengan kebutuhan market sangat penting untuk meningkatkan penjualan toko Anda. Potensial konsumen akan menilai toko Anda sebagai toko yang terupdate, kredibel, dan sesuai dengan tren terbaru.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!
Baca juga:
- Pionir Kosmetik Halal, Data Penjualan Wardah Tembus Rp 13,4 Miliar dalam 2 Minggu!
- Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit
*Data mencakup 11351 listing produk pada periode Januari – Maret 2022 via Dashboard compas.co.id. Data dapat berubah sewaktu-waktu apabila terjadi penambahan SKU.