logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cari Tahu 5 Produk Terlaris di Shopee dan Cara Risetnya

Cari Tahu 5 Produk Terlaris di Shopee dan Cara Risetnya

Cari Tahu 5 Produk Terlaris di Shopee dan Cara Risetnya

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Setiap pelaku usaha sudah sepatutnya mengenal riset produk. Apalagi bagi para marketer, riset produk adalah skill penting yang harus dikuasai agar strategi bisnis tepat sasaran. 

Bagi Anda yang memiliki bisnis di e-commerce, riset dapat dimulai dari hal dasar seperti produk terlaris di e-commerce tersebut, misalnya Shopee. Riset produk terlaris memiliki banyak manfaat dan cara melakukannya juga tidak sulit. 

Per Agustus 2022 ini, data Similarweb menyebutkan bahwa situs Shopee telah menerima 190,7 juta kunjungan di Indonesia. Dari ratusan juta pengunjung tersebut, tidakkah Anda penasaran produk apa yang paling banyak dicari? Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini.

Manfaat Riset Produk Terlaris di Shopee

Informasi seputar barang terlaris di Shopee bisa Anda peroleh melalui riset produk terlebih dahulu. Melakukan riset produk merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis, terutama dalam menjalankan strateginya. Melalui riset, perusahaan akan memperoleh data yang bisa menjadi acuan untuk mengambil keputusan. 

Data riset tersebut adalah patokan agar setiap keputusan yang diambil perusahaan terukur. Selain itu, riset produk akan mempermudah perusahaan dalam memahami kebutuhan konsumen sekaligus mengenali kompetitornya. 

Dengan demikian, perusahaan dapat menghadirkan produk yang bisa memberikan solusi bagi konsumen dan meningkatkan profit. Sebab itu, melakukan riset produk sangatlah penting bagi keberlanjutan bisnis perusahaan.

Baca juga: Top 10 Brand: Data Penjualan Pembersih Wajah di Shopee dan Tokopedia

4 Tips Riset Produk Terlaris di Shopee

4 Tips Riset Produk Terlaris di Shopee

Punya bisnis di Shopee tapi tidak tahu cara melakukan riset produk terlaris? Yuk, simak dan coba terapkan tips riset produk di Shopee berikut ini. 

1. Memanfaatkan fitur produk terlaris

Dalam aplikasi atau situs Shopee, Anda dapat mencari produk terlaris melalui fitur tersebut secara langsung. Fitur tersebut berada di beranda Shopee. 

Caranya, Anda hanya perlu scroll halaman hingga mencapai tampilan bawah. Secara otomatis akan muncul menu produk terlaris pada rentang waktu tertentu. 

2. Menggunakan fitur pencarian populer

Produk terlaris di Shopee bisa pula ditemukan melalui fitur pencarian populer. Caranya, masukkan kata kunci dalam tab pencarian. 

Lalu, klik Top Sales yang akan menampilkan deretan produk paling laku di Shopee. Anda juga bisa melakukan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan, misalnya hasil pencarian produk terlaris berdasarkan harga, toko, atau metode pembayaran yang tersedia. 

3. Melalui halaman Shopee Mall

Bagi pelaku bisnis yang ingin melihat kompetitor unggulan, dapat memanfaatkan halaman Shopee Mall untuk melakukan pencarian. Pada fitur Top Sales sebelumnya, klik fitur Shopee Mall. 

Maka, akan tampil berbagai jenis produk terlaris yang hanya dijual dari Shopee Mall. Untuk melihat produk unggulan secara umum bisa menggunakan fitur Popular yang berada di halaman Shopee Mall. 

4. Riset praktis melalui fitur Compas Dashboard

Namun, bagi Anda yang membutuhkan data penjualan sesuai kebutuhan dalam waktu cepat dan tepat sebaiknya memakai fitur Compas Dashboard. Fitur tersebut menyediakan berbagai macam data mulai dari top brand, top produk, produk listing, dan lainnya. 

Dengan data tersebut, Anda lebih mudah mengenali kompetitor. Caranya pun sangat praktis, cukup kunjungi situs Compas.co.id lalu masuk ke halaman Compas Dashboard. 

Kemudian, klik menu Produk dan scroll ke bawah. Setelah itu, masukkan kategori produk yang ingin Anda cari dalam kolom pencarian. Lakukan pengisian data dan Tim Compas akan memberikan data yang Anda butuhkan segera. 

Baca juga: Compas Market Insight: Report Shopee 8.8 2022

5 Produk Terlaris di Shopee Kategori Beauty&Care

5 Produk Terlaris di Shopee Kategori Beauty&Care

Dewasa ini, produk Beauty&Care seolah jadi kebutuhan wajib, terutama bagi kalangan beauty enthusiast. Apa saja produk terlaris di Shopee kategori Beauty&Care? Simak, infonya berikut ini.

1. Pembersih wajah

Data Compas Dashboard menyebutkan, produk pembersih wajah paling banyak diminati konsumen di Shopee. Produk tersebut terjual hingga 1,8 juta produk sepanjang bulan April – Juni 2022. 

Salah satu produk pembersih wajah terlaris di Shopee juga diraih oleh brand lokal, yakni MS Glow Facial Wash. Brand ini memang sangat populer, apalagi banyak menggaet artis dan influencer ternama di Indonesia seperti Nagita Slavina dan Keanu. 

2. Lipstik

Lipstik masuk jajaran produk terlaris di Shopee dengan penjualan mencapai 1,7 juta produk sepanjang kuartal II – 2022. Pasar produk lipstik di Shopee juga masih didominasi oleh brand kosmetik global, yakni Maybelline. 

Meski begitu, data Compas Dashboard mencatat bahwa beberapa brand lokal juga sukses meraih top brand lipstik pada periode Agustus 2022. Beberapa brand lokal tersebut di antaranya Make Over dan Madame Gie. 

3. Serum wajah

Produk terlaris di Shopee selanjutnya berasal dari produk serum wajah. Penjualan produk tersebut penjualannya menembus angka Rp181.7 miliar pada periode April – Juni 2022. 

Berbeda dengan lipstik, brand lokal justru menguasai pasar serum di Shopee Indonesia. Brand-brand lokal yang berhasil menunjukkan prestasinya tersebut, yaitu Somethinc, Whitelab, Scarlett, Avoskin, dan lainnya. 

4. Pelembab wajah

Masih seputar produk perawatan wajah, pelembab wajah menjadi produk paling laku di Shopee dengan penjualan mencapai 1,6 juta produk selama periode April – Juni 2022. Tak hanya serum, brand lokal juga memimpin pasar produk pelembab wajah di Shopee. 

Brand lokal apa yang paling unggul? Pantauan dari Compas Dashboard menunjukkan, brand pelembab wajah terlaris di Shopee terdiri dari Wardah, MS Glow, Scarlett, dan Whitelab.

5. Body Lotion Body Butter

Beda dengan beberapa produk paling laris sebelumnya, kali ini ada produk perawatan tubuh. Produk body lotion body butter tercatat ludes terjual hingga 1,4 juta produk. 

Kembali menorehkan prestasi, brand lokal juga populer dengan produk tersebut. Data Compas Dashboard menyebutkan, Scarlett berhasil meraih sales revenue sebesar Rp7 miliar dari penjualan produk body lotion hanya dalam 2 minggu. 

Baca juga: Jadi Favorit, ini 10 Top Brand Serum Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia!

5 Produk Terlaris di Shopee Kategori F&B

5 Produk Terlaris di Shopee Kategori F&B

Lalu, bagaimana dengan data penjualan produk dari kategori F&B di Shopee pada periode April – Juni 2022? Yuk, simak ulasan selengkapnya sebagai berikut. 

1. Mie pasta instan

Kesuksesan produk mie pasta instan sebagai produk terlaris kategori F&B membuktikan konsumen Indonesia memang gemar mengonsumsi makanan tersebut. Produk ini telah terjual lebih dari 505 ribu produk. 

Mengenai brand mie pasta instan paling unggul, pemain senior yang masih jadi juaranya. Tidak lain adalah Indomie lalu disusul Sedaap, Pop Mie, dan Lemonilo. 

2. Biskuit kue kering

Produk biskuit kue kering termasuk camilan yang konsumen Indonesia sukai. Terbukti, produk tersebut telah laku terjual hingga lebih dari 501 ribu produk dalam rentang tiga bulan dari April – Juni 2022. 

Apabila Anda tertarik dengan bisnis ini, ada trik khusus untuk meningkatkan penjualan di Shopee. Menurut analisis Tim Compas, produk tersebut melonjak penjualannya ketika menjelang hari raya tertentu seperti perayaan Imlek. 

Sebab itu, disarankan untuk memaksimalkan promosi atau strategi pada momen-momen tersebut. Kendati demikian, perusahaan juga perlu mengembangkan produk seperti membuat varian rasa baru dan sebagainya. 

3. Kecap sambal

Selain memiliki budaya makan mie instan, konsumen Indonesia juga gemar mengkonsumsi kecap sambal. Jenis sambal yang jadi favorit kebanyakan berupa sambal olahan yang dicampur dengan bahan tambahan seperti cumi, pete, ikan teri, dan semacamnya. 

Penjualan produk kecap sambal sepanjang bulan April hingga Juni 2022 meraih sales quantity sebanyak 373 ribu produk lebih. Dari segi marketing, produk kecap sambal memang jadi primadona sebagai pelengkap menu yang instan dan tahan lama.  

4. Bumbu instan

Produk bumbu instan pada kuartal II tahun 2022 sudah terjual hingga lebih dari 255 ribu produk. Artinya, konsumen Indonesia kerap memasak dengan menggunakan bumbu instan karena sangat praktis dan mudah. 

Berbagai brand pun menghadirkan banyak varian bumbu instan tersebut. Beberapa varian yang populer di antaranya bumbu tempe goreng, sop, nasi goreng, gulai, dan kare. 

5. Teh

Tak kalah dengan produk makanan atau bumbu, teh juga laris terjual di Shopee. Produk teh memperoleh sales quantity sebanyak 219 ribu produk lebih selama periode April – Juni 2022. 

Data Compas Dashboard menunjukkan, brand teh lokal lebih banyak diminati ketimbang produk impor. Kebanyakan brand tersebut juga pemain lama dalam industri teh seperti Tong Tji, Sosro, dan SariWangi. 

Demikian rangkaian informasi mengenai produk terlaris di Shopee sekaligus cara melakukan risetnya. Semoga info tersebut dapat menjadi referensi bagi Anda yang menjalani bisnis, terutama dalam industri Beauty & Care dan F&B. 

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan juga perlu melakukan riset pasar secara mendalam. Riset tersebut harus sesuai dengan kebutuhan bisnis agar perusahaan dapat memanfaatkan data secara optimal untuk menerapkan strategi pemasaran secara tepat. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.