makanan ringan banner

Menelusuri Makanan Olahan Terbaik di e-Commerce: Makanan Ringan

Selama masa new normal ini, melakukan penjualan secara online seperti memanfaatkan e-commerce bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan adanya pembatasan sosial berskala besar dan juga protokol kesehatan yang ketat, jadi mendorong masyarakat untuk berbelanja secara online.

Hal ini tak terkecuali pada penjualan produk-produk makanan, lho. Buktinya, tim Compas berhasil menemukan bahwa hanya dalam 2 minggu (1 – 18 Februari 2021), penjualan untuk kategori makanan dan minuman di e-commerce sudah menembus 9,5 Juta transaksi atau setara dengan total Rp 248,3 Miliar.

Untuk pendistribusian, bisa dilihat bahwa Shopee yang menjadi pilihan favorit masyarakat untuk membeli produk-produk makanan dan minuman. Dengan mendominasi 63,7 persen, penjualan makanan dan minuman di Shopee berhasil mengalahkan penjualan di Tokopedia.

Dengan potensi market yang sebesar itu, tentu menarik bukan untuk kamu ikut mengambil bagian? Atau menurutmu masih terlalu luas untuk menentukan bisnis makanan dan minuman apa? Ayo kita coba cek untuk makanan olahan, khususnya makanan ringan dulu.

Penjualan Makanan Ringan di e-Commerce

penjualan makanan ringan

Siapa sih yang nggak suka nyemil? Makanan ringan memang sudah menjadi favorit untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sekarang, sudah banyak juga yang menjual makanan ringan di e-commerce.

Penjualan untuk kategori makanan ringan juga menunjukan angka yang baik. Di periode 1-18 Februari 2021, potensi market untuk kategori makanan ringan berhasil mencapai angka Rp 32 Miliar dan tercatat sudah terjadi sekitar 1,9 Juta transaksi untuk kategori makanan ringan.

Untuk e-commerce nya, Shopee mencatat penjualan terbanyak dengan 74,1 persen dibandingkan dengan Tokopedia di angka 25,9 persen. Lalu, apa saja yang terjual laris manis di e-commerce? Compas menemukan tiga makanan ringan yang menjadi incaran orang-orang:

makanan ringan terlaris

Keripik Kerupuk

Keripik dan kerupuk bisa dikatakan sebagai jenis makanan ringan yang sering menjadi teman orang-orang dalam beraktivitas. Makanan ringan ini bisa dinikmati selagi menonton TV, belajar, ataupun bekerja.

Jika melihat penjualannya di awal Februari lalu, Keripik Kerupuk berhasil mendominasi 35,1 persen penjualan di kategori makanan ringan. Jika diubah ke total penjualan, maka Keripik Kerupuk sudah mencapai penjualan sebesar Rp 11,2 Miliar di awal bulan Februari 2021.

Baca juga: Raih Kemenangan Manis di Bisnis Kue Kering, Penjualan Cookies Tembus 2,4 Miliar

Kacang

Makanan ringan satu ini juga sudah sering menjadi teman nonton ataupun saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Ada banyak pula jenis kacang yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang sudah dijual di e-commerce.

Dengan total penjualan sebesar Rp 7,5 Miliar, kacang berhasil menempati peringkat kedua dalam kategori makanan ringan di e-commerce pada periode awal Februari 2021.

Biskuit Kue Kering

Makanan ringan yang satu ini sudah tak jarang kita santap untuk mengenyangkan diri di saat jam-jam nanggung. Dengan berbagai varian biskuit yang tersedia di pasar, biskuit bisa dibilang sebagai salah satu cemilan favorit orang-orang.

Untuk penjualannya di e-commerce, biskuit meraup 16,2 persen dari penjualan kategori makanan ringan. Angka tersebut setara dengan total penjualan sebesar Rp 5,2 Miliar.

Bagaimana? Cukup menarik bukan berbisnis makanan ringan di e-commerce? Terutama jika Anda sudah tahu kategori apa saja yang sedang populer, itu akan membantu Anda untuk mengatur strategi berbisnis Anda.

Baca juga :

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us