top 10 brand serum wajah terlaris 2022

Top 10 Brand Serum Wajah Terlaris 2022 di E-Commerce: Scarlett Duduki Peringkat 1

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Serum wajah menjadi salah satu produk skincare yang banyak dicari berdasarkan Google Trends. Berbagai brand kecantikan pun tak mau ketinggalan untuk mengambil peluang bisnis tersebut. Kini, ada banyak produk serum wajah dari berbagai brand ternama hingga yang baru. Buktinya, ada dalam data penjualan serum tembus Rp148 miliar pada bulan Juni 2021 lalu. 

Serum menawarkan banyak manfaat di antara jenis produk skincare lainnya sehingga besar potensi bisnisnya. Dokter kulit asal New York, Dendy Engelman juga mengungkapkan bahwa serum merupakan jenis skincare yang paling manjur karena paling banyak mengandung konsentrasi bahan aktif. Apalagi, memiliki wajah glowing kini menjadi tren tersendiri di masyarakat khususnya para wanita sehingga penggunaan serum meningkat. 

Top 10 Brand Serum Wajah Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia Periode 16-31 Agustus

top 10 brand serum wajah terlaris 2022

Terkait tingginya penjualan serum tersebut, tim Compas telah melakukan riset untuk menganalisis tingkat performa dari top 10 brand serum wajah terlaris 2022 di Indonesia. Hasilnya menunjukkan brand lokal menduduki peringkat pertama. Rincian data selengkapnya bisa Anda simak berikut ini.

1. Scarlett

Produk asli Indonesia ini memang termasuk masih baru dalam jajaran industri kecantikan di Indonesia. Meski begitu, Scarlett menjadi salah satu brand skincare yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Kira-kira apa rahasianya?

Sebagai brand lokal, tak tanggung-tanggung Scarlett berhasil menggandeng aktor Korea Selatan papan atas bernama Song Jong Ki sebagai brand ambassador produknya. Bisa dikatakan cara ini cukup ampuh meningkatkan brand awareness produk tersebut melalui kepopuleran sang aktor. Wajar saja, mengingat tingginya pecinta drama Korea di Indonesia tentu akan menjadi peluang bagus dengan menerapkan strategi tersebut. 

Bukan hanya artis Korea Selatan saja, Scarlett juga berkolaborasi dengan beberapa selebritis maupun youtuber ternama di Indonesia seperti Rossa dan Ria Ricis. Dengan begitu, produk Scarlett menjadi lebih populer dan makin dikenal masyarakat lebih luas sehingga mendongkrak penjualannya. 

Maka, tak mengherankan jika Scarlett menduduki peringkat pertama sebagai brand serum yang banyak digunakan. Data penjualan pada periode 16-31 Agustus tersebut menunjukkan bahwa pendapatan dari penjualan serum Scarlett mencapai Rp4.4 miliar dengan presentasi sebesar 9,27%. Padahal, top brand serum di e-commerce pada periode awal 2022 adalah Implora. 

Selain itu, kepopuleran Scarlett juga didukung dengan kualitas produknya. Banyak yang memilih menggunakan produk tersebut karena manfaat dan karakteristik produk yang menyesuaikan permasalahan kulit wanita Indonesia. Scarlett saat ini telah menghadirkan 5 produk serum dikhususkan untuk mencerahkan wajah, mengatasi masalah jerawat, dan membuat wajah glowing.  

2. Somethinc

Top 10 brand serum wajah terlaris 2022 berikutnya adalah Somethinc dengan jumlah sales volume mencapai 8,94%. Sementara sales revenue produk tersebut mencapai Rp3.8 miliar, tidak berbeda jauh dengan Scarlett. Tentunya, ada strategi marketing khusus dibalik kesuksesan brand ini. 

Sama halnya dengan Scarlett, Somethinc juga menggandeng artis Korea Selatan bernama Han Soo Hee. Aktris tersebut banyak dikenal masyarakat Indonesia lewat serial dramanya sekaligus karena parasnya yang cantik dengan wajah glowing. Somethinc ingin menunjukkan brand produk kecantikannya dengan memilih aktris Korea Selatan tersebut sebagai visualnya. 

Dalam acara Serum Wonderland pada 6 September 2022 lalu, disebut-sebut Somethinc merupakan sebagai salah satu pemain besar dalam industri kecantikan lokal. Saat ini, Somethinc termasuk brand yang banyak merilis produk serum. Total ada 25 varian serum yang hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kulit wanita Indonesia. 

3. Skintific

Top 10 brand serum wajah terlaris 2022 selanjutnya yang berada pada posisi tiga, yakni Skintific. Brand tersebut termasuk menghasilkan pendapatan tinggi, yakni sebesar Rp 4.8 miliar. Namun, persentase sales volumenya hanya mencapai 5,96% dengan sales quantity sebesar 22,1K. Dibandingkan dengan beberapa produk lainnya, Skintific termasuk brand yang meningkat pesat dari periode sebelumnya pada posisi ke-8 menjadi ke-3. 

Salah satu jenis serum Skintific yang turut andil meningkatkan penjualannya ini adalah Skintific 5x Ceramide Barrier Serum. Belakangan ini, skin barrier menjadi topik yang banyak dibahas sehingga meningkatkan brand awareness masyarakat akan hal tersebut. 

Tim Compas menilai bahwa secara tidak langsung penamaan produk serum di e-commerce juga menjadi daya tarik bagi konsumen. Banyak orang mulai menyadari pentingnya merawat skin barrier wajah. Melihat kandungan, manfaat, dan nama produk membuat konsumen jadi tertarik menggunakan serum tersebut sehingga penjualannya pun naik. 

4. Azarine

Brand serum wajah terlaris 2022 yang satu ini juga tidak mau ketinggalan menerapkan strategi marketing dengan berkolaborasi bersama artis Korea Selatan. Kali ini, Azarine memilih Lee Min Ho sebagai brand ambassador produknya. Menurut pantauan Tim Compas, brand tersebut naik popularitasnya semenjak menunjuk  Lee Min Ho sebagai BA. 

Jangan salah, Azarine juga meningkatkan performanya dengan menghadirkan beragam produk skincare seperti rangkaian series serum dengan formula baru. Harga produknya juga relatif lebih murah dibandingkan beberapa kompetitor. Namun, bukan berarti kualitas produk Azarine murahan.

Terbukti, Azarine telah berhasil memperoleh rating yang tinggi dari berbagai platform seperti Female Daily. Hal ini membuktikan bahwa Azarine masuk kategori yang berkualitas dan jadi favorit. Selain itu, brand tersebut juga menawarkan kandungan bahan yang alami sehingga menjadi kelebihan tersendiri. 

5. Avoskin

Pencapaian sales volume sebesar 5,75% membuat Avoskin masuk dalam jajaran top 10 brand serum wajah terlaris 2022 pada urutan ke-5. Meski namanya tidak terdengar lokal, ternyata produk ternama ini merupakan buatan asli Indonesia. Brand ini berada di bawah naungan PT AVO Innovation & Technology yang didirikan pada tahun 2014 oleh Anugrah Pakerti. 

Dibandingkan dengan beberapa produk lokal yang ada, harga serum Avoskin terbilang relatif lebih mahal. Namun, hal tersebut juga setara dengan kualitasnya. Harga produknya mencapai kisaran ratusan ribu ke atas, sedangkan sebagian produk lokal masih di bawah Rp100 ribu. 

Meski demikian, Avoskin tetap jadi pilihan serum favorit. Data tim Compas membuktikan produk Avoskin masih masuk dalam top 10 brand serum wajah terlaris 2022 pada periode minggu pertama bulan Agustus. Bagaimana strateginya? 

Sama dengan brand-brand sebelumnya, Avoskin juga berkolaborasi dengan aktor Korea Selatan bernama Park Hyung Sik. Pemilihan sang aktor tersebut tidak lantas menggambarkan standar kecantikan dan kesehatan kulit menurut Avoskin, tapi hanya sebagai BA saja. Ini diungkapkan secara langsung melalui OA @avoskinbeauty di Instagram.

6. Garnier

Garnier menduduki peringkat ke-6 sebagai brand serum wajah terlaris 2022 dengan sales volume mencapai 5,62% dan total pendapatan sebesar Rp2.1 miliar. Brand ini termasuk pemain lama dalam industri kecantikan sehingga popularitasnya tidak perlu diragukan. 

Hal yang menarik dari produk serum Garnier dibandingkan brand lainnya, yakni formulanya. Sebagian besar serum menawarkan kandungan berupa Niacinamide atau retinol. Sementara produk serum brand tersebut berfokus pada kandungan vitamin C, Hyaluron, dan ekstrak bunga sakura. 

Hasil pantauan tim Compas menemukan bahwa banyak yang telah membuktikan keampuhan serum Garnier ini. Hal ini terbukti dari berbagai review yang ada di internet khususnya melalui media sosial. 

Selain itu, Garnier juga menawarkan produk dalam kemasan instan sehingga cocok untuk pemula yang ingin mencoba. Harganya juga lebih terjangkau, yakni di bawah Rp 20.000. Tentunya, ini sangat menarik bagi konsumen baru yang ingin coba-coba. 

7. Whitelab

Posisi ketujuh dari top 10 brand serum wajah terlaris 2022 diraih oleh Whitelab dengan total pendapatan mencapai Rp2.3 miliar. Sementara sales volume-nya memiliki persentase 5,05%. Whitelab ini juga termasuk brand lokal Indonesia yang turut meramaikan pemilihan artis Korea Selatan sebagai brand ambassador

Oh Sehun, idol dari boyband EXO tersebut memang memiliki tampan rupawan dan sangat populer di kalangan pecinta Kpop. Strategi ini dirasa cukup manjur untuk menaikkan nama brand di mata masyarakat terutama kaum perempuan yang jadi fangirl EXO.

Jenis produk serum yang laris terjual dari brand ini adalah Whitelab Brightening Face Serum. Sekarang ini, jenis serum dengan label whitening atau brightening banyak peminatnya karena merebaknya tren wajah glowing. Kondisi ini membuat konsumen berbondong-bondong berburu serum yang cocok seperti produk Whitelab tersebut. 

8. Eiem Beauty

Ini merupakan pencapaian terbesar brand Eiem Beauty karena berhasil menggeser brand ternama seperti Wardah. Pada posisi kedelapan tersebut, brand ini mampu mencapai sales volume hingga 5,02%. Berbeda tipis dengan brand sebelumnya. 

Brand ini termasuk masih baru di antara beberapa top brand serum yang ada di Indonesia. Bahkan, brand tersebut juga belum memiliki situs resmi yang pada umumnya telah dimiliki top brand. Hal ini membuat banyak orang meragukan legalitas brand

Faktanya, produk-produk brand tersebut sudah mengantongi label BPOM. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat menjadi meningkat dan mendorong penjualan produk. Maka, tidak mengherankan jika Eiem Beauty berhasil menjadi salah satu brand serum wajah terlaris 2022.

9. Wardah

Brand ini sering masuk dalam top 10 brand serum wajah terlaris 2022 di Indonesia. Ini bukanlah hal yang mengejutkan jika menelusuri perkembangan Wardah yang sudah lama menjadi pemain dalam industri perawatan dan kecantikan. Pada periode 16-31 Agustus 2022, Wardah meraih pendapatan hingga Rp598.7 juta dengan sales volume sebesar 2,85%. 

Meski kalah unggul dengan brand lainnya, Wardah tetap memiliki konsumen sejati. Terbukti hingga saat ini brand tersebut masih eksis dari dulu hingga sekarang. Hal tersebut tidak lepas dari serangkaian inovasi Wardah yang menghadirkan berbagai produk skincare baru. 

Uniknya lagi, Wardah memiliki strategi marketing yang tidak ada pada beberapa brand besar yang ada. Strategi tersebut, yaitu meluncurkan aneka produk kecantikan yang halal. Hal ini memberi kesan bahwa produk kecantikan yang halal adalah Wardah. 

Bagi masyarakat Indonesia yang didominasi muslim, tentu menjadi pertimbangan dalam memilih produk kecantikan. Sebab itu, Wardah masih jadi pilihan terbaik meski banyak brand  baru hadir sebagai pesaing. 

10. Hanasui

Tidak beda jauh dengan Wardah, brand ini meraih sales volume dengan persentase sebesar 2,07%. Total pendapatan yang diperoleh Hanasui, yaitu mencapai Rp193.6 juta. Berdasarkan analisis tim Compas, brand ini termasuk yang paling melejit pencapaiannya. Bermula dari posisi ke-15 pada top 10 brand serum wajah terlaris 2022 periode sebelumnya, kini berhasil masuk sepuluh besar. 

Riset tim Compas juga menemukan hal ini dilatarbelakangi oleh strategi digital marketing yang berhasil Hanasui lakukan. Saat pandemi, tim marketing Hanasui berfokus pada promosi dan membangun awareness melalui berbagai platform. Hanasui juga mengikuti beberapa kampanye di marketplace sekaligus berkolaborasi dengan online store melalui sistem reseller

Kesimpulan

Melalui riset yang dilakukan tim Compas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar 10 top brand serum wajah terlaris 2022 pada periode ini dikuasai oleh brand lokal Indonesia. Ini membuktikan bahwa pelaku usaha dalam negeri di industri kecantikan telah sukses menjalankan strategi marketingnya. Dari pengamatan juga diketahui bahwa beberapa top brand lokal mampu memanfaatkan peluang Korean Wave di Indonesia dengan cara memilih brand ambassador dari Korea Selatan. 

Strategi semacam itu juga perlu diimbangi dengan penentuan target yang tepat sasaran. Dalam menerapkan strategi digital marketing, perusahaan harus melakukan riset untuk mengetahui target pasar. Melalui data Compas Dasboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.