Intip 10 Top Brand Eyeliner Lokal Terlaris di Marketplace : Pancaran Madame Gie Sukses mengantarkan ke Peringkat pertama !

Author : Raga Putra Wiwaha 

Compas.co.id – Siapa yang tidak mengenal Eyeliner? Eyeliner merupakan salah satu unsur Make Up untuk membuat bentuk mata agar lebih besar, tegas dan terlihat cantik. Penjualan eyeliner lokal cukup menjanjikan di pasaran kosmetik indonesia.

Tahun 2021 tepatnya, trend menggunakan eyeliner mendadak viral di tiktok, lantaran ada salah satu content creator membuat challenge menggunakan eyeliner yang dikenal dengan Mummy eyeliner challenge. Lantas, membuat penjualan eyeliner lokal meroket dan banyak orang ingin mencoba trend tersebut.

Menariknya, belakangan ini banyak beberapa brand kecantikan yang menggunakan jasa influencer sebagai strategi marketingnya. Dampaknya, beberapa produk menjadi viral dan bahkan berhasil menarik pelanggan, salah satunya dengan trend challenge di atas, Cara seperti ini bisa kamu tiru untuk memasarkan produk-produk andalan.

Lantas bagaimana data penjualan eyeliner di awal tahun 2022 ini? Siapa saja brand yang menjadi top rank penjualan eyeliner lokal terlaris? Pada artikel ini, tim Compas melakukan riset dengan menggunakan metode online crawling Official Store di Shopee dan Tokopedia. Pada kategori eyeliner dengan filter Indonesia only, terdapat -/+ 1.7 ribu listing produk di Official Store untuk periode 14-28 Februari 2022. simak yuk daftar top ranknya,dibawah ini !

Top Rank Eyeliner Lokal Terlaris di Shopee dan Tokopedia periode 14-28 Februari 2022

1. Madame Gie

Siapa yang tidak mengenal madami gie? mempunyai tagline “Cantik Ekonomis” membuktikan bahwa untuk tampil cantik itu tidak perlu mahal. Dampaknya, kini berhasil menduduki peringkat pertama dalam Top Rank Eyeliner Lokal terlaris yang memiliki sales volume sebanyak 43.9%

Fakta menarik kenapa brand ini berhasil menjuarai top rank yaitu dengan giat menerapkan strategi diskon produk, bundling dan gratis ongkir, hasilnya salah satu produk terlaris eyelinernya yaitu Make Up Eyeliner Pen Black Waterproof yang memiliki keunggulan pigmentasi tinggi dengan warna rona yang tegas,diklaim memiliki smudge waterproof dan tahan lama.

2. Wardah

Terkenal dengan brand “halal” popularitas Wardah tidak usah diragukan lagi sehingga kini berhasil menduduki peringkat kedua dalam top rank brand eyeliner lokal terlaris dengan dengan jumlah sales volume sebanyak 21.7%. Wardah diklaim merupakan pelopor merek kosmetik halal indonesia, maka tak jarang brand ambassadornya rapih dengan balutan hijab.

Banyak cara yang dilakukan wardah agar bisa menjadi brand kosmetik populer, salah satu strategi marketing yang sering dilakukannya yaitu dengan berinovasi menciptakan beberapa produk dan dipasarkan dengan cara mendiskonkan produk tersebut, satu satu produk terlaris pada kategori ini yaitu Eyeliner Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black LIner yang memiliki keunggulan untuk memberi warna hitam pekat dan glossy, serta ceat kering dan tahan lama.

3. Make Over

Di Posisi ketiga, Make Over berhasil menduduki peringkat ketiga dengan memiliki jumlah sales volume sebanyak 9.6%. sesuai tagline yang dimilikinya “ beauty beyond rules” yang diharapkan perempuan indonesia mengekspresikan kepribadian sesungguhnya.

Strategi yang dilakukan make over dalam menarik minat pelanggannya yaitu dengan menjadikan Istri youtuber darmawan,yaitu Paula Verhoeven sebagai brand ambassadornya, selain itu make over juga mengadakan campaign serta diskon produk salah satu yang menjadi terlaris pada kategori ini yaitu produk Make Over Hyper Black Superstay Liner 1 g yang memiliki warna intens, kemasan ekonomis dan diklaim tahan lama serta tahan air.

4. Implora

Keuksean Implora kini tidak bisa dianggap remeh, terbukti pada kategori eyeliner lokal terlaris. Brand yang menggaungkan #ApprovedByme ini sukses menduduki peringkat keempat top rank eyeliner lokal dengan memiliki sales volume yaitu 6.1%. Dilansir dari website beautynesia.id Secara lebih dalam, makna tagar ini sendiri merupakan ajakan untuk seluruh wanita Indonesia agar bisa merasakan kebebasan menjadi cantik sesuai dengan pilihannya.

Berdasarkan fokus dari brand tersebut, kini implora berhasil menjadikan salah satu artis cantik indonesia menjadi brand ambassadornya yang diklaim memiliki filosofi sama dengan brand implora, implora juga sering melakukan kegiatan campaign, dan diskon produk, salah satu yang terlaris dalam kategori eyeliner yaitu Implora Black Eyeliner Pen yang memiliki keunggulan untuk membuat mata terlihat tegas dan dramatis. 

5. Pixy

Selanjutnya, Brand yang baru mengubah tagline menjadi  “My beauty,my energy” kini sukses menduduki peringkat kelima top rank eyeliner lokal terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 5.0%. Konsep baru yang diluncurkan pixy, diklaim akan mengubah citra brand ini menjadi feminim,sederhana dan modern.

Terbukti dengan menerapkan tersebut, pixy menjadi brand kosmetik yang memiliki banyak peminat. strategi lain yang juga diterapkan oleh pixy yaitu menggunakan influencer beauty, mengadakan diskon produk dan paket bundling, sehingga pixy bisa bertengger di urutan kelima. salah satu  produk terlaris kategori eyelinernya yaitu  Pixy Eyeliner Black yang memberikan hasil akhir matte tahan hingga 14 jam.

Baca Juga : Daftar Top Brand Bulu Mata Palsu Natural Periode 1-15 Oktober 2021 di Shopee dan Tokopedia: 4 Diantaranya Lokal!

6. Somethinc

“Skin First,makeup second,Glow always” itulah yang menjadikan peringkat somethinc glowing dengan berhasil menempati posisi keenam dalam top brand eyeliner terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 3.7%. merk ini banyak meluncurkan beberapa kategori produknya yang laris dipasaran.

Adapun strategi yang digunakan oleh somethich yaitu dengan rutin mengadakan giveaway, pre-order produk dan mengadakan kolaborasi oleh artis korea, hasilnya dalam salah satu produknya yaitu kategori eyeliner terlaris yaitu Somethinc velvet sugar  Dual Gel Eyeliner

7. Mizzu Cosmetics

Selanjutnya posisi ketujuh diisi dengan brand mizzu cosmetics dalam daftar top rank eyeliner lokal terlaris yang memiliki jumlah sales volume mencapai 2.5%. mizzu sempat menggemparkan dunia kosmetik karena pernah menjalin kerjasama dengan produk F&B dalam pengemasan produknya.

Menggaungkan #beyoubeunique sangat cocok dengan strategi marketing yang unik diterapkan oleh brand ini, salah satunya memadukan produk kecantikan dengan F&B tak hanya itu brand ini juga melakukan diskon promo pada penjualan eyeliner hasilnya produk eyeliner terlarisnya yaitu  Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen yang merupakan eyeliner dilengkapi dengan aplikator berupa spons yang berguna untuk memudahkan penggunanya.

8. Esqa

Di Urutan kedelapan Esqa berhasil menduduki peringkat top rank eyeliner lokal terlaris dengan memiliki jumlah  sales volume 1.5%. Esqa diciptakan oleh dua sahabat yang ingin berkontribusi di dunia kecantikan indonesia, seiring berkembangnya waktu Esqa banyak mengembangkan beberapa jenis produknya. 

Selama ini ada beberapa strategi yang digunakan oleh Esqa dalam menjalankan bisnis kosmetiknya, salah satunya seperti yang dilansir wolipop.detik.com bahwa Esqa mengakui produknya hanya dijual melalui online saja, hal tersebut dikarenakan belanja online lebih praktis.

Hal tersebut didukung juga dengan beberapa diskon dan campaign yang rutin dilakukan brand ini sehingga terdapat produk terlarisnya dalam kategori  eyelinernya yaitu Waterproof Intense Eyeliner Black yang membuat mata tampil lebih sempurna serta dibuat tanpa bahan kimia.

9. Ms Glow

Siapa yang tidak mengenal Ms Glow? Brand yang dimiliki salah satu sultan indonesia ini selalu mencuri perhatian, hasilnya MS glow berhasil menduduki peringkat sembilan dalam top rank eyeliner lokal terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 1.1%.

Strategi yang digunakan Ms Glow dalam menjalankan bisnis yaitu dengan menggunakan brand ambassador dan turut melakukan diskon besar-besaran. bahkan sempat viral tentang strategi marketingnya di billboard times square new york beberapa waktu lalu. Salah satu produk terlaris dalam kategori eyelinernya yaitu Eye Series MS Glow yang menutrisi dan membuat mata tampak sehat.

10. Emina

Daftar top brand  eyeliner lokal  terlaris pada periode ini ditutup dengan brand Emina dengan memiliki sales volume 1.1%.” Born to be loved” brand ini mengingatkan bahwa setiap wanita memiliki kecantikan masing-masing. Emina merupakan produk kecantikan yang fokus kepada remaja wanita.

Brand yang menjadi penutup ini memiliki beberapa strategi marketing yang unik yaitu dengan memaksimalkan konten marketing di instagram dengan dibalut warna-warna pastel yang cocok untuk remaja karena memiliki kesan lemah lembut, strategi lainnya juga brand ini selalu mengadakan diskon hasilnya salah satu kategori produk terlarisnya yaitu eyeliner  Emina Eye Do! Pencil Eye Liner 1 gr yang akan membantu mata menjadi menyala dan lembut.

Baca Juga : 7 Pensil Alis Terlaris di Shopee Periode 1-7 November 2021: Ini Produk yang Populer!

Kesimpulan 

berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa brand lokal kini semakin menjamur dengan menambahkan beberapa strategi marketing yang ampuh untuk menjangkau para pengguna produk kecantikan.

Berdasarkan riset tim compas, strategi yang sering dilakukan oleh beberapa brand di atas yaitu dengan menggunakan influencer beauty bahkan artis untuk bisa mempromosikan produknya, tak hanya itu kegiatan campaign juga masih menjadi favorit pemasaran setiap brand.

Kamu juga bisa menerapkan strategi tersebut pada produk-produk lainnya, dengan mencari apa yang bisa diubah untuk membuat konsumen kamu semakin merasa nyaman dan praktis.

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

Source : Dashboard Compas.co.id kategori kecantikan


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.