logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Top Rekomendasi Lip Tint

Top Rekomendasi Lip Tint Terlaris di Indonesia: Barenbliss Jadi Juaranya

Top Rekomendasi Lip Tint Terlaris di Indonesia: Barenbliss Jadi Juaranya

Author: Salsabila

Compas.co.id – Berdasarkan riset dari Jakpat mengenai Beauty Trends 2022, lebih dari 50% wanita mengatakan penggunaan make up sangat penting dilakukan. Dan sebanyak 71% memilih simple make up dalam artian menggunakan sedikit produk make up saja untuk merias wajahnya sehari-hari.

Karena banyaknya wanita yang hanya ingin simple makeup, maka mereka gencar mencari rekomendasi lip tint mana yang terbaik untuk menunjang aktivitas keseharian mereka. Penggunaan lip tint memang memberikan warna natural yang bahkan nyaris menyerupai warna alami bibir sehingga cocok digunakan untuk natural dan simple make up.

Riset Compas mengenai Beauty Trends sendiri menyatakan bahwa industri ini diprediksi terus meningkat hingga tahun 2025. Kategori Kosmetik menjadi salah satu kategori unggulan dalam industri Beauty and Care.

Banner Insight

Artikel ini akan mengulas data penjualan dan strategi pemasaran brand lip tint mulai dari Barenbliss, Focallure, Somethinc, Y.O.U, hingga Implora. Apakah brand Anda salah satu dari top 5 rekomendasi lip tint ini?

5 Rekomendasi Lip Tint Terlaris di E-Commerce Periode 16-31 Desember 2022

5 Rekomendasi Lip Tint Terlaris di E-Commerce Periode 16-31 Desember 2022

1. Barenbliss

Kabar gembira muncul dari brand makeup asal korea, Barenbliss. Brand yang biasa disingkat sebagai BnB ini juara 1 rekomendasi lip tint di Indonesia! Padahal merek kecantikan ini baru memasuki pasar Indonesia di bulan Agustus 2021. Namun kecepatannya dalam mengambil hati wanita Indonesia tidak diragukan lagi.

Barenbliss terpantau dalam data Compas dashboard berpenghasilan Rp793.5 juta di akhir tahun 2022, tepatnya pada periode 16-31 Desember 2022. 9969 unit lip tint terjual laris di e-commerce yang menjadi channel belanja pilihan konsumen Indonesia. Merek korea ini pun mampu merebut share sebesar 13,9%.

Sebelum peluncuran produk, BnB melakukan riset pasar mendalam di berbagai negara Asia dan menemukan fakta bahwa wanita Indonesia sangat menyukai tren K-Beauty. Untuk strategi pemasaran sendiri, BnB terlihat sangat aktif di media sosial melakukan banyak engagement dengan followers. Kemudian mengadakan berbagai event dan kampanye kecantikan, dan ikut serta dalam event kecantikan seperti Beauty Fest Asia, Sociolla Beauty Wonderland dan masih banyak lagi.

Untuk urusan pewarna bibir ini, Barenbliss berhasil mengalahkan tiga merek lokal yaitu Somethinc, Y.O.U, dan Implora. Bukan hal yang mengejutkan karena orang dibalik Barenbliss adalah Kim Ji Na yang mana seorang make up artist ternama Korea. Ia sudah berlalu lalang di dunia entertainment Korea Selatan dan terbiasa merias wajah para idol K-Pop. 

2. Focallure

Setelah dari Korea Selatan, mari beranjak ke Tiongkok. Nomor 2 rekomendasi lip tint terbaik dan terlaris diraih oleh brand Focallure. Merek ini merupakan merek kecantikan asal negara tirai bambu yang menjual produknya dengan harga sangat terjangkau.

Berdasarkan riset tim data Compas, Focallure berhasil menjual 17.8K lip tint di Indonesia. Angka sales quantity tersebut sebenarnya nyaris 2x lipat dari produk Barenbliss yang terjual hanya sekitar 9K, tetapi angka market share Barenbliss lebih tinggi daripada Focallure. Hal itulah yang membuat Barenbliss menang di subkategori Lip Tint. Dari segi market share, merek asal Tiongkok ini memiliki pasar sebesar 12,10%. Akhir tahun 2022, Focallure meraup Rp733.6 juta dari penjualan lip tintnya.

Produk lip tint Focallure dijual mulai harga Rp30 ribuan. Mayoritas produknya yang ramah di kantong tentu menjadi ketertarikan besar bagi konsumen wanita Indonesia, terutama bagi kalangan milenial dan gen z yang bisa mendapatkan produk bagus dengan harga murah.

Hal itu pun diakui oleh brand manager Focallure Indonesia bahwa dambaan wanita untuk menjadi cantik tak harus mahal dan sulit. Membuka official store di Shopee pun dilakukan karena ingin memberi kemudahan akses konsumen untuk menjadi cantik maksimal dengan budget murah. 

Terjun ke e-commerce rupanya menjadi keputusan yang tepat dan menyukseskan Focallure karena berhasil meningkatkan brand awareness.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

Banner Insight

3. Somethinc

Lagi-lagi Somethinc berhasil menjadi top 5 brand, kali ini produk make up Somethinc juara 3 pada rekomendasi lip tint terbaik di akhir 2022. Somethinc tak hanya terkenal karena banyak menang di produk skincarenya, tapi juga produk riasan wajah.

Produk lip tint Somethinc terpantau oleh data Compas dashboard terjual sebanyak 7.560 unit dengan angka share 7,98%. Dari hasil penjualan tersebut, sales revenue yang didapatkan brand lokal ini sebanyak Rp483.5 juta atas penjulan lip tintnya. 

Ditinjau dari segi harga, lip tint Somethinc dibanderol dengan harga mulai dari Rp59 ribuan. Harga tersebut sedikit di atas dari harga jual Focallure yang ada di angka Rp30 ribuan. Untuk merebut pasar, Somethinc juga memanfaatkan tren K-Beauty karena terlihat dari Brand Ambassadornya yaitu Han So Hee dan NCT Dream. 

4. Y.O.U

Kali ini brand Y.O.U menduduki peringkat 4 rekomendasi lip tint di e-commerce. Y.O.U adalah lini kecantikan lokal Indonesia yang produknya beragam mulai dari make up hingga skincare. Merek di bawah naungan PT Hebe Beauty Style ini baru berdiri tahun 2018. 

Brand yang memiliki singkatan Youthful, Outstanding, dan Unique ini menjual 6.890 lip tint atau setara dengan Rp 390.2 juta. Tim data Compas melihat brand Y.O.U memiliki market share sebesar 6,44%.

Y.O.U mengusung konsep long lasting beauty yang maknanya setiap wanita dapat cantik tahan lama namun tak perlu mahal. Konsep tersebut tercetus karena berdasarkan riset pasar, banyak wanita yang khawatir make upnya pudar dalam kesehariannya. Tetapi untuk mendapatkan make up yang tahan lama atau long lasting, mereka harus merogoh kocek cukup mahal.

Tak mau ketinggalan dengan brand baru ternama lainnya, Y.O.U menjalin kerjasama bisnis dengan aktor Kim Soo Hyun sebagai Brand Ambassador. Lalu Y.O.U juga banyak engagement dengan pengikutnya di media sosial, banyak melangsungkan challenge dan mengikut event-event Beauty sehingga brand dan produknya makin terekspos luas.

5. Implora

Satu lagi brand lokal Indonesia yang memasuki list top rekomendasi lip tint terbaik. Brand asal Sidoarjo ini berada di bawah payung PT Implora Sukses Abadi yang sudah berdiri sejak tahun 2002. 

Di tahun 2020, Implora menggandeng Aurelie Moeremans menjadi Brand Ambassador pertamanya. Pengangkatan Aurelie menjadi BA ini makin melejitkan nama Implora karena aktris tersebut sesuai dengan karakteristik brand imagenya. Implora dengan tagline “Approved By Me” ingin membuat kaum wanita Indonesia percaya diri dan menerima dirinya sendiri di tengah maraknya isu insecurities.

Usia matang Implora dalam industri Beauty and Care membuktikan brand ini sanggup bersanding dengan brand kecantikan baru lainnya. Riset tim data Compas menyebutkan bahwa di periode 16-31 Desember 2022, Implora menjual 14K produk lip tint di e-commerce Indonesia. Lip tint Implora memiliki market share 4,67%. Brand ini menutup 2022 dengan perolehan sales revenue Rp283.3 juta.

Dari strategi pemasaran yang dilakukan Implora cukup baik. Instagramnya terlihat aktif melakukan engagement dengan followers sehingga mendekatkan hubungan brand dengan konsumen. Kemudian Implora juga mengikuti event-event kecantikan untuk mengekspos brand lebih luas. Juga melakukan berkolaborasi dengan Relaxa sebagai brand permen ternama dan public figure.

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Banner E-Commerce Report

Kesimpulan

Dari kelima brand di atas dapat disimpulkan bahwa untuk memenangkan pasar, brand harus sangat mengenal persona targetnya dengan akurat. Brand-brand di atas memiliki segmentasinya masing-masing dan atas riset pasar yang baik, mereka dapat mengidentifikasi masalah, kebutuhan, dan harapan tiap segmen pasar.

Contohnya Barenbliss yang memang fokus pada segmen pasar pecinta K-Beauty, sehingga mulai dari produk, pemilihan model produk semuanya berkiblat pada Korea. Lain halnya dengan Implora yang memang fokusnya ada pada segmentasi lokal yang ingin percaya diri dan menerima fisiknya tanpa perlu mengikuti tren apapun dari luar negeri.

Persaingan brand kecantikan makin ketat di tahun 2023 ini. Kabar gembiranya, sekarang ada laporan berisi riset data pasar lengkap agar brand Anda dapat repositioning kembali di e-commerce. Segera miliki Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 dan manfaatkan laporan tersebut sebaik-baiknya demi memberikan produk terbaik bagi konsumen.

Compas siap mendampingi Anda menjadi brand Beauty and Care kepercayaan wanita Indonesia di e-commerce tahun 2023!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.