Bikin Wajah Tetap Fresh saat Berpuasa, Intip 10 Top Brand Pelembab Wajah Terlaris di E-Commerce
Author : Raga Putra Wiwaha
Compas.co.id – Melakukan perawatan wajah kini menjadi kebutuhan dan trend yang dilakukan oleh banyak orang, terlepas gender. Perawatan kulit wajah khususnya baik dilakukan setiap hari dengan tambahan menggunakan pelembab wajah.
Terlebih di saat bulan puasa ini dimana kurang asupan makanan dan minuman bukan hanya badan saja yang terlihat lesu namun wajah pun bisa terlihat sama lesunya. Hal itu membuat pelembab merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan perawatan kulit di saat puasa.
Menurut pantauan Compas jika dilihat sejak tahun 2021 pasar kosmetik di indonesia semakin berkembang dengan mengungguli transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46,8% . Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online untuk melakukan perawatan wajah karena dampak covid-19.
Melihat peluang tersebut, para pemilik brand berlomba-lomba dalam membuat pelembab wajah yang dapat digunakan khususnya saat menjalankan ibadah puasa di tahun 2022 ini, penasaran dengan brand apa saja yang menjadi juaranya? simak selengkapnya dibawah ini, ya!
Top Rank Pelembab Wajah Terlaris di Shopee,Tokopedia dan Blibli Periode 1-15 Maret 2022
1. Skintific
Skintific merupakan salah satu brand asal Kanada yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales mencapai sales volume 20,6%. Dibalik kesuksesannya, ternyata belum lama ini brand asal kana tersebut viral di tiktok. mengutip dari laman website Beautynesia.id Skintific viral karena salah satu moisturizer-nya yang memiliki kandungan ceramide kini Booming di Tiktok.
Dibalik kesuksesan brand asal kanda ini menjuarai top rank pelembab wajah pada periode tak terlepas dari berbagai strategi marketing yang mereka terapkan. Seperti hasil pantauan tim Compas pada laman instagram resminya yaitu dengan memberikan giveaway di bulan ramadan ini, membuka reseller hingga banyak menciptakan inovasi produk kecantikan baru.
Hasilnya, dalam kategori ini terdapat salah satu produk terlarisnya dalam pelembab wajah terlaris yaitu Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturize 30G yang diklaim bagus untuk melembabkan sekaligus memperkuat skin barrier dan membantu menenangkan kulit.
2. Wardah
Selanjutnya, Local pride yaitu Wardah berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar top rank pembersih wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 9,1%. Terkenal dengan brand “halal” Wardah diklaim merupakan pelopor merek kosmetik halal indonesia, maka tak jarang brand ambassadornya rapih dengan balutan hijab.
Banyak cara yang dilakukan wardah agar bisa menjadi brand kosmetik populer, salah satu strategi marketing yang sering dilakukannya yaitu dengan berinovasi menciptakan beberapa produk dan dipasarkan dengan cara mendiskonkan produk tersebut, satu satu produk terlaris pada kategori ini yaitu Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide yang memiliki fragrance yang lebih modern dan tidak terlalu menyengat dan tidak membuat wajah terasa berminyak.
3. Ms Glow
Siapa yang tidak mengenal brand satu ini? brand lokal Ms Glow berhasil menduduki daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 5,7%. Brand lokal yang sempat viral terkait data penjualannya yang diklaim tembus hingga 600 miliar perbulan ini merupakan brand yang dimiliki oleh crazy rich asal malang yang sudah ada sejak tahun 2013 lalu.
Dibalik terkenalnya brand Ms Glow di pasar kosmetik ini, tak terlepas dari berbagai strategi marketing yang mereka terapkan dalam menjangkau para konsumennya, seperti yang ramai diperbincangkan dengan menggaet komika babe cabita dan marcel menjadi brand ambasadornya bahkan sempat menggegerkan warganet karena berhasil mempromosikan produknya hingga times square new york.
Buah dari usahanya dalam mendekatkan diri ke konsumen, kini terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori pelembab wajah yaitu MS glow whitening Night Cream yang mengandung natural arbutin,Glutathione & Vitamin C yang diproduksi dengan teknologi Nano White untuk mencerahkan kulit wajah
4. Pond’s
Selanjutnya, Pond’s Hadir di urutan keempat dalam daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 4,8%. Melansir dari website Liputan 6.com Pond’s telah hadir di Indonesia selama 25 tahun dan setia menemani perempuan Indonesia untuk menjaga dan merawat kulit perempuan Indonesia tetap cantik dan alami.
Dibalik setianya menemani kecantikan perempuan indonesia, Ponds telah melakukan berbagai strategi marketing seperti membagi segmentasinya khusus pria dan wanita, memberikan diskon produk hingga giveaway seperti yang terpantau dari laman instagram resminya.
Hasilnya terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori ini yaitu Ponds Juice Moisturizer Watermelon Extract 20 gr yang diklaim dapat membuat kulit glowing dengan natural origin extract, natural derived moisturizing dan tidak mengandung alkohol
5. L’Oreal
Brand yang sudah tak asing ini yaitu L’oreal menduduki peringkat kelima dalam daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 3,8%. Dibalik besarnya brand ini terdapat kisah inspiratif dari Liliane Bettencourt yang merupakan pendiri L’Oreal. seperti dilansir dari website Finansialku.com Liliane merupakan sosok yang sangat setia dan darmawan, bentuk kedermawanannya bahkan dia menyumbangkan 50% penghasilannya untuk sebuah yayasan.
Dibalik kisah tersebut, tak lepas dari berbagai strategi marketing yang terus membersamai L’Oreal dalam mengarungi dunia pasar kosmetik seperti melakukan diskon produk hingga mengkategorikan segmen produk untuk wanita dan pria.
Berkah dari kedermawanan sang pemilik brand. Terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori ini yaitu L’Oreal Paris Glycolic Bright Glowing Day Night Cream yang dapat membantu meningkatkan cahaya kulit, menyamarkan noda hitam serta terdapat kandungan antioxidant Vitamin E yang membantu melawan munculnya kulit kusam pada malam hari, untuk kulit tampak glowing dan merata.
6. Whitelab
Brand lokal kategori kecantikan yang sudah ada sejak 2020 dan berhasil merebut hati masyarakat indonesia ini berhasil menduduki peringkat keenam dalam daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 3,5%.
Dibalik kesuksesan brand ini dalam menjual berbagai produk kecantikannya, terdapat beberapa strategi marketing yang mereka lakukan seperti giveaway, hingga menggunakan jasa influencer untuk membantu mempromosikan produknya, hasilnya pada kategori ini terdapat produk terlarisnya yaitu Whitelab Brightening Night Cream dapat mencerahkan wajah, menghilangkan dark spot dan merawat kulit berjerawat
7. Emina
Posisi ketujuh diduduki oleh Emina dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 2,6%. “Born to be loved” brand ini mengingatkan bahwa setiap wanita memiliki kecantikan masing-masing. Emina merupakan produk kecantikan yang fokus kepada remaja wanita dibuktikan dengan kemasan produknya yang eye catching.
Brand yang memiliki target milenial ini memiliki beberapa strategi marketing yang unik yaitu dengan memaksimalkan konten marketing di instagram dengan dibalut warna-warna pastel yang cocok untuk remaja karena memiliki kesan lemah lembut, strategi lainnya juga brand ini selalu mengadakan diskon hasilnya salah satu kategori produk terlarisnya Emina Bright Stuff Moisturizing Cream 20 ml yang memiliki formula lembut, mengandung SPF15 untuk memberi perlindungan terhadap matahari.
8. Madame Gie
mempunyai tagline “Cantik Ekonomis” membuktikan bahwa untuk tampil cantik itu tidak perlu mahal. Dampaknya, kini berhasil menduduki peringkat kedelapan dalam top rank pelembab wajah terlaris yang memiliki sales volume sebanyak 2,5%.
Fakta menarik kenapa brand ini berhasil menduduki peringkat kedelapan top rank yaitu dengan giat menerapkan strategi diskon produk, bundling dan gratis ongkir, hasilnya salah satu produk terlaris kategori pelembab ini yaitu Madame Gie Skin Barrier Moisturizer – Skincare Pelembab yang dapat menenangkan dan memperkuat jaringan permukaan kulit serta mengangkat sel kulit mati.
9. Olay
Brand asal afrika selatan berhasil menduduki peringkat kesembilan dalam top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 2,3%. dilansir dari Fimela.com Berlatarbelakang pemahaman bahwa para wanita dapat memiliki keinginan, kebutuhan, dan aspirasi yang berbeda-beda, hingga kini Olay selalu memperluas varian dan memperkaya inovasinya selama bertahun-tahun untuk mengatasi kebutuhan perempuan
Dalam menjangkau para konsumennya mereka menerapkan strategi marketing seperti berinovasi dalam mengeluarkan produk hasilnya terdapat produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu terlaris Olay Set Perawatan Anti Aging Krim Pelembab yang dapat melembabkan kulit wajah dalam waktu lama, mengencangkan pori-pori dan membantu mengurangi kerutan wajah.
10. Scarlett
Siapa yang tidak mengenal brand kecantikan ini? Brand yang berdiri sejak tahun 2017 ini dan didirikan oleh artis terkenal Felicya Angelista, kini menjadi penutup daftar top rank pelembab wajah terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 2,2%.Succes story brand ini ketika banyaknya orang penasaran dengan tips sukses melakukan perawatan ala Fely yang selalu tampil cantik dan glowing.
Strategi marketing yang mereka lakukan untuk mendekatkan kepada konsumen. Salah satunya dengan menggunakan channel artis dan influencer untuk mempromosikan produknya. Namun tidak hanya itu, berdasarkan pantauan tim Compas brand ini juga menerapkan diskon produk hingga giveaway. produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu Scarlett Whitening Brightly Ever After Day Cream yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.
Kesimpulan
Berdasarkan Data diatas, dapat disimpulkan bahwa performa brand Skintific sangat baik khususnya dalam menjaga kelembaban kulit banyak orang, terbukti dengan menduduki peringkat pertama dalam top rank pelembab wajah terlaris periode 1-15 Maret 2022 ini. berkat viralnya di tiktok dan turut menerapkan strategi marketing seperti memberikan giveaway di bulan ramadan ini hingga diskon produk.
Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu sekarang? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.
Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Memasuki ramadhan 2022, Compas baru saja merilis laporan data penjualan bulan Ramadan 2021. laporan tersebut bisa kamu gunakan sebagai insight kamu dalam memasarkan sejumlah produk di bulan suci ramadhan yang bisa kamu akses link ini, ya.
Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!
Source : Dashboard Compas.co.id kategori Kecantikan