logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Jadi Favorit, ini 10 Top Brand Serum Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia!

Jadi Favorit, ini 10 Top Brand Serum Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Serum wajah menjadi salah satu kategori yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google berdasarkan riset melalui Ahrefs.

Dilansir dari hellosehat.com, serum diklaim ampuh mengatasi permasalahan wajah. Sebab, bahan-bahan berkonsentrasi tinggi yang terkandung dalam serum membuatnya mampu menembus bagian dalam kulit dengan lebih cepat dan merata dibanding skincare lain.

Tak heran, para beauty brand kini berlomba-lomba menciptakan produk serumnya masing-masing. Popularitas serum menghasilkan performa penjualan yang kompetitif pada masing-masing brand.

Dari kompetisi ini, Tim Compas menemukan hal yang menarik. Pada periode 14—28 Februari 2022, Implora jadi juara satu untuk serum wajah terlaris. Saat periode selanjutnya pun—  yakni 1—15 Maret 2022— peringkat pertama brand dengan produk serum terlaris juga masih diduduki oleh Implora.

Namun, pada periode terbaru di awal Juni lalu, Implora tergeser ke peringkat 8! Alih-alih, Somethinc berhasil merebut gelar tersebut dari Implora. Selain Somethinc dan Implora, brand apa saja yang berhasil menempati 10 top brand serum terlaris 2022?

 

Data Penjualan Serum Terlaris 2022 Periode 14—28 Juni

data penjualan 10 top brand serum terlaris 2022

 

1. Somethinc

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Somethinc berhasil menyabet puncak top brand serum terlaris 2022 dengan sales volume di angka 12,25%. 

Didirikan tahun 2019 oleh Irene Ursula, beauty brand yang satu ini terbentuk karena pendirinya menemukan kesenjangan di pasar terhadap industri kecantikan lokal yang masih lemah. 

Atas dasar itulah, Somethinc dimulai dengan mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan iklim di Indonesia.

Di balik kesuksesannya, tim Compas menemukan bahwa mereka kerap melakukan kerjasama dengan idol K-pop dan rutin mengadakan diskon produk.

Hasilnya, terdapat salah satu produk terlarisnya dalam kategori ini, yakni Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum yang berguna untuk memperbaiki struktur kulit, menyamarkan noda hitam hingga mengatasi jerawat.

 

2. Scarlett

Selanjutnya, Siapa yang tidak mengenal brand kecantikan ini? Brand yang berdiri sejak tahun 2017 ini dan didirikan oleh artis terkenal Felicya Angelista, kini semakin sukses, terbukti dengan menduduki peringkat pertama dalam daftar top rank serum wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 10,11%.

Kesuksesan Scarlett tentu diiringi dengan strategi marketing yang mereka lakukan untuk mendekatkan diri pada konsumennya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan channel artis dan influencer untuk mempromosikan produknya. Selain itu, local brand ini juga kerap kali menerapkan event diskon produk dan giveaway, baik itu melalui media sosial maupun e-commerce

Adapun produk terlaris dalam kategori serum wajah, yaitu Scarlett Whitening Acne Serum yang mengandung tea tree water dan salicylic serta diklaim mampu membersihkan pori-pori dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

 

3. Garnier

Kalau mendengar nama “Garnier”, salah satu yang langsung tebersit di kepala adalah produk skincare-nya. Kini, brand asal prancis menduduki peringkat ketiga di jajaran top brand serum terlaris 2022 dengan jumlah sales volume sebesar  6,47%. 

Melansir dari laman Best Present Guide, Garnier selalu laris di pasaran karena konsisten menggunakan bahan alami yang ramah untuk perawatan.

Kedudukan brand Garnier di peringkat 3 ini tak terlepas dari beberapa strategi marketing yang telah diterapkannya, mulai dari menggaet artis-artis untuk mempromosikan produk, mengadakan promosi diskon produk hingga menerapkan sistem bundling.

Salah  produk terlaris dalam kategori ini adalah Garnier Light Complete Whitening Serum Cream yang diklaim bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah hingga 3 tingkat, menyamarkan noda hitam, dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

 

4. Avoskin

Peringkat 4 dari daftar top brand serum terlaris 2022 pada periode ini diduduki oleh brand Avoskin dengan angka sales volume yang mencapai 5,55%.  

Dilihat dari track record-nya, brand lokal yang satu ini sudah sering mendapat respons positif karena mempunyai inovasi pada produknya 

Untuk menjangkau konsumennya, Avoskin turut menerapkan beberapa strategi marketing. Diantaranya melakukan giveaway dan campaign produk hingga berinovasi dalam menciptakan produk baru. 

Hasilnya, kini terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori ini yaitu Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% yang bermanfaat dalam mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat.

 

5. Whitelab

White lab yang juga masih merupakan brand lokal menduduki peringkat kesembilan dalam penjualan merk serum terlaris 2022  dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 5,35%. Meski baru hadir pada tahun 2020, Whitelab telah berhasil merebut hati masyarakat indonesia. 

Di balik kesuksesan brand ini dalam menjual berbagai produk kecantikannya, terdapat beberapa strategi marketing yang mereka lakukan seperti giveaway hingga menggunakan jasa influencer untuk membantu mempromosikan produknya.

Hasilnya, pada kategori ini terdapat produk terlarisnya yaitu  Whitelab Brightening Face Serum yang bekerja maksimal untuk dalam mencerahkan kulit, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

 

6. Wardah

Selanjutnya Wardah, brand lokal berhasil  menduduki peringkat ketujuh dalam daftar top rank serum wajah terlaris dengan jumlah sales mencapai volume 3,56%. Brand legendaris ini mempunyai daya tarik tersendiri karena mempredikatkan dengan brand kosmetik halal.

Berdasarkan pantauan tim Compas terdapat berbagai strategi marketing yang mereka terapkan dalam menjangkau konsumen, diantaranya dengan melakukan diskon produk, campaign hingga menciptakan inovasi produk baru.

Buah dari upaya tersebut, kini terdapat produk Wardah dalam kategori serum terlaris 2022, yaitu produk terlaris Wardah Lightening Serum Ampoule yang merupakan serum bertekstur cair yang berguna untuk mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat.

 

7. Skintific

Pada dua periode sebelumnya (14—28 Februari 2022 dan 1—15 Maret 2022), Skintific memang belum berhasil memasuki jajaran 10 top brand serum terlaris 2022. Namun, per periode Juni ini, brand tersebut akhirnya sukses menduduki peringkat 7 dengan capaian sales volume di angka 3,32%.

Produk terlarisnya di Shopee adalah SKINTIFIC  10% Niacinamide Brightening Serum Glowing Skin and Hydrating ukuran 20ml yang terjual lebih dari 1.000 pcs per bulannya.

 

8. Implora

Berbeda dengan Skintific, Implora justru selalu menempati tahta peringkat 1 dalam daftar top brand serum terlaris. Akan tetapi, keadaan jadi jauh berbeda di periode 14—28 Juni ini.

Berdasarkan Compas Dashboard, Implora mengalami penurunan peringkat dan sekarang menduduki peringkat 8 dengan angka sales volume sebesar 3,09%. Beda tipis dengan Skintific.

Produk yang jadi jagoan dalam daftar 0 top brand serum terlaris pada periode ini, yakni serum wajah Implora (Face Serum) yang memiliki manfaat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam meminimalisir munculnya jerawat, dan membantu mencegah penuaan dini.

 

9. Y.O.U

Beauty brand selanjutnya adalah yang baru-baru ini menggaet artis Kin Soo Hyun untuk mempromosikan produk brightening-nya.

Yup, siapa lagi kalau bukan Y.O.U! Dengan perolehan sales volume sebesar 2,45%, merek yang satu ini sukses menjajaki peringkat 9 dalam jajaran 10 top brand serum terlaris 2022.

Dua produk terlarisnya adalah YOU Golden Age Refining Serum ukuran 5 ml dan YOU Radiance Up! × KIM SOO HYUN 3 Step BRIGHTER SKIN LOOK Bundle Set. Kalau dijumlahkan, kedua produk tersebut meraih sales quantity di angka 1.483 di official store Shopee.

 

10. Eiem Beauty

Beauty brand yang jadi penutup dalam pembahasan top rank kali ini adalah Eiem Beauty dengan perolehan sales volume di angka 2,38% selama periode 14—28 Juni 2022.

Produk terlarisnya, yakni Eiem Beauty Acne + Anti Aging Serum telah terjual di Shopee sebanyak +10.000 pcs dalam waktu kurang dari 30 hari. Serum ini terbilang affordable karena dibanderol seharga Rp38.700 saja.

Eiem Beauty bahkan mengklaim bahwa produk serum andalannya ini terjual sebanyak 2 pcs per menitnya.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa dalam kompetisi antar brand, bukan hal mustahil untuk terjadi perubahan ranking urutan top brand. Terlebih, mengingat serum adalah salah satu produk kecantikan yang paling banyak dicari.

Terbukti, jika dibandingkan dengan top brand serum terlaris pada periode lalu, urutan ranking brand pada 14—28 Juni banyak mengalami perubahan. 

Salah satu yang paling menonjol adalah turunnya Implora dari ranking 1 ke ranking 8 dan masuknya Skintific di peringkat 7 setelah sekian lama tidak pernah masuk jajaran 10 top brand serum terlaris 2022.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.