tren belanja online saat pandemi melandai

Tak Goyah Tren Belanja Online meski Pandemi Melandai

Tak Goyah Tren Belanja Online meski Pandemi Melandai

Tren belanja daring (online) di Indonesia terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Pandemi Covid-19 yang menghambat mobilitas masyarakat ditengarai menjadi pemicu maraknya belanja online sejak awal 2020 lalu.

Kini, pandemi Covid-19 di Indonesia mulai melandai seiring dengan banyaknya masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi. Pemerintah pun perlahan mulai melonggarkan pembatasan sosial, sehingga mobilitas masyarakat kembali normal. 

Meski demikian, frekuensi konsumen Indonesia untuk berbelanja online tak justru menjadi turun. Bahkan, ada sebagian masyarakat di dalam negeri yang justru meningkatkan intensitasnya untuk berbelanja online. 

Hal itu sebagaimana tergambar dalam survei DataIndonesia.id yang digelar secara online pada 25 Agustus – 10 September 2022. Survei tersebut dilakukan terhadap 334 responden yang tersebar di 20 provinsi se-Indonesia dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 7%.

Melihat data tersebut, Head of DataIndonesia.id Setyardi Widodo mengatakan, tren belanja online bakal terus berlangsung, meski tak ada lagi pandemi Covid-19. Menurutnya, cara belanja konsumen sulit untuk kembali ke masa sebelum pagebluk. 

“Saya kira (tren belanja online) tidak bisa balik lagi ke sebelum pandemi. Kelihatannya irreversible ya.” ujar Setyardi dalam diskusi virtual bertajuk ‘Membaca Data Tren Konsumen 2022-2023’ pada Rabu (21/9). 

Meningkatnya frekuensi belanja online pun terlihat jika dibedah berdasarkan gendernya. Tercatat responden perempuan yang semakin sering berbelanja online mencapai 39,4%. Sementara, responden laki-laki yang semakin sering berbelanja online sebanyak 36%. 

Menurut generasinya, responden milenial yang semakin sering berbelanja online mencapai 44,1%. Persentase tersebut lebih tinggi dibandingkan generasi X dan Z yang masing-masing sebesar 34,5% dan 34,2%. 

Lantas, apa alasan konsumen di Indonesia masih kerap berbelanja online, meski pandemi Covid-19 telah melandai? Platform apa saja yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk berbelanja online? Produk apa saja yang paling sering dibeli di e-commerce?

Temukan data selengkapnya terkait hasil survei DataIndonesia.id dalam laporan ini. Anda juga bisa menemukan data dan laporan menarik lainnya dalam tautan ini.

Atau Anda tertarik untuk memantau pergerakan pasar? Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.