logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Daftar Sembako yang Paling Laris

Daftar Sembako yang Paling Laris untuk Jualan Online

Daftar Sembako yang Paling Laris untuk Jualan Online

Compas.co.id – Bisnis jualan sembako merupakan bisnis yang selalu dicari karena dibutuhkan konsumen. Umumnya, bisnis jualan sembako berupa toko kelontong atau swalayan. Namun, era digital membuat bisnis tersebut merambah pasar di e-commerce

Ditambah lagi, e-commerce telah menyediakan layanan berupa quick commerce sehingga pengiriman bahan pokok seperti sembako atau bahan segar menjadi lebih cepat. Hal ini pun menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk memilih online groceries untuk membeli produk sembako. 

Terutama saat pandemi Covid-19 lalu, data Compas Dashboard mencatat, transaksi pembeli sembako di sejumlah e-commerce mencapai 670.755 transaksi. Legitnya pasar sembako di e-commerce tersebut membuat investor tertarik terjun ke bisnis ini. 

Melansir dari Finance Detik, startup rural e-commerce mengumumkan mendapat pendaaan pra-seri B sebesar US$6.6 juta dari BTPN Syariah Ventura. Hal ini menandakan bahwa bisnis sembako online punya potensi besar di masa mendatang. 

Daftar Sembako yang Paling Laris untuk Jualan Online

9 Daftar Sembako yang Paling Laris

Kembangkan bisnis jualan sembako Anda dengan menjual produk-produk terlaris. Berikut daftar sembako yang paling laris di official store Shopee dan Tokopedia sepanjang semester I – 2022. 

1. Kecap sambal

Daftar sembako yang paling laris di urutan pertama ada kecap sambal dengan penjualan sebanyak satu juta produk lebih. Sebagai masyarakat yang gemar mengonsumsi sambal, bukanlah hal yang mengejutkan jika kecap sambal jadi produk terlaris di e-commerce

Penjualan bahan pokok sepanjang semester I – 2022 di e-commerce mencapai satu juta produk lebih. Penjualan kecap sambal tersebut juga dikuasai oleh pemain lokal seperti Eatsambel, Mr. Crispy, ABC, Kecap Manis, dan sambal legendaris asal Surabaya, Bu Rudy. 

Model sambal dari Eatsambel dan Mr. Crispy ini sekilas hampir sama, yakni sejenis olahan berupa sambal cumi, sambal ikan, dan lainnya. Namun, Mr. Crispy terpantau lebih ekonomis harganya ketimbang Eatsambel. Riset Tim Compas menunjukkan, harga rata-rata produk Mr.Crispy berkisar Rp33.900, sedangkan Eatsambel dibanderol Rp82.800. 

Jika ditelusuri dari segi harga secara umum, Tim Compas menemukan ada produk kecap sambal yang dijual mulai dari Rp590 – Rp670.000 di official store. Produk paling mahal merupakan Haechandle Gochujang atau sejenis sambal Korea dengan ukuran 14 kg. 

Sedangkan di non official store, harganya berkisar Rp99 saja hingga paling mahal Rp930.000. Kecap sambal termahal ini merupakan produk bundling dari saus sambal Dua Belibis berisi 480 pcs. 

2. Beras

Sebagai makanan pokok utama masyarakat Indonesia, sudah pasti beras masuk daftar sembako yang paling laris. Beras di Shopee dan Tokopedia terjual hingga lebih dari 549 ribu produk. 

Beberapa brand beras yang menguasai e-commerce tersebut di antaranya Raja Platinum, Topi Koki, dan SiMantul. Penjualan tertinggi dari Raja Platinum, yaitu mencapai Rp3.5 miliar selama semester I – 2022. 

Apabila dibandingkan dari segi harga, beras Raja Platinum rata-rata harganya mencapai Rp61.600. Sementara Topi Koki lebih tinggi dengan mematok harga Rp71.200 dan SiMantul tidak jauh beda harganya dengan Raja Platinum, yakni Rp61.700. Artinya, beras Raja Platinum lebih terjangkau secara harga sehingga jadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk membelinya. 

Tim Compas juga menelusuri harga produk beras di official store Shopee dan Tokopedia secara keseluruhaan. Produk beras tersebut dijual mulai dari Rp10.500 hingga paling mahal Rp5.000.000. Produk beras termahal tersebut berukuran 500 kg dengan nama Beras Bunga. Sementara beras paling murah seharga Rp10.500 merupakan beras singkong dari merek Oyek Tiwul.  

3. Penyedap rasa

Masakan tanpa penyedap rasa memang tak lengkap rasanya. Penjualan penyedap rasa juga segurih rasanya, yaitu mencapai 451 ribu produk dalam tiga bulan. 

Daftar sembako yang paling laris satu ini dikuasai oleh brand milik PT Unilever Indonesia Tbk, Royco dengan sales revenue sebesar Rp618.5 juta. Pencapaian tersebut menjadikan Royco sebagai juara pertama top brand penyedap rasa sepanjang semester I – 2022. Produk Royco ini harga jualnya rata-rata Rp18.000. 

Peringkat kedua dan ketiga dari top brand penyedap rasa diraih oleh Mc Lewis dan Saus Tiram yang masing-masing meraih sales revenue sebesar Rp514.1 juta dan Rp548.9 juta. Dari segi harga, kedua brand tersebut terbilang lebih mahal, yaitu dengan rata-rata harga Rp33.700 pada Saus Tiram dan Rp21.600 pada Mc Lewis. 

Baca juga: Inilah 5 Jenis Sembako Terlaris untuk Usaha Kelontong Online

4. Minyak 

Minyak selalu menjadi kebutuhan utama dalam memasak karena hampir semua masakan membutuhkan bahan tersebut dalam pengolahannya. Penjualan minyak di e-commerce mencapai lebih dari 439 ribu produk sepanjang periode semester I – 2022. 

Beberapa brand minyak goreng yang populer di e-commerce di antaranya Tropicana Slim, Sunco, Sania, dan lainnya. Penjualan minyak di e-commerce adapula yang berukuran kecil per produknya dan dalam bentuk bundling. Harga minyak di official store Shopee dan Tokopedia paling murah pada kisaran Rp4.100 sampai termahal Rp1.860.000. 

5. Gula

Berikutnya ada si manis yang melengkapi cita rasa masakan, yakni gula dengan penjualan kurang lebih 315 ribu produk. Gula termasuk bahan pokok yang harganya cenderung mengalami kenaikan dan penurunan. 

Tak mengherankan jika produk ini banyak diburu saat harganya menurun atau ketika ada promo khusus. Hal ini bisa menjadi strategi yang Anda terapkan untuk memikat lebih banyak konsumen. 

Menariknya, Tim Compas mendapatkan data harga penjualan gula yang begitu murah di Shopee dan Tokopedia. Harga termurah yang dijual, yakni Rp450 pada produk Singabera Organic Coconut Sugar berupa pouch box 1 pcs. 

Sedangkan paling mahal nilainya hingga jutaan rupiah yang berasal dari produk Gulaku (Kuning) Tebu Alami 1 kg x 2 karton & Gulaku (Hijau) Premium 1 kg x 2 karton. Ini merupakan produk bundling sehingga wajar jika harganya terbilang tinggi. 

6. Bahan baking

Seiring meningkatnya perkembangan industri roti dan kue, maka kebutuhan bahan-bahan baking juga naik. Bahan baking masuk dalam daftar sembako yang paling laris dengan sales revenue hingga 247 ribu produk. Beberapa bahan baking yang umum dijumpai secara online di antaranya soda kue, tepung-tepungan, baking powder, dan lainnya. 

Produk baking termurah yang dijual di official store Shopee dan Tokopedia berasal dari brand Cap Djepati. Produk Cap Djepati Perisa Makanan Vanila Garuda D.N 2 gr dijual hanya Rp140 saja pada . Adapun bahan baking paling mahal senilai Rp730.000 berasal dari produk La Dame in Vanilla 550 ml (Paste Non Alcohol). 

7. Tepung premix

Tepung premix merupakan tepung jadi yang di dalamnya terkandung tepung terigu dan bahan lainnya yang berupa bubuk. Penjualan tepung premix di e-commerce berhasil meraih angka 149 ribu produk lebih. Biasanya, tepung premix digunakan sebagai bahan roti, kue, atau cookies

Tim Compas menelusuri penjualan produk tepung premix dibanderol mulai dari Rp100 – Rp585.000. Produk paling murah berasal dari Pondan Tepung Bumbu Pisang Goreng 200 gram, sedangkan termahal dari Tepung Kasar Crispy ala Shihlin ukuran sekarung. 

8. Telur

Telur adalah salah satu daftar sembako yang paling laris dan menjadi sumber protein utama selain dari daging atau kacang-kacangan. Penjualan telur di e-commerce sebesar 79 ribu produk lebih. Secara umum, penjualan telur tidak dalam satuan melainkan dalam jumlah banyak sekaligus agar lebih efektif dan terjangkau. 

Telur yang dijual di e-commerce juga tidak hanya berupa telur ayam, tapi juga ada telur puyuh. Harga jual telur puyuh pernah tercatat paling rendah senilai Rp1.050, sementara termahal Rp120.000 untuk telur puyuh sebanyak 5 pack atau sekitar 225 butir. 

9. Makanan kering

Makanan kering laris terjual sebanyak 78 ribu produk lebih selama semester I – 2022. Makanan kering termasuk jenis produk makanan non basah seperti sayur-sayuran kering, biji-bijian kering, buah kering, atau sejenisnya. 

Dengan mematok harga Rp2.350, makanan kering dari Mamacia Treats Organic Chia Seed ini pernah menjadi produk termurah dari kategori tersebut. Sebaliknya, paling mahal mencapai harga Rp825.000, yakni pada produk Castle Farms Kurma Ajwa Organik dengan kualitas premium berukuran 5 kg. 

*Disclaimer: penentuan produk dengan harga lowest dan highest price diperoleh dengan melalukan penyortiran pada produk-produk yang tidak relevan. 

Baca juga: 7 Produk Lip Gloss Lokal Terlaris Periode 8-15 Desember 2021

5 Tips Jualan Sembako Online

Tips Jualan Sembako

Temukan rahasia cuan jualan sembako online melalui beberapa tips berikut ini. 

1. Cari tahu kebutuhan pelanggan

Ada banyak jenis produk sembako yang bisa Anda jual. Namun, dari sekian banyak sembako tersebut, ketahui daftar sembako yang paling laris dijual secara online. Kategori sembako tersebut telah dipaparkan sebelumnya, untuk data lebih lengkapnya bisa Anda peroleh melalui Compas Dashboard. 

Produk sembako paling laris menandakan bahwa barang tersebut yang sedang dicari dan dibutuhkan konsumen. Artinya, itulah daftar barang yang seharusnya Anda jual karena sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

2. Temukan distributor terpercaya

Kunci keberhasilan jualan sembako tidak lepas dari distributor karena dari sanalah Anda mendapat pasokan bahan. Temukan distributor yang tidak hanya bisa dipercaya baik dari segi kualitas produk dan pelayanannya, tapi juga harganya juga sesuai.

Biasanya, produk sembako akan lebih diminati jika harganya terjangkau dan memenuhi standar yang ada. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai memilih distributor atau supplier produk. 

3. Kembangkan situs toko

Meski Anda sudah memulai bisnis jualan sembako di e-commerce, bukan berarti itu menjadi satu-satunya media penjualan. Anda bisa mengembangkan situs khusus bisnis sembako tersebut dan memasarkan produk di sana. 

Anda juga bisa melengkapinya dengan sajian artikel menarik yang relevan dengan produk sembako atau target konsumen. Dengan begitu, pemasaran Anda tidak hanya berfokus pada e-commerce saja sehingga memperbesar peluang penjualan. 

4. Atur strategi promosi

Bisnis jualan sembako di e-commerce memang tampak mudah karena dijalankan secara online. Realitanya, pesaingnya juga tidak sedikit sehingga Anda harus bisa mengatur strategi khusus agar produk Anda yang paling diminati konsumen. 

Strategi bisnis yang bisa Anda terapkan misalnya, penawaran diskon atau promo khusus pada momen tertentu. Kuatkan pula promosi produk di media sosial guna meningkatkan brand awareness sehingga kian banyak yang mengenali produk jualan Anda. 

5. Tingkatkan pelayanan

Apabila bisnis sudah cukup berkembang, perusahaan hanya perlu meningkatkan pelayanan agar konsumen tetap setia. Peningkatan pelayanan tidak hanya dari segi customer, tapi juga menghadirkan produk inovatif. 

Strategi tersebut juga membuka peluang konsumen baru sehingga penjualan Anda bisa terus meningkat seiring bertambahnya konsumen. 

Baca juga: Data Penjualan Emina di E-Commerce Indonesia Periode 1-15 September 2022

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda

Teknologi digital tidak hanya hadir untuk mengefektifkan kinerja perusahaan, tapi juga berperan penting dalam pengembangan bisnis. Sudah banyak pelaku bisnis yang membuktikan hal tersebut. Namun, pengembangan bisnis tak bisa dilakukan tanpa riset pasar. 

Melalui teknologi digital, riset pasar makin mudah dijalankan dan analisis data juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Ada berbagai platform yang menawarkan teknologi tersebut untuk membantu riset pasar Anda, contohnya melalui Compas Dashboard. 

Dengan Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.