kopi sachet terlaris

Top Produk 6 Kopi Sachet Terlaris di E-Commerce

A coffee a day keeps the grumpy away. Minuman yang dulu lebih dikenal sebagai minuman orang tua ini sekarang sudah mulai digemari kalangan muda. Kita bisa lihat juga meningkatnya ketertarikan akan kopi dengan semakin banyaknya cafe atau kedai kopi yang buka dari tahun ke tahun.

Namun, selama pandemi ini terjadi perubahan kebiasaan orang menjadi tetap di rumah. Ditambah dengan adanya pembatasan sosial tentunya orang jarang mengunjungi kedai kopi.

Jadi apa dampaknya? Kebanyakan orang jadi memilih untuk menyeduh kopi sendiri di rumah dengan membelinya di marketplace pilihan. Anda tertarik untuk terjun ke penjualan kopi di marketplace? Simak data penjualan kopi sachet terlaris di bawah ini untuk untuk mengetahui demand terhadap produk kopi, ya!

Data Penjualan Kopi Sachet Awal Tahun 2021

penjualan kopi sachet

Penjualan kopi di e-commerce selama 1 bulan pertama tahun 2021 sendiri sudah tercatat lebih dari 799 ribu transaksi pembelian kopi dan setara dengan Rp 31,5 Miliar. Potensi market yang cukup besar bukan?

Salah satu opsi untuk orang-orang menyeduh kopi di rumah adalah dengan menggunakan kopi sachet. Mengingat potensi pasar kategori kopi yang cukup besar, mungkin Anda tertarik untuk mulai menjual kopi sachet di e-commerce. Tapi sebelum itu, intip dulu kira-kira brand dan produk apa yang menjadi primadonanya. Yuk, simak di artikel berikut!

Kopi Sachet Terlaris di Marketplace

Seperti yang kita ketahui, sekarang sudah banyak kopi sachet yang dijual. Kopi sachet menjadi pilihan baik bagi para penggemar kopi karena kemudahan dalam pembuatannya serta sudah dikemas dalam porsi individu.

Sekarang, sudah banyak pilihan kopi sachet dengan rasa yang berbeda-beda dijual di marketplace. Sebagai seseorang yang mungkin berpikiran untuk memulai menjual kopi sachetan, mungkin Anda bingung kira-kira siapa yang menjadi favorit orang-orang dari waktu ke waktu dan juga produk yang paling laris terjualnya.

Setelah tim Compas telusuri, untuk kopi sachet sendiri ada 6 produk yang merupakan favorit orang-orang pada periode Januari 2021 lalu. Siapa saja mereka? Ini dia listnya.

1. Red Koffie Original

Red Koffie merupakan kopi merah pertama di Indonesia dan juga produk kopi premium yang diformulasikan untuk membantu meningkatkan stamina. Red Koffie pun mengandung gabungan dari beberapa zat aktif seperti bit merah, ginseng, purwaceng dan lainnya.

Jika dilihat dari penjualan di e-commerce Shopee dan Tokopedia, produk Red Koffie Original berhasil terjual sebesar Rp731 Juta di bulan Januari 2021 di Shopee. Data tersebut menjadikan produk Red Koffie Original menjadi kopi sachet terlaris dari kedua e-commerce tersebut.

2. Indocafe Coffeemix

Sebagai salah satu brand kopi yang populer di Indonesia, Indocafe menempati peringkat kedua untuk brand kopi sachet terfavorit. Ada banyak variasi rasa yang ditawarkan oleh brand Indocafe agar bisa disesuaikan dengan selera tiap orang.

Namun, setelah ditelusuri lebih lagi ternyata yang menjadi favorit orang-orang adalah Kopi Indocafe Coffeemix yang dijual langsung dalam 1 kardus. Produk ini pun sudah mencatat penjualan sebesar Rp527,5 Juta di e-commerce Tokopedia dalam periode Januari 2021.

3. CNI Kopi Ginseng

CNI Kopi Ginseng sudah dipasarkan sejak tahun 1994 dan juga merupakan produk unggulan CNI. Kandungan ginseng pada kopi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Kopi CNI Ginseng ini pun dikatakan aman untuk diminum bagi mereka yang memiliki penyakit maag.

Dengan total penjualan sebesar Rp203,5 Juta di Shopee, produk CNI Kopi Ginseng ini berhasil menempati peringkat ketiga untuk kopi sachet terlaris di e-commerce.

4. Kapal Api Special Mix

Menguasai 60% pasar kopi lokal, Kapal Api menempati peringkat keempat kopi sachet terlaris di e-commerce. Brand yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini juga sudah mulai menjajakan produknya ke luar Indonesia seperti Malaysia, Arab Saudi, hingga Hongkong dan Taiwan.

Pada awal 2021, Kapal Api Special Mix telah mencapai total penjualan sekitar Rp186 Juta di Tokopedia. Larisnya Kapal Api jenis ini mungkin didasari oleh rasa kopi yang kuat dan konsisten.

5. ABC White Coffee

Kualitas kopi yang ditawarkan kopi ABC tidak kalah bersaing dengan merek lain. Hal ini karena kopi ABC masih satu perusahaan dengan Excelso dan Kapal Api yang terkenal dengan rasa kopinya yang kuat.

Total penjualan ABC White Coffee pada bulan Januari tahun 2021 mencapai sekitar Rp76,7 Juta dengan jumlah transaksi sebanyak 3.836 di Shopee. Varian kopi ABC lain yang bisa Anda pertimbangkan antara lain: Kopi ABC Susu, Kopi ABC Mocca, dan Kopi ABC Plus Gula.

6. Good Day 3 in 1

Good Day menjadi merk favorit anak muda karena memiliki varian rasa yang beragam. Pada varian produk 3 in 1, Good Day menawarkan campuran kopi, krimer dan gula dalam 1 sachet. Pilihan rasanya pun sangat beragam, mulai dari caribbean nut, mochaccino, vanilla latte, hingga cold.

Tercatat pada awal tahun 2021, total penjualan kopi sachet ini mencapai sekitar Rp22,4 Juta dengan jumlah transaksi lebih dari 2,000 di Tokopedia. Selain 3 in 1, Good Day juga memiliki produk seperti Good Day Freeze, Good Day Cappuccino, hingga Good Day kemasan botol.

top kopi sachet

Tips Membeli Kopi Sachet

Banyak sekali pilihan kopi sachet yang dijual di marketplace saat ini. Lantas, bagaimana cara memilih yang terbaik? Berikut tim Compas merangkum cara memilih kopi sachet yang enak dan sesuai dengan lidah para pecinta kopi.

1. Lihat komposisi bahan

Terdapat dua jenis utama bahan yang dipakai di kopi sachet. Pertama adalah kopi sachet yang memakai biji kopi murni. Kopi ini cocok bagi Anda yang suka dengan rasa kopi yang alami. Biji kopi yang dipakai biasanya robusta dan arabica.

Jenis yang kedua adalah kopi sachet dengan bahan tambahan. Kopi sachet jenis ini cocok untuk Anda yang menyukai rasa creamy dan manis. Bahan tambahan pada kopi sachet meliputi krimer, gula, ataupun essence rasa tertentu.

2. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk

Hal paling penting yang perlu Anda lakukan sebelum membeli suatu produk adalah mengecek tanggal kadaluarsanya. Terkadang, penjual pun terlupa untuk melakukan hal ini sehingga para pembeli juga harus lebih teliti.

Saat membeli kopi sachet di e-commerce, pastikan juga bahwa kemasan yang Anda terima tidak rusak seperti sobek ataupun menggelembung. Hal ini juga dapat mempengaruhi rasa kopi sachet Anda.

Kesimpulan

Setelah melihat dari data-data di atas, kita bisa langsung tahu siapa yang sedang mendominasi pasar untuk kategori kopi sachet di e-commerce. Jadi, jika Anda merupakan pelaku bisnis pada kategori kopi yang berfokus ataupun berniat menjual kopi sachet, Anda bisa tahu apa saja produk yang sedang populer di e-commerce dan juga paling laris terjual di e-commerce apa.

Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih menajamkan strategi penjualan yang Anda bikin untuk bisa terus meningkatkan penjualan. Namun, mungkin Anda bingung untuk mendapatkan data-datanya karena bisa memakan waktu lama.

Compas Quick Report hadir untuk membantu Anda mendapatkan insight seputar kategori bisnis kopi Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat urutan posisi bisnis Anda dan juga kompetitor baik Official maupun Non-Official Store dengan Compas Quick Report untuk lebih mengetahui kondisi pasar bisnis Anda.

Baca juga :

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us