logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Skin Aqua dan Anessa Terbukti Jadi Pilihan Sunscreen Terbaik

Mengalahkan Panasnya Matahari: Skin Aqua dan Anessa Terbukti Jadi Pilihan Sunscreen Jepang Terbaik di E-commerce Periode Maret 2023

Mengalahkan Panasnya Matahari: Skin Aqua dan Anessa Terbukti Jadi Pilihan Sunscreen Jepang Terbaik di E-commerce Periode Maret 2023

Author: Salsabila

Compas.co.idSinar matahari yang terik di Indonesia menjadi hal yang mengkhawatirkan wanita. Tidak hanya membuat kulit terasa terbakar dan kemerahan, sinar UV juga bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit jangka panjang karena menimbulkan flek hitam. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menggunakan sunscreen yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Berdasarkan data Statista, pendapatan segmen sunscreen di Indonesia tahun 2023 diprediksi mencapai $157.5 juta dan nilainya akan terus meningkat hingga tahun 2027 sebesar 10,07%. Di pasar sunscreen Indonesia, Compas Dashboard mencoba lihat brand-brand asal Jepang mana yang mendominasi penjualan di e-commerce selama sepanjang bulan Maret 2023

Banner Insight

Dengan kualitas produk yang terpercaya dan inovasi terus-menerus, brand sunscreen seperti Skin Aqua, Anessa, dan Biore telah menjadi pilihan utama konsumen Indonesia dalam melindungi kulit mereka dari sinar UV yang berbahaya. 

Meskipun terdapat banyak brand sunscreen dari berbagai negara maupun lokal yang hadir di pasar Indonesia, namun brand sunscreen asal Jepang cukup menarik perhatian untuk dibahas data penjualannya di e-commerce ini.

Data Penjualan Top 5 Brand Sunscreen Jepang Terbaik yang Setia Melindungi Kulit dari UV

Data Penjualan Top 5 Brand Sunscreen Jepang

1. Skin Aqua

Data Compas Dashboard melaporkan market share brand sunscreen asal Jepang ini 39,24%. Untuk raihan revenuenya nyaris mencapai Rp1 miliar atau tepatnya sebesar Rp983.8 juta dengan produk sunscreen terjual 20.8 ribu pieces.

Banner E-Commerce Report

Brand Skin Aqua berada di bawah naungan Rohto Pharmaceuticals yang memang mengkhususkan diri sebagai produsen uv protection. Apalagi di Indonesia dimana matahari negara tropisnya cukup menyengat–terutama saat musim kemarau–menjadikan konsumen Indonesia sebagai target market yang cukup potensial.

Produk-produk Skin Aqua dijual dengan harga yang cukup masuk akal di kantong masyarakat, oleh karena itu produknya banyak laris. Selain harganya yang tidak menguras pendapatan, produk skincare seperti ini juga dilihat dari kualitas produk. Sunscreen Skin Aqua terbukti dapat melindungi kulit konsumen secara maksimal sehingga konsumen pun loyal terhadap brand sampai sekarang.

Selain itu Skin Aqua juga mengadakan giveaway produk, membuat mini event dan challenge yang berkolaborasi dengan brand lain. Hal itu dilakukan sebagai upayanya meningkatkan brand awareness dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen. 

Baca juga: Membangun Hubungan Kuat dengan Target Market Melalui Storytelling Marketing: Perhatikan Seni Bercerita dari Skintific, Somethinc, dan Scarlett

2. Anessa

Launching pertama kali di Indonesia tahun 2021, Anessa menjadikan Nadine Chandrawinata sebagai Brand Ambassadornya. Pemilihan Nadine sebagai BA dirasa tepat karena mencerminkan eksklusivitas dari produk-produk Anessa dan kualitasnya yang bukan main.

Compas Dashboard melihat market share sunscreen anak perusahan dari Shiseido, yaitu Anessa sebesar 35,14%. Penjualan produk sunscreen premium ini laris 2.5 ribu pieces atau sekitar Rp880.9 juta

Banner Insight

Dengan tagline “Let people shine infinitely under the sun” Anessa merebut hati konsumen Indonesia dengan cepat sejak peluncurannya 2 tahun lalu. Yang menarik dari Anessa adalah adanya kandungan skincare di dalam sunscreennya sehingga konsumen hanya perlu mengaplikasikan sedikit skincare namun hasilnya tetap maksimal. 

Walaupun diminati banyak orang dan menempati peringkat 2, Anessa tidak mau ketinggalan untuk memperlihatkan dan demonstrasi produk secara langsung di event-event offline. Hal itu dilakukan juga untuk meningkatkan eksposur brand kepada konsumen lebih luas.

3. Biore

Sunscreen dari Biore ini tentunya sudah tak asing lagi bagi konsumen karena produknya terus berinovasi dengan dilengkapi teknologi terkini untuk menjaga kulit wajah dari sinar UV matahari. Pangsa pasar produk sunscreen Biore mencapai angka 12,12%. Sebanyak 5.9 ribu sunscreen terjual dari official storenya di Shopee dan Tokopedia. Dari penjualan tabir suryanya, Biore mengantongi Rp304 juta.

Selain mengembangkan produknya tetap berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen, Biore juga menjalankan strategi marketing untuk semakin meningkatkan popularitasnya. Media sosial menjadi channel yang cukup efektif untuk mempromosikan produk, mengedukasi tentang perawatan kulit, membagikan giveaway dan mengadakan berbagai challenge kepada followersnya.

Biore juga mengkombinasikan berbagai channel marketing baik online maupun offline. Untuk channel marketing offline, Biore tak mau ketinggalan dari mengikuti event kecantikan offline seperti Jakarta x Beauty, Medan x Beauty, Biore x GenFM Goes to Campus dan lainnya.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

4. Pigeon

Merek Pigeon berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 10,16% untuk produk sunscreen. Kurang lebih 6 ribu pieces produknya laris terjual di e-commerce Indonesia dengan meraup pendapatan Rp254.7 juta.

Berbeda dengan 4 kompetitornya yang menargetkan wanita dewasa, Pigeon menargetkan produk perawatan dan make up nya untuk segmen remaja. Karena ditujukan untuk remaja maka dari sisi harganya tidak terlalu menguras kantong. Produknya cukup berkualitas untuk tipe-tipe pemula–bahkan Pigeon mengklaim produknya aman untuk pra-remaja mulai usia 10 tahun–dimana mereka baru mulai belajar merawat kulit wajahnya.

Banner E-Commerce Report

Pigeon juga aktif mendukung aktivitas fisik remaja dengan mengadakan Pigeon Teens West Tennis Academy. Membuat program demikian dapat meningkatkan brand awareness kepada para remaja secara luas. Tak lupa Pigeon mengikuti event-event kecantikan akbar seperti event Female Daily agar produk dan brandnya mendapatkan eksposur lebih besar. 

5. Shiseido

Sebagai induk brand dari Anessa, market share Shiseido untuk produk sunscreen sebesar 2,64%. Adapun sunscreen dari Shiseido terjual 80 pieces dengan revenue Rp66.1 juta. Diantara semua kompetitornya di sini, produk Shiseido adalah produk paling premium dimana segmennya adalah wanita-wanita dari kalangan atas. 

Brand yang tergolong premium ini tentu disertai juga dengan kualitas yang sama premiumnya, seperti menggunakan kandungan skincare di dalam sunscreennya. Hal lain yang menarik dan dapat dipertimbangkan oleh brand-brand kecantikan dan perawatan kulit lain yaitu konsumen dapat refill skincare, ini adalah upaya Shiseido untuk mengurangi sampah plastik yang berasal dari packaging skincare

Baca juga: Influencer Marketing: Belajar dari Studi Kasus 3 Brand Beauty and Care Ini

Kesimpulan

Dari paparan di atas, Skin Aqua menjadi brand sunscreen Jepang nomor 1 kesukaan konsumen Indonesia. Kualitas produk Skin Aqua sangat cocok dan tidak menimbulkan permasalahan di kulit orang Indonesia. Sunscreennya tidak meninggalkan white cast atau noda putih yang muncul di wajah, tidak lengket, ringan ketika diaplikasikan dan tidak mudah luntur terkena air dan keringat. Sekarang kualitas tersebut adalah basic quality yang harus ada dalam sunscreen saat ini.

Dari kelima brand asal Jepang di atas, semua produknya sudah memenuhi basic quality tersebut. Oleh karena itu brand-brand tersebut berhasil menjadi top 5 brand Jepang pilihan konsumen. Bagi brand yang berkecimpung di industri Beauty and Care, fokus kualitas produk saja tak cukup tapi juga harus disertai dengan strategi marketing yang efektif dengan cara menggunakan berbagai channel marketing online maupun offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.