penjualan serum bulan juni

Penjualan Serum Wajah Bulan Juni 2021 di Shopee Tembus Rp 148 Miliar! Serum Lokal Menjuarai

Brand lokal terus mengibarkan benderanya demi mendapat konsumen yang banyak. Berdasarkan riset internal tim Compas, pada bulan Juni 2021 saja, penjualan kategori produk serum di official stores Shopee mencapai Rp148,02 miliar. Dari total penjualan tersebut, 6 brand serum lokal berhasil masuk ke daftar top 10 produk.

Kira-kira seperti apa rinciannya, ya? Untuk mengetahui performa tiap brand serum lokal, tim internal Compas telah merangkum riset data penjualan serum lokal di Shopee pada bulan Juni 2021. Simak selengkapnya disini.

Serum Lokal Terbaik 2021

penjualan serum

1. Somethinc

Somethinc berhasil menduduki posisi pertama dalam penjualan produk kategori serum wajah secara keseluruhan di bulan Juni 2021. Brand ini berhasil mendapatkan total penjualan sebesar Rp7,84 miliar di Shopee official store.

Data yang dikumpulkan tim Compas menunjukkan bahwa total penjualan tersebut berasal dari kurang lebih 68 ribu transaksi yang terjadi selama bulan Juni 2021.

Walaupun termasuk brand yang baru rilis tahun 2019 lalu, Somethinc cukup populer di kalangan pecinta skincare karena formulanya yang ringan. Produk serum Somethinc pun beragam untuk segala rentang usia, dari remaja hingga orang dewasa.

2. Bening’s

Brand skincare milik Dr. Okky Pratama ini berhasil menempati peringkat kedua untuk kategori produk Serum Wajah di Shopee pada Juni 2021. Dengan total nilai penjualan sebesar Rp4,25 Miliar, Bening’s melampaui brand lainnya di Shopee untuk penjualan Serum Wajah pada bulan Juni 2021.

Bening’s memiliki 5 varian serum di Shopee yang sesuai dengan kebutuhan kulit orang Indonesia. Beberapa variannya yaitu serum dark spot, acne, gold, whitening, dan anti-aging.

Baca juga: Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar

3. Scarlett

Semenjak dirilis pada pertengahan tahun 2020 lalu, serum keluaran Scarlett ini berhasil mendapatkan banyak perhatian. Total penjualannya pada bulan Juni 2021 mencapai Rp3,76 miliar.

Hasil riset internal tim Compas menunjukkan bahwa total penjualan tersebut didapat dari sekitar 51 ribu transaksi di e-commerce Shopee.

Menggandeng para micro influencer di TikTok, brand Scarlett ini berhasil meraih popularitas di platform tersebut. Ditambah lagi, serum ini memiliki 2 varian yang dapat menyelesaikan masalah kulit kebanyakan orang Indonesia, yaitu meredakan kulit berjerawat dan mencerahkan.

4. Bio Beauty Lab

Serum lokal terlaris selanjutnya merupakan produk dari Bio Beauty Lab. Terbukti dari data riset internal tim Compas di Shopee, kurang lebih 8 ribu transaksi telah dilakukan dan menghasilkan nilai penjualan sebesar Rp2,12 miliar pada periode Juni 2021.

Merek lokal ini berfokus pada produk face oil yang menggunakan bahan natural 100%. Selain produk face oil, merek ini juga memiliki produk essence yang berfungsi memaksimalkan kerja serum saat layering skincare.

5. Avoskin

Beberapa waktu ke belakang ini, Avoskin memang menjadi brand lokal yang ramai dibicarakan sejak mengenalkan rangkaian produk barunya, Your Skin Bae. Selain sempat menjadi trending topic di Twitter, video dengan hashtag Avoskin telah mencapai 314,3 juta penonton di platform TikTok.

Tak hanya ramai dibicarakan, penjualan produk Avoskin juga cukup tinggi di Shopee. Pada Juni 2021, tim internal Compas mencatat penjualan serum Avoskin mencapai Rp2,03 miliar di Shopee dengan total kurang lebih 9 ribu transaksi.

6. WhiteLab

Brand WhiteLab sukses menjual produk serumnya hingga memperoleh total nilai penjualan sebesar Rp1,96 miliar pada bulan Juni 2021. Nilai penjualan tersebut didapat dari 21 ribu transaksi di Shopee.

WhiteLab menawarkan berbagai rangkaian produk dengan kegunaan yang berbeda pula. Selain serum, brand lokal ini juga menjual toner, eye cream, masker, hingga produk perawatan tubuh.

Tips Meningkatkan Penjualan Serum Lokal

Melihat data-data di atas, bisa dikatakan bahwa serum lokal saat ini sedang naik daun. Anda juga bisa menjadi yang teratas di penjualan e-commerce terlaris dengan 4 tips mudah. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut, ya.

1. Bangun komunitas

Generasi muda saat ini kebanyakan memiliki “hidden desire” atau keinginan mendalam untuk terhubung dengan brand yang mereka gunakan. Mereka ingin saling berbagi dengan sesama pengguna produk atau bahkan brand itu sendiri. Untuk itu, alangkah baiknya jika brand Anda dapat memfasilitasi hal ini.

Anda bisa membuat komunitas melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, hingga TikTok agar tetap terhubung dengan para konsumen. Melalui platform tersebut, mereka bisa sekedar berbagi pengalaman terhadap produk atau bahkan memberi rekomendasi produk Anda kepada pelanggan baru.

2. Bekerjasama dengan micro-influencers

Micro-influencers merupakan sebutan untuk pengguna yang dapat memberi impact walaupun tidak memiliki jutaan pengikut di sosial media. Para influencers ini dapat membangun kepercayaan para pengikutnya dengan sering berinteraksi atau mengadakan diskusi.

Sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan mereka, Anda dapat mengecek terlebih dahulu mengenai engagement dari akun micro influencers. Semakin tinggi engagement, maka semakin besar pula kemampuan mereka untuk memasarkan produk Anda.

Sebagai contoh, brand Scarlett telah bekerjasama dengan micro-influencers di platform TikTok. Dengan repost konten yang diunggah para influencers tersebut, brand ini berhasil meraih ranking 3 dari serum lokal terlaris di Shopee.

3. Tingkatkan content marketing

Konten marketing merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang paling penting. Anda dapat mencapai target audience yang lebih luas dan memperkuat loyalitas pelanggan jika mengaplikasikan strategi ini dengan benar.

Ketika menerapkan strategi content marketing, buatlah konten yang dapat berinteraksi dan relevan dengan target audience Anda. Misalnya, konten tips aturan layer serum yang tepat dengan menggunakan produk Anda seperti yang dibuat oleh brand Somethinc.

4. Analisa pasar

Cara terakhir yang paling penting dalam meningkatkan penjualan serum lokal adalah dengan melakukan analisa pasar. Pelajari bagaimana posisi brand jika Anda memutuskan untuk masuk ke e-commerce tertentu.

Ketahui pula kompetitor Anda dan strategi mereka dalam melakukan pemasaran produk. Analisa pasar ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan tools, salah satunya Compas Dashboard. Anda dapat melihat performa penjualan produk Anda dibandingkan para pesaing di e-commerce terbesar di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia.

Nah, itu tadi tips menaikkan penjualan beserta data serum lokal terlaris di Shopee. Produk kecantikan lokal saat ini mampu bersaing dengan brand internasional, terbukti dari top 10 terlaris, 6 brand lokal merajai rankingnya.

Share di comment, menurut Anda, apa yang dapat dilakukan bagi para bisnis owner untuk dapat meningkatkan performa online mereka? Yuk, chat dengan kami untuk mendapatkan data terkait dengan kategori bisnis yang sedang anda jalani dan mulai langkah optimasi penjualan Anda!

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.