logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Ini Dia 5 Produk Paling Laris di Shopee

Ini Dia 5 Produk Paling Laris di Shopee

Ini Dia 5 Produk Paling Laris di Shopee

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Berjualan produk di e-commerce sekarang ini kian menggiurkan. Melalui e-commerce, perusahaan dapat menjual produknya tanpa batasan area geografis dan konsumen bebas mengakses produk tersebut. 

Melansir dari Databoks, banyak pengusaha mengaku alasan memilih berjualan online karena 63% waktunya lebih fleksibel. Ditambah lagi, nilai transaksi ekonomi di e-commerce juga begitu legit, contohnya di Shopee. 

Laporan Sea Group menemukan, Shopee, platform e-commerce asal Singapura tersebut berhasil meraih transaksi bruto senilai US$62.5 miliar pada 2021. Nilai tersebut lebih tinggi 76,5% dibandingkan pada periode sebelumnya. 

Sementara menurut data Similarweb, situs Shopee menerima 190,7 juta kunjungan dari Indonesia per Agustus 2022. Sebab itu, menjalankan bisnis online di e-commerce tersebut besar potensinya untuk menaikkan penjualan. 

Baca juga: 10 Produk Terlaris di Tokopedia Tahun 2022

5 Produk Paling Laris di Shopee Kategori Beauty&Care

5 Produk Paling Laris di Shopee Kategori Beauty&Care

Riset Tim Compas mengungkap, nilai total transaksi produk perawatan kecantikan di e-commerce sukses menembus angka Rp20 miliar pada awal tahun 2021. Salah satu produk paling laris berasal dari produk perawatan tubuh seperti body lotion dengan market share sebesar 57%.

Lantas, bagaimana dengan tahun 2022 sekarang? Simak, daftar produk Beauty&Care paling laris di Shopee berikut ini. 

1. Pembersih wajah

Produk paling laris di Shopee kategori Beauty&Care yang pertama berasal dari produk pembersih wajah. Selama periode April – Juni 2022, produk pembersih wajah mencapai ludes terjuang hingga 1,8 juta produk.

Pembersih wajah merupakan salah satu rangkaian produk skincare yang wajib untuk merawat skin barrier. Menurut data Compas Dashboard, MS Glow Facial Wash merupakan salah satu produk pembersih wajah yang berhasil masuk jajaran top produk. 

2. Lipstik

Berikutnya, ada produk lipstik. Hanya dalam rentang tiga bulan, produk tersebut laku terjual sampai 1,7 juta produk. Bahkan, penjualan produk lipstik di Shopee dan Tokopedia meraih angka Rp14.8 miliar dalam waktu dua minggu saja pada periode 16-31 Agustus 2022. 

Bicara soal brand lipstik, brand kosmetik global asal Amerika masih bertahan sebagai juaranya. Brand tersebut juga meraih posisi stau sebagai top brand lipstik di Shopee pada tahun 2021. Kemudian, disusul beberapa brand lokal seperti Make Over dan Madame Gie. 

3. Serum wajah

Melakukan perawatan wajah tak lengkap rasanya tanpa menggunakan serum. Serum menawarkan banyak manfaat terutama bagi yang ingin memiliki kulit wajah glowing dan sehat. 

Tak mengherankan jika serum termasuk produk paling laris di Shopee. Data Compas Dashboard mencatat, penjualan serum bahkan tembus Rp148 miliar pada bulan Juni 2021. Sementara pada kuartal II tahun 2022 ini, penjualannya naik menjadi Rp181.7 miliar. 

Kerennya lagi, brand lokal mendominasi penjualan produk serum tersebut. Beberapa brand lokal serum tersebut di antaranya Somethinc, Scarlett, Whitelab, Avoskin, dan lainnya. 

Baca juga: 5 Produk F&B Unilever Terlaris di e-Commerce Indonesia

4. Pelembab wajah

Kali ini, ada produk pelembab wajah dengan sales quantity mencapai 1,6 juta produk. Larisnya penjualan produk pelembab wajah juga mendorong berbagai brand Beauty&Care lokal untuk meluncurkan produk ini. 

Produk pelembab wajah yang populer di e-commerce juga didominasi oleh beberapa brand lokal tersebut. Siapa saja? Data Compas Dashboard menyebutkan di antaranya brand MS Glow, Wardah, Whitelab, dan Scarlett. 

5. Body Lotion Body Butter

Produk paling laris di Shopee kategori Beauty&Care selanjutnya, yaitu body lotion body butter. Produk ini mencapai angka penjualan sebesar 1,4 juta produk. 

Menurut catatan Compas Dashboard, produk body lotion dari Scarlett termasuk yang paling populer di e-commerce. Bahkan, brand tersebut sempat meraih prestasi dengan penjualan lebih dari Rp7 miliar dalam dua minggu saja. 

5 Produk Paling Laris di Shopee Kategori F&B

5 Produk Paling Laris di Shopee Kategori F&B

Produk dalam kategori F&B merupakan kebutuhan pokok konsumen. Menjual produk tersebut di e-commerce sama halnya menjalankan bisnis yang tidak ada matinya karena selalu dibutuhkan. Apa saja produk F&B terlaris di Shopee periode ini? Simak, selengkapnya di sini.

Baca juga: Ini 5 Brand yang Berpotensi Duduki Top 10 Produk Perawatan Rambut!

1. Mie pasta instan

Meski Indonesia bukanlah negara produsen gandum, tapi tingkat konsumsi produk mi pada masyarakatnya sangatlah tinggi. Terbukti, produk mi pasta instan jadi produk paling laris di Shopee dengan sales quantity mencapai 500 ribu produk lebih. 

Siapakah brand mie pasta instan terfavorit konsumen Indonesia? Sudah jelas dari Indomie, brand lokal tersebut kokoh di pasar produk mi instan sejak awal tahun 2022 dengan sales volume sebesar 40,5%. Adapun brand lokal lainnya yang tidak kalah laris, yaitu Sedaap, Pop Mie, dan Lemonilo.

2. Biskuit kue kering

Produk terlaris kategori F&B yang satu ini banyak digemari konsumen pecinta manis. Produk biskuit kue kering laris manis dengan 500 ribu produk lebih laku terjual. 

Menurut pantauan Tim Compas, penjualan produk tersebut memang melonjak penjualannya saat momen-momen tertentu, misalnya menjelang perayaan Imlek. Maka, bukanlah hal yang mengejutkan jika bisnis ini menjamur saat hari raya besar. 

Bagi Anda yang tertarik bisnis ini, alangkah baiknya memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan promosi atau inovasi pada produk seperti menghadirkan varian rasa baru. Dengan begitu, bisnis biskuit kue kering Anda siap memaksimalkan penjualan pada momen tersebut. 

Baca juga: 4 Kategori Serum Wajah Terfavorit dari 10 Produk Terlaris Periode 16-31 Agustus 2022

3. Kecap sambal

Produk kecap sambal meraih posisi ketiga produk paling laris di Shopee kategori F&B dengan sales quantity sebesar 373 ribu produk lebih. Menariknya, sebagian besar produk tersebut dikuasai produk sambal olahan seperti sambal cumi, sambal pete, dan lainnya. 

Jualan produk semacam ini tentunya akan selalu dibutuhkan konsumen mengingat masyarakat Indonesia sangat suka sambal. Apalagi dikemas secara instan sehingga mendorong daya tarik konsumen untuk membelinya lantaran praktis. 

4. Bumbu instan

Berbagai hal yang praktis memang menarik mata karena lebih efisien dan efektif termasuk bumbu instan. Produk bumbu instan ini telah terjual lebih dari 255 ribu produk sepanjang April – Juni 2022 di Shopee. 

Data tersebut membuktikan bahwa konsumen Indonesia begitu menggemari produk F&B yang instan. Apalagi bagi ibu rumah tangga, bumbu instan adalah solusi praktis memasak jadi lebih cepat. Beberapa produk bumbu instan yang populer, yaitu bumbu nasi goreng, sop, gulai, kare, tempe goreng, dan sebagainya. 

5. Teh

Produk terlaris di Shopee pada kategori F&B dengan urutan kelima berasal dari sub kategori teh. Teh jadi minuman primadona dengan sales quantity lebih dari 219 ribu produk terjual. 

Pada awal Januari 2022, konsumen lebih banyak memilih produk teh lokal ketimbang impor. Brand teh tersebut di antaranya Tong Tji, SariWangi, dan Sosro. 

Semoga informasi mengenai produk paling laris di Shopee ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi bisnis Anda. Sebagai catatan, setiap bisnis pasti membutuhkan data penjualan tersebut sebagai bahan dalam menjalankan strategi usaha. Perusahaan dapat memperolehnya dengan melakukan riset pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.