logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
data penjualan emina

Data Penjualan Emina di E-Commerce Indonesia Periode 1-15 September 2022

Data Penjualan Emina di E-Commerce Indonesia Periode 1-15 September 2022

Compas.co.id – Belakangan ini, industri perawatan dan kecantikan di Indonesia terus meningkat pesat. Bahkan, industri tersebut tumbuh 9,61% pada tahun 2021 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). 

Pertumbuhan tersebut juga disambut antusias oleh pemain lokal. Tercatat, jumlah perusahaan di bidang kosmetik meningkat hingga 20,6% menurut BPOM. Brand-brand lokal turut andil pula berkontribusi pada pertumbuhan bisnis tersebut. 

Dalam data Compas Dashboard, sebagian besar brand lokal sukses merebut pasar perawatan dan kecantikan di e-commerce. Beberapa brand tersebut salah satunya masih satu bagian dengan Wardah dan Make Over, yaitu Emina. 

Mengenal Brand Emina

Perjalanan lahirnya Emina diawali dari keresahan Clarissa, Head Marketing di PT Paragon Technology & Innovation (PTI), bersama timnya yang mengungkap bahwa belum ada brand kecantikan di Indonesia dengan persona anak-anak muda kala itu. 

Jeli melihat celah ini, Clarissa bersama timnya mencoba mengambil kesempatan tersebut dengan meluncurkan Emina pada bulan Maret 2015. Emina dirancang sebagai brand kecantikan dengan persona yang fun dan playful dengan targetnya anak remaja. 

Tak mengherankan jika sebagian besar produk Emina berwarna cerah dan harganya relatif terjangkau sehingga cocok di kantong remaja. Dalam menjalankan strateginya sebagai brand baru, Emina selalu berupaya memahami kebutuhan konsumen dengan menghadirkan beragam inovasi. Dengan begitu, konsumen akan terus datang dan setia memilih Emina. 

Di sisi lain, Emina juga memiliki strategi khusus dalam membangun brand awareness produknya, yaitu dengan mengenalkan konsep Beauty is Fun dilengkapi tagline “Born to Be Loved”

Langkah ini dinilai cukup ampuh untuk menarik target market yang merupakan anak-anak remaja agar lebih bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Buktinya, hingga sekarang produk Emina masih laris di pasaran di tengah ketatnya persaingan dalam industri perawatan dan kecantikan. 

Bahkan, Emina juga tidak jarang masuk jajaran top brand terlaris pada kategori produk tertentu. Kupas data selengkapnya mengenai performa penjualan Emina dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

Data Penjualan Emina di Tokopedia Periode 1-15 September 2022

Data Penjualan Emina di Tokopedia

Emina tidak hanya hadir secara offline di toko-toko, tapi juga tersedia di e-commerce baik di official maupun non official store. Berikut data penjualan Emina di official store Tokopedia sepanjang periode 1-15 September 2022. 

Emina Sukses Capai Revenue Rp96.3 Juta

Penjualan Emina di Tokopedia berhasil meraih revenue hingga Rp96.3 juta hanya dalam kurun waktu dua minggu saja. Berdasarkan data penjualan Emina ini, kategori produk terlarisnya adalah perawatan wajah, kosmetik bibir, kosmetik wajah, dan lainnya. 

Produk perawatan wajah brand tersebut memperoleh penjualan sebesar Rp67.4 juta. Artinya, produk-produk skincare Emina memang laris terjual di Tokopedia. Jadi, wajar saja jika brand yang identik dengan warna pink tersebut masuk daftar top brand skincare di Indonesia. 

Sunscreen Aftersun, Si Top Produk Terlaris

Sementara ditinjau dari produk terlaris, yaitu Sunscreen Aftersun. Produk tersebut ludes di official store Tokopedia dengan meraih penjualan sebesar Rp16 juta. 

Produk sunscreen Emina tersebut memang tergolong terjangkau ketimbang beberapa produk sunscreen yang ada di pasaran, yakni harga normalnya Rp30.500. Sementara produk sunscreen dari beberapa kompetitor utamanya dibanderol dengan kisaran harga Rp50.000 – Rp100.000. Harga tersebut memang hemat di kantong para remaja sehingga secara pricing strategy sudah menyesuaikan target konsumen. 

Baca juga: Data Penjualan Serum: Lagi, Brand Lokal Kokoh Pimpin Pasar Periode 1-15 September!

Data Penjualan Emina di Shopee Periode 1-15 September 2022

Setelah menyimak data penjualan Emina di Tokopedia tersebut, apakah performanya sama dengan di Shopee? Langsung saja simak informasinya sebagai berikut. 

Total Revenue Emina Tembus Rp1.5 Miliar

Dari segi revenue, bisa dikatakan penjualan Emina lebih tinggi di Shopee ketimbang di Tokopedia. Bahkan, tak tangung-tanggung nilainya mencapai satu miliar lebih. 

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa konsumen Emina di Shopee lebih unggul dibandingkan di Tokopedia. Namun, untuk kategori produk terlaris Emina yang terjual di Shopee masih sama dengan Tokopedia, yaitu dari produk perawatan wajah. 

Bedanya, sales revenue produk perawatan wajah brand tersebut di Shopee sukses menembus angka Rp991.3 juta. Tentu perbandingannya sangat signifikan dibanding penjualan produk serupa di Tokopedia. 

Lagi, Lip Tint Juara I Top Produk Terlaris

Jika Sunscreen Aftersun berhasil sebagai juara pertama produk terlaris di Tokopedia, maka produk kecantikan Emina yang memegang prestasi tersebut di Shopee. 

Produk kecantikan dari kosmetik bibir, yakni lip tint sukses terjual dengan sales revenue mencapai Rp216.6 juta. Menurut pantauan Tim Compas sepanjang 1-15 September 2022, produk lip tint terlaris dari brand ini diraih oleh Emina Glossy Stain 3 gr dengan penjualan sekitar 2 ribu produk. 

Produk Emina Glossy Stain tersebut dijual pada kisaran harga Rp36.750 – 41.650 di Shopee. Secara umum, harga produk lip tint Emina di official store Shopee dibanderol Rp41.485, sedangkan di non official store harganya lebih terjangkau, yakni Rp35.564. 

Dari segi produk, Emina menawarkan produk lip tint dengan shades yang warnanya menarik dan cocok digunakan kaum remaja yang suka bergaya. Selain itu, kemasan produknya juga bernuansa cerah layaknya persona target user-nya. 

Baca juga: Mau Mulai Jualan Online? Cari Tahu Dulu 5 Barang Paling Laku di Online

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda!

Dewasa ini, rasanya hampir semua sektor bisnis mulai memanfaatkan teknologi digital agar dapat beradaptasi dengan pesatnya perubahan sehingga tetap bertahan. Transformasi dengan teknologi digital tidak hanya mengefektifkan kinerja bisnis, tapi juga mempermudah untuk mengembangkan performa usaha. 

Setiap pelaku bisnis ingin produk yang dijual laku di pasaran dan paling banyak digemari konsumen. Maka dari itu, banyak pebisnis gencar melakukan ekspansi ke platform digital untuk memasarkan produknya. 

Meski demikian, pebisnis juga memiliki kompetitor kuat yang harus diperhatikan. Sebab itu, perusahaan harus bisa menemukan formula untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih unggul dan tepat sasaran. 

Dengan teknologi digital inilah, perusahaan dapat merealisasikan setiap langkah dan strategi tersebut secara terukur. Hal ini pun harus dikuatkan dengan data dari riset pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.