logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
data penjualan susu formula

6 Top Brand Susu Formula, Enfagrow Jagoan Utamanya Para Bunda!

6 Top Brand Susu Formula, Enfagrow Jagoan Utamanya Para Bunda!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Sebagai bentuk adaptasi perkembangan teknologi, penjualan produk susu formula turut meramaikan pasar di e-commerce. Dalam riset Tim Compas, ditemukan ada dua pemain utama yang menguasai pasar tersebut sepanjang periode 1-21 September 2020 di sejumlah e-commerce raksasa seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. 

Mead Johnson dan Nutricia adalah dua perusahaan yang sukses mencapai prestasi tersebut. Produsen susu formula ini merupakan pemain legendaris yang berhasil melahirkan sederet brand-brand besar seperti Enfagrow, Enfamil, Bebelac, dan Nutrilon.

Data Compas Dashboard juga mencatat, Enfagrow dan Bebelac menjadi brand yang memimpin penjualan produk susu formula di e-commerce. Keduanya masing-masing meraih sales revenue hingga Rp7.15 miliar dan Rp4.46 miliar sepanjang 1-21 September 2020. 

Berupaya terus unggul, Enfagrow terpantau konsisten menjaga posisinya sebagai top brand susu formula pada periode September – Oktober 2022. Bagaimana dengan performa Bebelac dan brand lainnya? Mari bedah datanya berikut ini. 

6 Top Brand Susu Formula: Cetak Market Share 12,04%, Enfagrow Raih Kemenangan Manis!

data penjualan susu formula

1. Enfagrow

Bermarkas di Evansville, Indiana, Amerika Serikat, Mead Johnson pertama kali didirikan dan menjadi cikal bakal lahirnya Enfagrow dalam industri susu formula. Mead Johnson mengawali bisnisnya melalui produk turunan susu untuk bayi pada 1920-1929.

Dalam rentang periode tersebut atau tepatnya tahun 1925, Mead Johnson memperkenalkan produk susu formula bayi modern dan dikenal sebagai susu rekonstruksi pada masa itu. Sepanjang perjalanannya mengembangkan produk susu tersebut, diluncurkanlah anggota baru dari susu formula bernama Enfagrow.

Kini, Enfagrow telah tumbuh pesat sebagai produsen susu formula global yang tersebar di berbagai negara termasuk di Indonesia. Di e-commerce Indonesia, brand susu formula legendaris ini menduduki peringkat pertama top brand dengan market share 12,04%. 

Lantas, penguasaan pasar tersebut membuat Enfagrow berhasil mengantongi sales revenue hingga Rp15.5 miliar selama bulan September – Oktober 2022. Prestasi brand ini diraih berkat dukungan produk unggulannya, Enfagrow A+ 3 Susu Formula 1-3 Tahun Vanilla 3000 gr. 

Kesuksesan Enfagrow sebagai pemenang pasar kali ini terbilang menarik mengingat harga produknya kurang ekonomis, yakni dibanderol dengan average price Rp477.231* per produknya. Menurut data Compas Dashboard, harga tersebut menjadikan produk Enfagrow sebagai susu formula termahal di antara jajaran top brand lainnya. 

Tim Compas menelusuri, Enfagrow tidak hanya berfokus pada kandungan gizi untuk mempromosikan produknya. Justru, Enfagrow lebih menonjolkan manfaat dapat mencerdaskan otak anak yang dinilai cukup ampuh untuk memikat hati para orang tua. Maklum saja, namanya orang tua pasti ingin namanya tumbuh cerdas sehingga Enfagrow jadi pilihan andalannya. 

2. PediaSure

Berpengalaman lebih dari 80 tahun sebagai produsen susu formula, PediaSure baru hadir di Indonesia pada tahun 1996. Brand di bawah naungan Abbott Nutrition ini hadir dalam tiga varian rasa susu formula, yakni vanilla, cokelat, dan madu. 

Dengan cita rasa bervariasi tersebut, PediaSure berusaha menghadirkan produk susu yang tidak hanya enak tapi juga berkualitas. Sejalan dengan kualitasnya, brand susu formula asal Amerika Serikat ini berhasil tampil unggul performanya di e-commerce dengan meraih market share 11,67%. 

Secara sales revenue, perolehan PediaSure berbeda tipis dengan kompetitor sebelumnya, yaitu meraih angka Rp15 miliar. Hal ini turut didukung salah satu produknya yang sukses melenggang sebagai top produk susu formula, yaitu PediaSure Complete PediaComplete Vanilla 850 gr. 

Sementara dari segi harga, PediaSure menawarkan angka yang lebih terjangkau ketimbang Enfagrow. Rata-rata harga produk susunya dijual Rp234.012* per produk pada periode September – Oktober 2022. Bahkan, harga tersebut tidak mencapai setengah average price satu produk susu Enfagrow. 

Namun, branding PediaSure cukup berbeda dengan Enfagrow. Jika Enfagrow menonjolkan manfaat membantu untuk mencerdaskan anak, maka PediaSure lebih berfokus untuk mendorong tumbuh kembang anak agar optimal. Ditambah dengan varian rasa yang berbeda dan harga terjangkau juga jadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk PediaSure ini. 

3. Morinaga

Masih dari pemain luar, kali ini ada brand asal Jepang, Morinaga. Berdiri sejak tahun 1917, perusahaan susu dan manisan ini telah puluhan tahun berpengalaman menghadirkan berbagai produk. Makin tumbuh pesat, Morinaga pun melakukan ekspansi ke beberapa negara, salah satunya Indonesia dengan berkolaborasi bersama PT KALBE Morinaga Indonesia pada tahun 1986. 

Bicara soal performa, Morinaga sudah berhasil meraih sederet penghargaan mulai dari Mother & Baby Reader’s Choice Award 2014, Famous Brand Award 2014, Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, dan lainnya. Maka, tak mengejutkan pula jika Morinaga layak masuk jajaran top 3 brand susu formula terlaris di e-commerce

Dengan meraih market share 11,36% dan sales revenue Rp14.6 miliar, Morinaga berhasil membawa pulang peringkat ketiga. Untuk produk unggulannya, Morinaga Chil Gold Vanilla 1600 gr yang tembus sales revenue hingga Rp740 juta. Secara harga, Morinaga juga mematok susu formulanya lebih terjangkau ketimbang dua kompetitor sebelumnya, yakni sekitar Rp161.696* per produk.

Mengupas strateginya, Morinaga termasuk brand susu formula yang aktif dan update konten di media sosialnya. Melalui akun Instagram @morinagaplatinum, brand ini kerap membagikan konten seputar tips merawat anak dan pengetahuan soal tumbuh kembang si kecil yang sekaligus mempromosikan produk-produknya. 

4. Bebelac

Populer dengan tagline “You Are My Everything”, Bebelac menempati peringkat ke-4 top brand susu formula pada periode September – Oktober 2022. Pencapaian tersebut diraih melalui sales revenue senilai Rp12.3 miliar dengan market share 9,56%. 

Keberhasilan Bebelac ini didukung oleh produk andalannya bernama Bebelac 3 Madu Susu Pertumbuhan Bubuk 3000 gr. Ditinjau harganya, brand ini menawarkan average price sebesar Rp172.806* per produknya. Harga ini bisa dibilang tidak jauh beda dengan Morinaga. 

Jika ditelusuri sejarahnya, Bebelac bukanlah brand susu asli Indonesia. Mengawali karir pertama kali di bidang nutrisi, brand ini mulanya berasal dari Nutricia yang hadir sejak tahun 1806 di Belanda. Kemudian, produsen susu tersebut rilis di Indonesia melalui PT Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS) pada tahun 1987. 

Dalam membangun brand awareness, Bebelac memiliki ciri yang cukup mencolok sehingga membedakan produk susunya dengan yang lain. Brand yang identik berwarna kuning ini sangat khas dari segi kemasan, terutama ikon hati yang melingkari namanya. 

Selain itu, Bebelac juga punya strategi jitu guna menggaet konsumen yang mana targetnya adalah orang tua terutama para bunda. Sejak tahun 2008, Bebelac membentuk sebuah komunitas bernama BebeClub sebagai upaya agar lebih dekat dengan konsumen sekaligus memperluas jangkauan pasar. 

5. S-26

Berikutnya, brand asal Singapura yang telah diakuisisi oleh Nestle pada tahun 2012. S-26 menjadi top 5 brand susu formula terlaris periode September – Oktober 2022 berkat market share sebesar 9.18% atau setara dengan sales revenue sebanyak Rp11.8 miliar. 

Dalam strateginya, S-26 mengusung tagline unik yang berirama, yaitu “S-26, 100% Dipercaya Mam”. Brand yang kerap menyapa konsumennya dengan panggilan “Mam” ini unggul dengan produk terlarisnya, S-26 Procal GOLD Tahap 3 Vanilla Susu. 

Susu formula yang dijual S-26 ini dibanderol dengan average price Rp259.860* per produknya. Jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor, harga ini bisa lebih murah atau tinggi pula. 

Menurut pantauan Tim Compas, strategi pricing pada segmen bisnis tertentu cukup menarik perhatian konsumen di e-commerce. Strategi tersebut memang bisa ampuh meningkatkan penjualan, apalagi jika didukung dengan data riset pasar. 

Tertarik akses data pasar? Cobalah 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI

6. SGM

Posisi ke-6 ini ditutup oleh brand lokal yang berdiri sejak tahun 1965, SGM. Sebagai satu-satunya perwakilan dari dalam negeri, kehadiran SGM dalam daftar top brand susu formula periode September – Oktober 2022 ini patut diapresiasi. 

Dengan didukung produk terlarisnya, SGM Eksplor Aktif 1+ Pro-Gress Maxx Vanilla Susu, brand ini mencetak market share 8.17%. Adapun dari sales revenue, SGM mengantongi pendapatan hingga Rp10.5 miliar dalam dua bulan. Meski berada pada peringkat 6, sebenarnya penjualan produk susu SGM tertinggi di antara lima top brand lainnya. 

Secara sales quantity, SGM berhasil tembus angka penjualan hingga 85 ribu produk lebih dengan harga jual rata-rata sebesar Rp73.617*. Harga tersebut menjadikan produk susu formula SGM paling terjangkau dibandingkan para kompetitor utamanya. Inilah keunggulan yang bisa ditonjolkan oleh SGM di samping menawarkan susu yang berkualitas dan bernutrisi. 

Kesimpulan

Data penjualan susu formula di Shopee dan Tokopedia ini menunjukkan bahwa pasar dikuasai oleh brand-brand global seperti Enfagrow, PediaSure, Morinaga, dan lainnya. Menariknya, keenam top brand susu formula tersebut sukses mendapatkan sales revenue di atas Rp10 miliar selama penjualan periode September – Oktober 2022. 

Berkaca dari performa Enfagrow yang meraih kemenangan termanis, harga yang mahal tidak lantas menurunkan penjualan produk. Kondisi ini menandakan, harga bukanlah faktor utama bagi konsumen di Indonesia dalam membeli produk susu formula. 

Lantas, strategi apa yang perlu diimplementasikan agar jadi jawara di e-commerce? Temukan jawabannya dengan bantuan data riset pasar, informasi yang akan membantu Anda menyusun strategi bisnis secara tepat. 

Tingkatkan performance bisnis Anda dengan menghubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Bersama Compas, jadilah the next market leader di e-commerce!

Source: Dashboard Compas.co.id

*Penentuan average price berdasarkan riset Compas Dashboard di official store Shopee dan Tokopedia dengan tidak menyertakan produk bundling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.