membuat rencana bisnis

7 Kiat Sukses Membuat Rencana Bisnis Kosmetik Online 

Author: Farah Ramadhani

Produk-produk dari brand kosmetik Anda sulit naik di e-commerce? Mungkin Anda belum membuat rencana bisnis yang tepat saat memulai usaha kosmetik. Padahal, rencana bisnis merupakan salah satu aspek paling penting yang menunjang perkembangan perusahaan.

Hal ini sering dilewatkan oleh beberapa pegiat usaha online, padahal membuat rencana bisnis cukup simple, lho. Compas juga telah menulis beberapa tips membuat rencana bisnis yang bisa Anda ikuti. 

Pada artikel ini, Compas akan membahas lebih rinci mengenai cara menyusun rencana bisnis kosmetik online yang mudah dan tepat. Simak selengkapnya di sini, ya

 

Pentingkah Membuat Rencana Bisnis Kosmetik Online?

membuat rencana bisnis 1

Sebenarnya, seberapa penting rencana bisnis dalam menjalankan perusahaan? Jawabannya, tentu saja penting. Salah satu tujuan menyusun rencana bisnis online adalah agar perusahaan dapat bertahan dalam waktu yang lama. 

Dalam rencana bisnis, terdapat beberapa aspek penting yang saling berhubungan untuk mendukung performa perusahaan Anda di pasar online atau e-commerce. Analisa pesaing adalah salah satu diantaranya.

Lantas, apa yang bisa perusahaan Anda lakukan setelah mengetahui pesaing dan membuat rencana bisnis? Berikut beberapa hal yang perusahaan bisa lakukan setelah membuat rencana usaha online.

  • Memenuhi kebutuhan konsumen

Tren terus berubah dengan cepat seiring berkembangnya zaman. Pergerakan ini akan selalu diupdate dengan rencana bisnis yang telah Anda buat. Dampaknya, perusahaan bisa terus berinovasi dan tetap mengikuti tren yang ada. Kebutuhan konsumen pun dapat terus dipenuhi dengan inovasi produk.

  • Terhindar dari masalah fatal

Masalah tentu akan muncul seiring bisnis Anda yang terus berkembang. Namun, kerugian besar dan kegagalan dapat terhindar ketika Anda sudah membuat rencana bisnis yang matang. 

  • Prioritas perusahaan jelas

Rencana bisnis membantu Anda memperjelas apa yang harus diprioritaskan agar perusahaan tidak lepas fokus. Perusahaan menjadi lebih terkontrol dan jelas jalan bisnisnya.

 

7 Kiat Membuat Rencana Bisnis Kosmetik Online yang Baik

membuat rencana bisnis 2

Nah, ternyata membuat rencana bisnis online sangat penting, ya. Berikut Compas telah merangkum kiat-kiat menyusun rencana bisnis kosmetik online untuk usaha Anda. Simak selengkapnya di sini.

1. Riset Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah riset pasar. Dengan melakukan analisa, Anda bisa menentukan segmen mana yang akan Anda ambil, berapa biaya untuk memulai, hingga memperjelas target perusahaan.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar dengan menyajikan data real-time terkait penjualan di e-commerce. Melalui data Compas, riset yang Anda lakukan bisa lebih akurat dan efektif.

2. Pilih Segmen Pasar

Setelah melihat kondisi pasar, Anda sekarang bisa menentukan pada segmen apa perusahaan akan masuk. Dengan menentukan segmen, rencana bisnis Anda menjadi lebih terstruktur.

Misalnya, melihat demand kosmetik bibir yang tinggi dan kemampuan bersaing perusahaan yang baik, perusahaan memilih untuk fokus di segmen tersebut. Seiring suksesnya penjualan, kedepannya bisnis Anda dapat masuk ke segmen lain.

3. Estimasi Modal Usaha

Perencanaan usaha yang baik harus didukung oleh rincian modal secara detail. Jika sudah dituliskan secara rinci, perusahaan dapat memanfaatkan modal tersebut dengan efisien.

Beberapa aspek pengeluaran yang perlu diperhatikan ketika menentukan modal usaha adalah pembangunan pabrik, pengadaan mesin pendukung, upah tenaga kerja, serta biaya legalitas dan penyimpanan produk.

4. Buat Deskripsi Perusahaan

Ketika segmen usaha dan modal sudah ditentukan, sekarang saatnya menyusun deskripsi untuk perusahaan kosmetik online Anda. Deskripsi perusahaan akan berguna sebagai pegangan untuk kegiatan pemasaran maupun pencarian investor.

Dalam deskripsi usaha, Anda perlu menuliskan hal-hal sebagai berikut: penjelasan bidang usaha, produk yang dijual, nilai yang dipegang perusahaan, hingga potensi produk untuk berkembang di masa yang akan datang.

5. Tentukan Strategi Pemasaran

Poin kiat membuat rencana bisnis sebelumnya berkaitan dengan strategi pemasaran produk Anda. Berpegang pada deskripsi perusahaan, kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan mudah dan terfokus.

Jangan lupa sesuaikan strategi pemasaran dengan target pasar Anda.Dalam melakukan pemasaran produk, Anda dapat menerapkan 4P (product, price, place, promotion).

6. Ketahui Standar BPOM

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) merupakan lembaga yang berwenang mengatur regulasi produk obat, makanan, dan kosmetika di Indonesia. Sebelum memproduksi barang pada segmen tersebut, Anda harus mendaftarkannya di BPOM.

Hukum bisa menjerat perusahaan jika Anda tidak paham tentang peraturan terkait pengedaran produk kosmetik. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau perkembangan peraturan BPOM melalui website resminya.

7. Uji Produk 

Jika Anda baru memulai usaha kosmetik online, jangan langsung produksi barang dalam jumlah banyak. Lakukan dulu uji produk dengan bantuan teman dekat atau warga sekitar dengan memberi mereka sampel yang akan dijual.

Melalui uji produk, Anda bisa menentukan mana produk yang memiliki respon positif dan mana yang membutuhkan peningkatan kualitas. Ketika dirasa cukup, barulah mulai memproduksi dalam jumlah banyak untuk dijual di e-commerce.

 

Membuat rencana bisnis sangatlah penting, tapi beberapa pengusaha sering melewatkan hal ini. Dari kiat-kiat menyusun rencana bisnis kosmetik online, Anda dapat menentukan langkah yang tepat agar perusahaan bisa berjalan dengan sukses dan mampu bersaing.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar untuk menentukan rencana bisnis kosmetik online yang akurat. Data yang disediakan Compas up-to-date dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Data yang disediakan oleh Compas Dashboard antara lain insight brands beserta para pesaing Anda meliputi market share, total sales revenue, total produk terjual, serta daftar ranking brands dan produknya.

Temukan informasi lebih lanjut mengenai produk Compas dengan follow Instagram kami di link ini. Anda juga bisa langsung berdiskusi dengan tim Compas melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.