data penjualan makanan minuman

Data Penjualan Makanan & Minuman Tembus 10 Miliar di Awal Tahun

Author: Nova Haasiani

Makanan dan minuman memang sudah kebutuhan utama manusia, yang berarti orang akan terus mencari dan memilih jenis ragamnya. Seperti yang kamu temui saat ini, variasi makanan dan minuman dari segi rasa, bentuk, atau kemasan tidak henti-hentinya bermunculan.

Kementrian Perindustrian meramalkan bahwa pertumbuhan industri makanan pada 2021 dapat mencapai 4,49 persen. Kondisi tersebut menunjukan peluang yang besar akan bisnis ini, dimana jumlah market sangat berpotensi khususnya dalam bisnis kuliner.

Lalu, bagaimana dengan transaksinya di online marketplace? Kira-kira produk makanan dan minuman apa yang unggul di online marketplace di awal tahun 2021 ini? Yuk, kita bahas!

Total Transaksi Makanan & Minuman

Selama situasi pandemi COVID-19 ini, kebanyakan masyarakat memang beralih untuk mendapatkan produk makanan dan minuman secara online melalui e-commerce. Hal ini banyak dilakukan mengingat bahwa lebih kecilnya resiko penularan virus dibandingkan berbelanja langsung.

Angka penjualan kategori makanan dan minuman pada awal tahun 2021, berhasil mencapai 247,538 di marketplace. Selain itu, total dari penjualan di kategori ini sudah mencapai lebih dari Rp10 Miliar sendiri.

Menarik untuk dicermati karena mengingat bahwa akan adanya pertumbuhan dalam industri makanan, penjualan pada kategori ini akan mengalami lonjakan yang lebih besar lagi pada sisi penjualannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk para pelaku bisnis bisa mengetahui market share mereka di pasar.

Susu Olahan Sang Jawara

susu olahan

Kebanyakan dari kita mungkin sudah familiar dan bahkan sering menggunakan produk-produk susu olahan. Beberapa produk dalam kategori ini yang kamu ketahui di antaranya adalah susu bubuk, susu UHT, susu kental manis, keju, mentega margarin, keju.

Dari data Compas, kami menemukan bahwa susu olahan merupakan kategori produk makanan dan minuman yang paling unggul di tahun 2021 dengan market share sebesar 78.6%. Menarik untuk dicermati bahwa kategori Susu Olahan bisa melampaui kategori lainnya seperti minuman, bahan pokok, dan makanan ringan secara signifikan.

grafik penjualan makanan

Jika dilihat lebih dalam lagi, produk Susu Bubuk menjadi yang terlaris di awal tahun ini dengan market share sebesar 69.9% dan jumlah transaksi sebesar 53,551. Sementara itu, di posisi kedua ada produk Mentega Margarin yang tertinggal cukup jauh yaitu 17%, diikuti dengan Susu UHT sebesar 7.8%.

Menarik untuk diketahui produk Susu Bubuk berhasil unggul di online marketplace awal tahun 2021 ini dengan market share sebesar itu. Data-data ini bisa membantu untuk mengidentifikasi seberapa kuat posisi kamu di marketplace, berdasarkan total penjualan produk serta membandingkannya dengan kompetitor dalam kategori yang sama yang merupakan faktor berpengaruhi dalam penjualan di marketplace.

Mengukur Potensi Pasar

Bagi para pengusaha besar maupun kecil, kategori makanan dan minuman merupakan bagian dari pasar kebutuhan sehari-hari yang luar biasa peminatnya. Total transaksi produk makanan dan minuman dalam sebulannya di marketplace saja bisa melebihi Rp10 Miliar*.

Hal tersebut menandakan besarnya potensi pasar serta market share yang bisa diraup oleh suatu brand yang bergerak di kategori makanan dan minuman.

Menganalisa pasar dengan data dapat membantu kita dalam menyusun strategi bisnis yang lebih tajam. Kamu bisa memahami lebih lagi pentingnya penggunaan data dalam berbisnis di kategori makanan dan minuman melalui Compas Quick Report.

Compas Quick Report memberikan akses data penjualan di marketplace pada kategori produk mu, untuk menganalisa potensi market dalam suatu periode tertentu. Alhasil, kamu bisa sesuaikan produkmu dengan kebutuhan tertinggi pasar. 

Menggunakan data valid pada Compas QR juga merupakan investasi yang menjanjikan untuk strategi bisnis kamu kedepannya. Kamu bisa memprediksi tren dan potensi market berdasarkan data yang akurat. 

Tak hanya itu, data pada Compas QR juga mampu menunjukkan brand mana yang menjadi top brand dengan penjualan tertinggi di e-commerce. Tanpa perlu riset lama, jadilah pemenang dalam kategori yang sama di marketplace!

*Periode data 1-31 Januari 2021 via Dashboard compas.co.id pada 15/03/2021 pukul 11:00 WIB. Data yang dipetakan sejumlah 4.870 SKU di Tokopedia dan Shopee. Data dapat berubah sewaktu-waktu apabila terjadi penambahan SKU.

Baca juga :

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us