menyusun rencana bisnis

5 Tips Menyusun Rencana Bisnis Online dengan Bantuan Data Insight

Author : Nova Haasiani

Menyusun rencana bisnis merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan sebuah penjualan, singkatnya dengan rencana bisnis sebuah perusahaan dapat memiliki tujuan yang akan dicapai dengan berbagai cara.

Memiliki tujuan sangat penting untuk membuat kita fokus, dan menjadi bahan evaluasi bisnis dalam menentukan strategi. Planning bisnis online yang baik, biasanya mampu menguraikan berbagai kebutuhan finansial, operasional maupun pemasaran serta pro-kontra dari setiap keputusan yang diambil. 

Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha untuk memiliki rencana bisnis yang rapi dan terperinci guna keberlangsungan bisnis yang lancar. Berikut tips menyusun rencana bisnis online dengan bantuan data insight ala Compas.

1. Mengetahui Target Pasar Anda

Di artikel sebelumnya Compas telah membahas mengenai analisis pasar serta aspek-aspek penting yang harus diperhatikan. Mengetahui target pasar bisa dimulai dari berkaca pada produk yang anda jual.

Pastikan Anda tahu benar, kira-kira siapa yang akan menggunakannya, itulah target pasar Anda. Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat memasarkan produk dengan gaya yang cocok dan mudah diterima oleh mereka.

Sebagai contoh, kalau Anda menjual susu formula untuk bayi, maka target pasar Anda adalah orangtua khususnya ibu yang memiliki bayi atau balita.

Anda dapat membuat rencana pemasaran produk misalkan dengan membuat review susu formula oleh Key Opinion Leader yang juga seorang ibu, atau dokter spesialis anak yang tentu pendapatnya terpercaya.

2. Menganalisa Tingkat Persaingan

menyusun rencana bisnis

Dalam berbisnis, tentunya kita akan melakukan berbagai cara untuk menjual sebanyak mungkin, bahkan mengalahkan pesaing kita. 

Dengan mengetahui seberapa banyak kompetitor dan kesuksesan mereka di pasar, Anda dapat menyusun rencana bisnis yang tepat untuk mengalahkan mereka. Untuk mengidentifikasi siapa saja pesaing dan kekuatan mereka di pasar, Anda dapat memanfaatkan fitur Top Brand dari Compas.

Sebagai contoh, apabila anda menjual produk perawatan kecantikan seperti body lotion, scrub, atau body wash. Anda dapat melihat brand apa saja yang menjadi pesaing di kategori tersebut, serta penjualannya yang menguasai pasar.

Dengan begitu anda dapat membuat rencana bisnis dan target pemasaran yang tepat untuk mengalahkan mereka.

3. Mengetahui Market Share Brand Anda

Menyusun rencana bisnis tentunya juga tak lepas dari peluang yang ada di pasar. Anda harus tahu seberapa besar industrinya, lalu membandingkan dengan market share dari produk Anda sendiri. 

Berikut ini adalah contoh penggunaan tools Compas untuk mengecek market share bisnis kita dibandingkan dengan keseluruhan kategori yang sama di e-commerce.

market-share-brand

market share brand 2

Dalam menganalisis industri bisnis anda secara pada marketplace, anda dapat menggunakan fitur dashboard dari compas.co.id yang menyediakan fitur dashboard market share.

Fitur ini yang memungkinkan anda melihat kondisi dan pangsa pasar dari industri yang anda sasar, sehingga pada praktiknya, anda dapat memaksimalkan perencanaan bisnis anda dengan mengetahui kondisi pasar di online marketplace.

4. Penggunaan Market Insight

Mendapat sumber data yang kredibel dan terpercaya dalam mengetahui situasi dan kondisi market merupakan hal yang penting dalam menjangkau market. Dengan Compas, anda bisa mendapatkan data penjualan di e commerce dengan waktu yang cukup singkat. 

evaluasi strategi bisnis

Selain itu dengan Fitur Top Brand dalam dashboard Compas Juga dapat membantu kita dalam menyusun strategi berdasarkan data dengan mengidentifikasi seberapa peluang yang ada dalam marketplace berdasarkan total penjualan produk serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama. 

5. Mengevaluasi Strategi Sebelumnya

Setelah mengetahui point-point di atas, faktor penting selanjutnya adalah bagaimana Anda akan mengoptimasi rencana bisnis dengan mengevaluasi strategi sebelumnya, apa yang perlu di tingkatkan untuk mendapatkan hasil terbaik kedepannya.

Dalam merancang rencana bisnis, anda perlu membuktikan bahwa produk/jasa anda memiliki keunggulan dan kualitas yang sudah terbukti. Rencana pemasaran yang dibuat juga harus merupakan hasil dari perpaduan penelitian yang relevan dan legit, sehingga setiap langkah dari perencanaan yang anda buat dapat terukur secara jelas dan pasti.

Demikian tips menyusun rencana bisnis online yang bisa Anda terapkan dengan data insight. Untuk mendapatkan market insight seputar e-commerce dan persaingan di pasar online, Anda dapat mendaftarkan bisnis anda untuk mendapatkan dashboard Compas dan nikmati penawaran terbaik dari kami.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us