competitive intelligence

Maksimalkan Bisnis Online dengan Competitive Intelligence: Pengertian, Manfaat, dan 3 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Dunia bisnis online memang sangat ramai. Begitu banyak kompetitor yang bergerak di  industri ini akan menyulitkanmu untuk bergerak menjadi juara dan stand out di antara brand lainnya.

Di tengah ketatnya kompetisi di dunia bisnis online, apakah kamu sudah melakukan competitive intelligence untuk brand-mu?

Masih belum akrab dengan istilah competitive intelligence? Yuk, baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut! Sudah saatnya bisnismu stand out dan menjadi pemenang di pasar!

Pengertian Competitive Intelligence dalam Bisnis Online

Competitive Intelligence (CI) adalah sebuah strategi bisnis ketika kamu melakukan, mengumpulkan, dan menganalisa informasi kompetitor bisnismu. 

Tidak hanya kompetitor, namun kamu juga bisa mengumpulkan informasi mengenai konsumen atau faktor lain yang mempengaruhi keuntungan bisnis. 

Dengan data kompetitor yang didapatkan dari melakukan CI, bisnismu akan mendapatkan insight mengenai kondisi pasar saat ini. Selain itu, kamu juga akan terdorong untuk menyusun taktik bisnis yang tepat, efektif, dan efesien agar dapat bersaing dengan kompetitor. 

Manfaat Competitive Intelligence dalam Bisnis Online

Competitive Intelligence memiliki banyak sekali manfaat untuk bisnis online, lho. Karena CI berfokus pada studi kompetitor, strategi ini akan membantumu untuk “melihat” penjualan kompetitor dengan jelas.

Menurut hubspot, manfaat lain dari melakukan CI adalah kamu bisa melihat dan menganalisa keunikan produkmu dan kompetitor. Kamu pun bisa menyusun strategi marketing dengan mendorong keunikan produkmu.

Selain itu, CI menjaga kamu tetap relevan dengan tren pasar. Pada akhirnya, mengetahui performa kompetitor dapat mengantarmu untuk menjuarai kompetisi di pasar dan menjaga bisnismu tetap mengikuti standar pasar.

3 Hal yang Dianalisis dengan Competitive Intelligence3 hal yang dianalisis competitive intelligence

1. Ketahui produk kompetitor

Ketika menjalankan suatu bisnis online, diasumsikan bahwa kamu sudah mengetahui kompetitormu, ya. Jika masih bingung siapa kompetitormu, mungkin kamu perlu mengenali 3 tipe kompetitor terlebih dahulu, nih.

Nah, jika sudah berkenalan dengan para kompetitor, kamu juga perlu mengetahui produk yang mereka tawarkan. 

Tidak hanya mengetahui jenis produknya, kamu juga perlu mengetahui apa yang membuat produk tersebut berbeda. Pikirkan langkah apa yang dapat kamu ambil untuk “mengalahkan” produk kompetitor di pasar.

2. Pelajari harga produk kompetitor

Setelah mengetahui produk mereka, kamu masih perlu menyelam lebih dalam, nih. Dengan mempelajari harga produk kompetitor, kamu dapat menjaga harga produkmu tetap sesuai dengan target pasar.

Tidak hanya harga, perhatikan juga taktik penjualan kompetitor. Apakah mereka memberikan diskon, hadiah gratis, bundle, atau buy 1 get 1?

Data kompetitor yang seperti itu cukup sulit untuk didapatkan. Namun, tenang saja karena kamu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Compas Dashboard. Tidak hanya taktik penjualan, kamu juga bisa mendapatkan actionable insight agar bisnismu semakin maksimal!

3. Search marketing

Search marketing erat kaitannya dengan penggunaan SEO dan SEM. Bagaimana kompetitor menggunakan kedua hal tersebut di bisnisnya?

Hal ini dapat berkaitan pula dengan penamaan produk mereka di marketplace. Ternyata, penulisan nama produk di marketplace dapat memengaruhi penjualan, lho. Contohnya, Rollover Reaction berhasil menaikkan penjualan hingga lebih dari 100% dengan mengganti penulisan nama produk di marketplace.

Kesimpulan

Melakukan competitive intelligence memang sangat erat kaitannya dengan studi kompetitor. Berbagai data pun kamu butuhkan agar kamu dapat melakukan CI dengan lancar dan bisnis online-mu semakin maksimal dan menjuarai pasar.

Compas Dashboard dapat membantumu untuk mendapatkan berbagai data tersebut. Kamu dapat melihat data kompetitor melalui data total sales revenue, total sales quantity, market share, list top brands, top product listings, dan top sellers.

Kamu juga dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang dipilih sehingga semakin memudahkan. Dengan bantuan Compas Dashboard, bisnis online Anda dapat menjalani metode forecasting dengan nyaman.

Yuk, coba akses Compas Dashboard dengan request diskusi langsung dengan Team Compas. Isi form online di link ini dan kami siap membantu kamu. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.