Atasi Bibir Kering di Bulan Puasa, Ini 10 Top Brand Lip Scrub Terlaris 2022 di Shopee
Author : Raga Putra Wiwaha
Compas.co.id- Bibir merupakan salah satu bagian kulit yang mengalami penuaan seperti garis halus dan kerutan dengan mudah, lho. Karena itu, penting menggunakan perawatan bibir dengan rutin, terutama jika tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Hal ini juga yang membuat lip scrub terlaris di Shopee didominasi brand lokal.
Menggunakan produk kecantikan bibir bagi kaum wanita memang menjadi salah satu hal yang tak bisa terlewatkan. Produk ini kian populer karena dapat membuat bibir tampak lembab dan sehat terlebih saat di bulan puasa sekarang. Karena itu, Beberapa brand asal Indonesia kini mulai mengeluarkan produk Lip scrub.
Tim internal Compas telah melakukan riset terhadap penjualan kategori lip scrub terlaris 2022 di Shopee selama periode 1-15 Maret 2022. Metode yang digunakan adalah online crawling pada official dan non-official store di Shopee pada toko yang memiliki rating diatas 4. Compas juga menyediakan insight atau rangkuman singkat dari hasil riset tersebut. Simak artikel di bawah ini, ya!
Top Rank Lip Scrub Terlaris 2022 di Shopee Periode 1-15 Maret
1. Emina
Lokal Pride, Emina berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar top rank lip scrub terlaris 2022 dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 28,7%. Nurhayati wanita sukses dibalik suksesnya brand ini merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang melanjutkan karirnya sebagai apoteker. sejak tahun 1955 ia memulai bisnis kosmetiknya.
Kesuksesan yang Emina dapatkan tidak instan, mereka juga turut menerapkan strategi marketing dalam menjangkau konsumennya seperti melakukan kolaborasi hingga giveaway. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya pada kategori ini yaitu Emina Sugar Rush Lip Scrub 4.2 gr yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memberikan kesan lembut dan lembab pada bibir.
2. Mixiu
Selanjutnya, di peringkat kedua Mixiu berhasil menduduki daftar top rank lip scrub terlaris 2022 dengan memiliki jumlah sales volume hingga 18,0%. Berdasarkan pantauan Compas pada laman instagram resminya.
Mixiu juga menerapkan beberapa strategi marketingnya diantaranya yaitu Testimoni dari para konsumennya, hingga promo produk. hasilnya terdapat salah satu kategori produk terlarisnya yaitu Mixiu Scrub Bibir yang dapat memberikan manfaat mengembalikan warna bibir dan dapat mengangkat sel kulit mati sehingga bibir terlihat lebih halus
3. Noera by Reisha
Di Peringkat ketiga, brand lokal kembali mengisi daftar top rank lip scrub terlaris 2022, kali ini yaitu Noera dengan memiliki jumlah sales volume hingga 16,4%. Brand Noera merupakan brand asli Indonesia dengan mengusung konsep kecantikan alaminya. brand ini juga sudah mempunyai sertifikat BPOM.
Dalam menjangkau para konsumennya, brand ini menerapkan beberapa strategi marketing seperti diskon produk, testimoni pelanggan hingga menciptakan inovasi produk baru yang berkualitas. Hasilnya, kini terdapat salah satu produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu Noera Vita Lip Serum Lip Gel yang dapat membantu menjaga kelembaban bibir, membuat bibir terlihat sehat dan memberikan warna pink natural.
4. Luxcrime
Di peringkat keempat, brand Luxcrime berhasil menduduki daftar top rank lip scrub terlaris 2022 dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 4,2%. Dilansir dari laman website denpasarnow.com bahwa Luxcrime merupakan salah satu brand lokal yang justru laris manis di masa pandemi ini.
Di balik kesuksesannya menjual berbagai produknya di masa pandemi ini tak terlepas dari beberapa strategi marketing yang mereka terapkan seperti melakukan giveaway, open reseller, hingga berinovasi dalam menciptakan produk. Hasilnya kini terdapat salah satu produk terlaris di kategori ini yaitu Luxcrime Duo Lipcare Peach Crush (Lipbalm & Lipscrub) yang berguna untuk menghaluskan permukaan bibir serta meningkatkan warna alami dari bibir.
5. Liplapin
Liplapin merupakan brand lokal yang kembali berhasil mengisi daftar top rank lip scrub terlaris 2022 dengan memiliki jumlah sales volume 3,8%. Dalam menjangkau para konsumennya brand Liplapin turut melakukan strategi marketing, seperti hasil pantauan Compas pada laman instagramnya mereka kerap melakukan giveaway, menggunakan jasa influencer hingga memberi testimoni konsumennya.
Hasilnya, pada kategori ini terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Liplapin Lip Scrub 15 gr yang mempunyai manfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah bibir pecah-pecah serta membantu mencerahkan warna pada bibir yang kusam.
6. Esenses
Esenses yang merupakan brand lokal, berhasil menduduki peringkat keenam dalam daftar top rank lip scrub terlaris 2022 dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 2,9%. Dalam kategori ini terdapat salah satu kategori produk terlarisnya yaitu Esenses Collagen Lip Serum yang memiliki manfaat untuk memberikan warna cerah alami dan mampu membantu membuat bibir tampak lembab.
7. Mineral Botanica
Mineral Botanica berhasil menduduki peringkat ketujuh dalam daftar top rank lip scrub terlaris dengan memiliki jumlah sales volume hingga 2,5%. Anita bersama suaminya yang merupakan pendiri brand ini melahirkan brand ini dengan berdasarkan kebutuhan dan juga mengisi pasar kosmetik dengan inovatif dan menyenangkan. brand ini diklaim menggunakan mineral dan ekstrak tumbuhan dan mengawinkannya dengan teknologi canggih.
Tak cukup dengan teknologi canggih saja, brand ini juga menerapkan beberapa strategi marketing seperti pantauan dari laman instagramnya mereka melakukan giveaway, testimoni pelanggan hingga menciptakan inovasi produk baru. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Mineral Botanica Perfect Lip Treatment Bundle yang dapat membuat kulit tampak lembab serta dapat membantu mengembalikan warna bibir alami.
8. Nacific
Peringkat kedelapan,brand asal Korea Nacific berhasil menduduki daftar top rank lip scrub terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 2,2%. Dilansir dari laman website Suara.com Nacific yang dulunya bernama Natural Pacific juga merilis kosmetik pada tahun 2020 yang diklaim cocok untuk kulit orang indonesia.
Dalam menjangkau konsumennya brand ini melakukan strategi marketing yang terbilang cukup unik, yaitu dengan menggandeng grup K-Pop idol yaitu stray kids yang bertujuan untuk menggaet kaula muda untuk dapat menggunakan produk dari brand ini. hasilnya, terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Nacific Luv Luv Lip Scrub yang diformulasikan tanpa alkohol dan dapat membuat bibir menjadi lembut.
9. Purnama Beauty
Siapa yang tidak mengenal brand ini? Brand lokal yang dimiliki oleh artis lesti kejora ini berhasil menduduki peringkat kesembilan dalam daftar top rank lip scrub terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 2,1%. Dilansir dari laman website lifestyle.sindonews.com alasan lesti terjun ke dunia kosmetik bukan tanpa alasan. Lesti terinspirasi dan tergerak untuk membagikan tips kecantikan bukan hanya kepada penggemarnya namun kepada seluruh wanita.
Tidak hanya mementingkan nama besar seorang lesti, brand ini turut menerapkan strategi marketingnya seperti melakukan promo diskon ramadan,menciptakan inovasi produk baru hingga menjalin kerjasama dengan beberapa brand lainnya. Hasilnya kini terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori ini yaitu Purnama Beauty Lip & Cheek Strawberry Milkshake yang juga merupakan produk multifungsi selain untuk bibir juga bisa digunakan pada pipi
10. Sugar Skincare
Daftar top rank lip scrub terlaris 2022 pada periode ini ditutup dengan brand Sugar Skincare dengan memiliki sales volume 1,9%. Dalam kategori ini brand Sugar Skincare memiliki salah satu produk terlarisnya yaitu Lip Scrub 5 Gram Strawberry By Sugar Skincare yang dapat mengembalikan tampilan warna asli bibir,melembutkan kulit bibir dan mengobati bibir kering, pecah-pecah.
Kesimpulan
Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa performa brand lokal dalam kategori lip scrub teralris 2022 cukup menjanjikan karena berhasil mendominasi top 3 penjualan. salah satunya yaitu dengan brand Emina yang keluar menjadi pemenangnya dalam kategori ini dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 28,7% dengan dibantu menerapkan strategi marketing seperti kolaborasi hingga giveaway. hal tersebut bisa menjadi insight menarik untuk memasarkan produk-produk unggulan kamu!
Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu sekarang? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.
Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Memasuki Ramadan 2022, Compas baru saja merilis laporan data penjualan bulan Ramadan 2021. Laporan tersebut bisa kamu gunakan sebagai insight kamu dalam memasarkan sejumlah produk termasuk di antaranya insight mengenai produk kecantikan di bulan suci ramadhan yang bisa kamu akses di link ini, ya.
Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!
Source : Dashboard Compas.co.id Kategori Kecantikan