logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
data penjualan perawatan

Ini 5 Brand yang Berpotensi Duduki Top 10 Produk Perawatan Rambut!

Ini 5 Brand yang Berpotensi Duduki Top 10 Produk Perawatan Rambut!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Pada artikel kali ini, sesuai dengan judulnya, Compas akan membahas data penjualan milik 5 brand yang berpotensi merebut posisi top 10 di kategori perawatan rambut.

Kira-kira, strategi apa yang telah dilakukan kelima brand tersebut hingga bisa dibilang potensial untuk menjajaki jajaran top brand? Simak data penjualan berikut beserta penjelasannya!

 

5 Brand Perawatan Rambut ini Berpotensi Duduki Posisi Top 10, Hati-Hati Dibalap!

data penjualan perawatan rambut

Nutrivo 

Pada periode terbaru, yakni 16 Juli—15 Agustus 2022, Nutrivo mengalami pertumbuhan positif dari sisi sales revenuenya. Adapun angka yang dicapai Nutrivo dalam hal revenue growth mencapai +1.153%. Sungguh fantastis, bukan?

Apa ya, rahasia dan strategi marketing yang dilakukan Nutrivo hingga bisa meningkatkan sales lebih dari 1.000 persen?

Rupanya, Nutrivo kerap menggandeng KOL seleb TikTok dan selebgram untuk mempromosikan produknya. Trik yang digunakan Nutrivo adalah menonjolkan keampuhan produknya dalam menutrisi dan memperbaiki kerusakan rambut. KOL yang ditunjuk Nutrivo biasanya akan membuat video honest review dari pemakaian produk-produknya selama beberapa waktu.

Video berupa honest review akan menumbuhkan trust dan rasa penasaran audiens untuk menjajal sekaligus membuktikan khasiat produk yang telah digembar-gemborkan KOL melalui video promosinya.

Strategi ini pun terbukti ampuh dalam meningkatkan sales revenue Nutrivo di e-commerce hingga mencapai growth sebesar 1.153% dalam waktu sebulan saja. Jika pertumbuhan ini terus berlanjut, bukan tak mungkin bagi Nutrivo untuk menyabet satu posisi di jajaran top brand.

 

Bonvie 

Kandidat kedua yang berpotensi memasuki top brand produk perawatan rambut adalah Bonvie. Compas Dashboard mencatat bahwa Bonvie meraih sales revenue growth di angka 616% dalam satu bulan saja, yakni sejak pertengahan Juli hingga pertengahah Agustus.

Bonvie mengklaim dirinya sendiri sebagai hair fall and growth specialist. Guna membuktikan klaim tersebut, Bonvie sampai membuat akun Instagram tersendiri yang dikhususkan untuk menampung review dari customer yang telah merasakan khasiat produk-produk hair treatment dari Bonvie.

Serupa dengan Nutrivo, melalui strategi ini, Bonvie juga menekankan aspek trust dalam menggaet customer baru. Masih terbukti ampuh, strategi ini juga sukses menghasilkan pertumbuhan positif dari sisi sales revenue growth yang menembus angka lebih dari 500 persen!

 

Clear 

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tak asing dengan brand yang satu ini. Ya, Clear merupakan brand perawatan rambut ternama yang telah diluncurkan di Indonesia sejak tahun 1975.

Terlepas dari kebekenannya sebagai salah satu brand perawatan rambut yang telah lama berdiri, Clear bisa mampu mengambil hati customer karena strategi brand positioning yang sukses sebagai merek shampoo anti ketombe.

Untuk melancarkan penerapan brand awarenessnya, Clear sempat menunjuk penyanyi Agnes Monica dan pemain bole Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador di sejumlah iklan.

Dampaknya, hingga kini Clear masih menempati  citra di mata masuarakat sebagai spesialis anti-ketombe. Bahkan, dalam periode 16 Juli—15 Agustus 2022, Clear sukses mencapai sales revenue growth sebesar 315%.

 

Zinc 

Brand Zinc sempat menggaet selebgram dan aktris Anya Geraldine sebagai brand ambassador guna mempromosikan produk-produk Zinc.

Dalam menaikkan promosi Zinc, Anya Geraldine menempuh strategi yang terbilang unik. Pasalnya, beberapa waktu lalu, beredar foto Anya Geraldine bersama seorang lelaki di supermarket. Di tangan kanannya, Anya menggenggam sebotol shampo Zinc.

Foto bersama lelaki tersebut tentu menggemparkan sejagat medsos. Namun, usut punya usut, Anya saat itu tengah digandeng oleh Zinc sebagai brand ambassador. Foto tersebut pun jadi dipercaya sebagai strategi marketing belaka.

Dampaknya, netizen pun jadi penasaran dengan produk-produk Zinc dengan mencari tahu lebih lanjut tentang varian shampo Zinc yang dibeli Anya. Strategi ini pun berhasil menyumbang pertumbuhan yang positif dengan capaian sales revenue growth di angka 207%.

 

Ree Derma Wellness

Brand perawatan rambut kelima yang memiliki potensi untuk menduduki top brand adalah Ree Derma Wellness. Adapun sales revenue growth yang dicapai Ree Derma Wellness adalah sebesar 184%.

Belakangan ini, Ree Dermal Wellness jadi viral di TikTok berkat keampuhan produk Hot Oil Hair and Treatmentnya dalam mengatasi rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Viralnya produk tersebut pun membuat pengguna TikTok jadi penasaran akan kebenaran khasiat yang digembar-gemborkan tersebut. Buntutnya pun berujung pada melejitnya sales revenue growth hingga di angka 184%.

 

Kesimpulan

Berdasarkan market insight dan data Compas Dashboard, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kegiatan bisnis tak pernah luput dari kompetisi.

Sebagaimana kompetisi, kelima brand di atas tentu akan terus berusaha mengejar— bahkan mencoba mengalahkan— para pesaingnya seolah tak mau kalah. Sikap “tak mau kalah” inilah yang disebut sebagai jiwa kompetitif.

Oleh karena itu, untuk bisa berada di posisi teratas, Anda harus bisa menyamai jiwa kompetitif para pesaing. Anda harus senantiasa memantau gerak-gerik dan performa penjualan kompetitor, pun menganalisa strategi marketing seperti apa yang mereka gunakan.

Kabar baiknya, khusus untuk Anda yang memiliki brand FMCG, kini Anda tidak perlu repot-repot memelototi kompetitor selama 24 jam sehari. Sebab, Anda tinggal membuka Compas Dashboard dan voila! Anda pun bisa sesuka hati melihat data penjualan ribuan brands FMCG di mana saja dan kapan saja!

Beberapa kategori data yang ditampilkan Compas Dashboard antara lain: total sales revenue, market share, daftar top brands, daftar top seller, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kabar baik lainnya, kini Compas Dashboard sudah tersedia dalam versi demo alias gratis. Anda diberikan waktu selama 30 menit untuk bisa performa penjualan ribuan kompetitor. Penasaran? Yuk, segera jajal Demo Compas Dashboard dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.