Market Share

Memahami, Mengukur, dan Meningkatkan Market Share

Author : Amelia Nur Fauziah

Market share atau pangsa pasar adalah sebuah istilah yang dipakai untuk mengetahui persentase dari total penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu.

Istilah ini biasanya digunakan untuk menentukan posisi merek di pasar dan disajikan dalam bentuk angka atau persentase. Oleh karena itu, semakin tinggi pangsa pasar suatu merek dengan merek lain, maka semakin besar pula persentase penjualan yang dikonsumsi oleh merek tersebut dalam industri pesaingnya

Selain itu memahami market share juga bisa berguna untuk mencari strategi bisnis ataupun mengambil keputusan. Sebab dari mengetahui data market share, kita semakin dimudahkan dalam menganalisis siapa saja pesaing dan seberapa luas pasar tempat kita berkompetisi.

Tentunya hal tersebut sangat penting bagi pelaku bisnis yang ingin mengukur kondisi dan peluang pasar dalam mengembangkan bisnis.

Manfaat Memahami Market Share

Tentunya menetapkan ukuran pasar memiliki banyak kegunaan, salah satunya, mengetahui market share dapat dijadikan indikator bagi perusahaan dalam mengukur seberapa tinggi tingkat keberhasilan perusahaan, sehingga data tersebut dapat dikonversi menjadi strategi dan taktik dalam keputusan bisnis kedepan. 

Berdasarkan analisis situasi SWOT yang terdiri dari strength, weakness, opportunity & threat, dimana Strength & Weaknesses merupakan internal factors atau faktor dari dalam bisnis yang dapat mempengaruhi keadaan bisnis dan juga opportunity & threat merupakan external factor yang merupakan faktor luar yang dapat mempengaruhi bisnis.

Dengan mengetahui market share, kita dapat mengetahui tren pasar dan opportunity dengan mengetahui seberapa besar peluang yang ada dalam pasar, serta mengetahui threat atau dengan kata lain kompetitor yang sedang bersaing dalam pasar yang sama.

Selain itu, Penggunaan market share selain sebagai analisa pasar juga bisa menjadi evaluasi bagi kinerja perusahaan dan dapat dijadikan pengembangan bagi aspek dalam bisnis yang masih harus diolah lebih matang dari data yang didapat berdasarkan indikator yang ditemui.

Dan melalui indikator yang lebih spesifik dalam market share, kita pun bisa membagi market share kedalam market yang lebih spesifik berdasarkan segmentasi dan target pasar seperti demographic, psychographic, geographic guna melihatnya dari sudut pandang yang lebih dalam.

Cara Mengukur Peluang Melalui Market Share

Untuk melihat peluang, mengetahui dan melihat potensi pasar kita bersaing, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam untuk mengetahui situasi secara komprehensif.

Oleh karena itu, pelaku bisnis harus dapat menentukan pasar yang akan dibidik sehingga potensi dalam pasar tersebut dapat diketahui dengan jelas.

Pertama-tama tentukan periode atau rentang waktu yang ingin diperiksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun atau beberapa tahun. Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan tersebut. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya. 

Misalnya, Anda ingin menghitung market share produsen mainan selama satu tahun. Produsen mainan memiliki pendapatan total Rp 100 juta, dan industri manufaktur mainan memiliki pendapatan total Rp 1 miliar selama satu tahun fiskal.

Untuk mengetahui pangsa pasar perusahaan yang bergerak dalam industri mainan, bagi 100 juta dengan Rp 1 miliar. Maka market sharenya adalah 10%.

Tak sampai disitu, setelah mengetahui segmen pasar yang dibidik dan seberapa besar market yang ada, langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka, sebagai contoh, dalam mengetahui market minuman kemasan. Kita harus membaginya kedalam kategori yang lebih spesifik.

Sebagai contoh, berdasarkan survey Euromonitor yang diolah oleh ASRIM, minuman terfavorit di Indonesia pada tahun 2015 ( What Indonesian Is Drinking : Share of Throat ) terbagi menjadi 22% orang mengonsumsi teh hangat, 15% Kopi teh, 12% mengonsumsi iced tea, 11% mengonsumsi Susu, 8% mengonsumsi minuman bersoda, 7% mengonsumsi energy drink, 7% mengonsumsi sirup, 6% mengonsumsi juice, 3% mengonsumsi minuman buah, 1 % sparkling water, 1% hot chocolate, 1% flavoured water & 0,3% yoghurt drink. 

Yang terakhir, bila kita ingin mengetahuinya lebih dalam, kita harus membagi lagi kategori yang kita inginkan lebih spesifik, misalkan untuk mengetahui ukuran dan potensi pasar dalam minuman bersoda.

Tentu kita harus mengetahui jumlah keseluruhan lalu membaginya lagi dengan persentasenya lalu mencari tahu mengenai kompetitor yang sedang bersaing dalam pasar tersebut.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Market Share?

Dalam merumuskan strategi meningkatkan market share, kita perlu dibekali dengan pemahaman dan wawasan yang mumpuni dalam pasar kita bersaing, sehingga dengan demikian kita dapat membaca potensi dan seberapa besar pertumbuhan suatu pasar dari masa ke masa.

Salah satu strategi yang biasa dilakukan dalam meningkatkan market share adalah memperluas jaringan yang relevan dalam meningkatkan share produk seperti penetapan targeting yang jelas dan tepat, memperluas channel distribution & menganalisa efektifitas media promosi.

Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah menganalisa kompetitor pada pasar kita bersaing, dengan demikian kita dapat mengetahui posisi brand dan seberapa besar market yang telah diakuisisi kompetitor dan dengan hal tersebut.

Kita dapat mengambil celah dan kesempatan menganalisa weaknesses dari kompetitor, dan memanfaatkannya sebagai peluang. 

Fungsi Data Market Share untuk Kemajuan Bisnis

Dengan mengetahui data market share yang ada, kita dimungkinkan untuk mengetahui seberapa besar peluang dan kompetitor yang ada dalam pasar, sehingga kita bisa mengolahnya menjadi keputusan untuk membuat bisnis berjalan dengan efektif & efisien untuk meningkatkan pangsa pasar, tentunya hal tersebut harus diiringi dengan keakuratan dan kredibilitas data.

Selain itu memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai definisi market share merupakan hal mendasar yang tak kalah penting untuk tetap melaju dan tetap berkompetisi di dalam pasar.

Dengan mengetahui market share yang ingin dibidik maka suatu bisnis dapat menemukan serta memahami kekuatan serta kelemahannya agar dapat memperoleh pasar yang lebih besar lagi.

Dalam meningkatkan performa bisnis anda, melalui data insight berdasarkan real data anda bisa menggunakan dashboard market insight melalui Compas.co.id sebagai tools memperoleh data guna menganalisis kompetitor dan meningkatkan market share anda.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us