data penjualan kosmetik

Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing

Author: Nova Haasiani

Pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis mengalami kesulitan. Walaupun begitu, tidak semua sektor terdampak secara negatif. Terdapat beberapa sektor usaha yang menunjukkan pertumbuhan positif di tahun 2021.

Kategori kosmetik adalah salah satunya. Tahun 2021 ini bahkan diramalkan bahwa pasar kosmetik di Indonesia akan terus tumbuh. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online untuk kosmetik.

Di Indonesia, industri perawatan kecantikan di semakin digandrungi oleh pelaku bisnis. Hal ini tercermin pada data penjualan di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia berikut ini.

Data Penjualan Kosmetik Wajah

Berdasarkan pemantauan Compas.co.id, di awal tahun 2021 ini, kategori perawatan kecantikan mengungguli transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46.8%. Selain itu, nilai total transaksi kategori perawatan kecantikan di pasar online sendiri sudah berhasil menembus angka Rp40 Miliar.

Jika membahas perawatan kecantikan, kosmetik tentunya tidak luput dari bahasan. Kosmetik wajah, kosmetik bibir, dan kosmetik mata masuk ke dalam perhitungan transaksi.

Transaksi pada kategori kosmetik sendiri sudah mencapai Rp893 Juta di Januari 2021. Lalu ternyata penjualan kosmetik terbanyak ada pada kategori kosmetik wajah.

Lalu, produk apa yang kira-kira paling laris terjual? Dan kira-kira brand kosmetik wajah apa saja yang unggul selama awal tahun ini? Ayo simak di artikel ini.

Top Product Penjualan Kosmetik

top product penjuaan kosmetik

Total penjualan untuk kategori Kosmetik Wajah di awal tahun 2021 sudah mencapai Rp620 Juta. Jika ditelusuri lebih dalam lagi dari data penjualan di dashboard Compas.co.id, bedak menjadi produk terlaris di marketplace.

Dilihat dari data dasboard Compas, bedak berada di urutan pertama dengan transaksi penjualan paling banyak. Lalu diikuti dengan Kosmetik Wajah Lainnya dan BB/CC Cream yang masuk dalam top 3 penjualan.

Transaksi untuk kategori Kosmetik Wajah pun paling banyak terjadi pada marketplace Shopee dengan 85.8% dibandingkan dengan Tokopedia yaitu sebesar 14.2%.

Data penjualan kosmetik ini cukup menarik untuk bisa melihat bahwa perilaku konsumen membeli produk di dua platform (Tokopedia dan Shopee) berbeda.

Brand Lokal Mendominasi di Kosmetik Wajah

brand lokal menguasai pasar kosmetik

Di awal tahun ini persaingan di brand kosmetik, khususnya kosmetik wajah, cukup ketat. Dengan perbedaan transaksi yang tak kalah jauh, brand Scarlett lah yang berhasil menjadi juara dengan total penjualan mencapai Rp85 Juta.

Menarik untuk dilihat bahwa Scarlett yang merupakan brand lokal mampu bersaing, bahkan mengungguli brand internasional lainnya seperti Innisfree yang berada di peringkat kedua dengan total penjualan sebesar Rp65 Juta. Tak kalah jauh, di peringkat ketiga juga ada Laneige dengan total penjualan sebesar Rp60 Juta.

Tak hanya itu, brand kosmetik wajah lokal yang juga masuk ke dalam peringkat 10 besar, yaitu Dear Me Beauty, Erto’s, LT Pro dan juga Everwhite. Brand-brand lokal ini tak kalah saing juga dengan brand internasional lainnya seperti Mineral Botanica yang ada di posisi keempat, Pigeon di posisi ke sembilan dan Pond’s di posisi 10 di bulan Januari 2021 lalu.

Banyaknya brand makeup di marketplace saat ini membuat brand lokal semakin gencar beriklan. Cukup menarik untuk dicermati bahwa 50% dari brand Kecantikan Wajah yang masuk dalam peringkat 10 besar di bulan Januari ini merupakan brand lokal. Ini bisa menunjukan bahwa kualitas brand-brand lokal juga tak kalah saing dengan brand asing.

Potensi Market Share Penjualan Kosmetik

Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori kesehatan dan kecantikan merupakan bagian dari pasar yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk kecantikan selama awal tahun di marketplace saja bisa melebihi Rp40 Miliar.

Hal ini menandakan besarnya potensi pasar serta market share yang bisa diraup oleh suatu brand yang bergerak di kategori kesehatan dan kecantikan.

Fitur Market Insight Compas.co.id membantu kita dalam menyusun strategi bisnis berdasarkan data dengan mengidentifikasi seberapa kuat posisi kita di marketplace.

Dengan mengetahui data penjualan berdasarkan total penjualan produk serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama bisa digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang tepat.

Baca juga:

*Periode data 1 Januari – 31 Januari 2021 via Dashboard compas.co.id. Data dapat berubah sewaktu-waktu apabila terjadi penambahan SKU.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us