logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
13 Bentuk Keahlian Data Analyst dan Scientist

13 Bentuk Keahlian Data Analyst and Scientist yang Unik

13 Bentuk Keahlian Data Analyst and Scientist yang Unik

 

Compas.co.idPercepatan dunia teknologi melahirkan banyak profesi pekerjaan baru yang sebelumnya tak terlalu diperhatikan. Bidang keilmuan pun banyak berkembang karena mengikuti perkembangan dan percepatan bisnis yang mengandalkan teknologi dalam setiap mengambil keputusan bisnis.

Bidang ilmu data serta profesi sebagai data analyst dan data scientist pun mulai bermunculan dan banyak dibutuhkan kemampuannya. Hari ini segala keputusan bisnis harus didasarkan pada data pasar yang aktual dan tidak bisa dibuat hanya berdasarkan asumsi subyektif belaka. Oleh sebab itu seorang data analyst dan data scientist adalah profesi yang dicari oleh banyak perusahaan.

Banner Insight

Di bawah ini dijelaskan dengan rinci bentuk keahlian data analyst dan scientist agar Anda bisa mendapatkan orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan penting ini.

Apa Itu Data Analyst?

Data analyst merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan riset data dan menganalisanya menggunakan tools-tools tertentu. Perkembangan dunia digital 4.0 menjadikan profesi ini sebagai profesi yang krusial dan dicari oleh banyak perusahaan. 

Profesi ini penting dalam dunia bisnis Anda lantaran data analyst mengolah, mengambil kesimpulan dan melakukan visualisasi datanya. Tugasnya adalah mencari insight pasar dari berbagai aspek. riset yang dilakukan oleh seorang data analyst digunakan untuk pengembangan produk dan marketing karena mereka melihat aktivitas target pasarnya di internet.

Untuk tahu bagaimana hasil kerja seorang data analyst, Anda bisa melihatnya dari Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS DI SINI. Atau coba GRATIS dahulu dengan 30 menit Demo Compas Dashboard dengan KLIK DI SINI.

Seorang data analyst sangat diperlukan kinerjanya sebab perilaku, tren, dan preferensi yang sesuai dengan target pasar bisa cepat mengalami perubahan. Anda hanya bisa tahu semua hal itu dengan tepat berdasarkan data-data, bukan asumsi belaka. Jika dibandingkan dengan riset manual yang perlu membuat kuesioner dan bertemu responden terlebih dahulu, proses pengumpulan data analytic jauh lebih cepat dengan data lebih akurat.

Seorang data analyst dibutuhkan jika perusahaan memiliki volume data yang besar dan butuh keilmuan untuk menganalisanya sebelum menghasilkan data product. Untuk menjadi seorang data analyst tidak perlu latar belakang pendidikan matematika yang sangat kuat, walaupun peluangnya lebih besar. Tapi yang pasti, profesi ini butuh pemahaman statistika, visualisasi data, analisa EDA, dan kemahiran mengoperasikan tools untuk data analytic.

Baca juga: 7 Manfaat Big Data Analytics Bagi Perusahaan

Apa Itu Data Scientist?

Walaupun sama-sama bertanggung jawab atas data, profesi data scientist berbeda dengan data analyst. Seorang data scientist bertugas mengumpulkan semua data dari berbagai sumber yang ada. Data scientist harus mampu mengubah bentuk data sesuai dengan format agar data menjadi seragam ketika memasuki proses selanjutnya. 

Seorang data scientist dituntut untuk memikirkan cara-cara terbaru dalam pengembangan tools yang akan digunakan data analyst. Disamping itu juga memikirkan cara yang lebih efektif dan efisien dalam mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data. Data scientist lebih banyak bekerja dalam segi perancangan algoritma dan memprediksi model.

Dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 yang bisa dibaca GRATIS DI SINI, Anda juga bisa melihat kontribusi dari data scientist. Jobdesc data scientist di dalamnya antara lain membersihkan, memproses, serta mengolah big data. Lalu juga menganalisa dan mengoptimalkan penggunaan machine learning

Banner E-Commerce Report

Baca juga: 7 Cara Mudah Analisis Kompetitor Bisnis di E-Commerce

8 Keahlian Data Analyst

8 Keahlian Data Analyst

1. Handal mengoperasikan Microsoft Excel

Tools di atas adalah basic tools yang wajib dikuasai data analyst, terutama Excel karena hasil kerjanya akan banyak ditaruh di tools tersebut. Data berupa angka-angka dapat diolah dengan sederhana dan kesimpulan dari data tersebut terjawab dengan menggunakan rumus-rumus dalam tools tersebut. 

2. Menguasai bahasa pemrograman 

Hardskill ini tidak boleh Anda lewatkan jika memutuskan untuk hire seorang data analyst. Bahasa pemrograman seperti R atau Phyton akan sering digunakan untuk menganalisa kumpulan data yang besar atau big data. Kemudian membuat prediksi sebagai langkah mengambil keputusan di masa depan.

3. Mengoperasikan SQL

SQL (Structured Query Language) adalah database yang menyimpan banyak data untuk diolah ke dalam bentuk informasi yang bisa dipahami orang awam. Data analyst menggunakan tools ini untuk membangun struktur data dengan akurat. Pengoperasian software ini harus handal dikuasai oleh data analyst karena proses analisa datanya jauh lebih cepat dan bisa menampung jumlah data yang lebih besar daripada Microsoft Excel. 

4. Visualisasi data

Proses visualisasi data dilakukan setelah proses mengumpulkan, menyusun, dan menganalisa data. Seperti namanya, tahap ini adalah menerjemahkan sekumpulan data besar/big data menjadi suatu informasi yang dapat dipahami orang awam sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Tools Tableau atau Cognos biasanya sering dipakai ketika tahapan visualisasi data.

Ini merupakan tahap penting seorang data analyst karena pengambilan keputusan berdasarkan bagaimana cara data analyst menggambarkan data dengan akurat.

Anda bisa melihat visualisasi data yang dilakukan data analyst dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS DI SINI. Atau coba GRATIS dahulu dengan 30 menit Demo Compas Dashboard dengan KLIK DI SINI.

Banner E-Commerce Report

Baca juga: 7 Fungsi Data Mining dalam Bisnis

5. Memahami machine learning

Salah satu turunan dari AI (Artificial Intelligence) adalah machine learning yang kerap menjadi topik penting dalam ilmu data. Penggunaan machine learning harus familiar bagi seorang data analyst agar tetap update dalam pengembangan metodologi pengelolaan data agar bisa lebih efisien lagi.

6. Statistika

Skill ini tak perlu Anda pertanyakan lagi, ini adalah basic skill sekaligus skill wajib dikuasai oleh data analyst. Agar seorang data analyst bisa menginterpretasikan data, ia harus menggunakan ilmu statistika untuk membantunya dalam pekerjaan.

7. Data warehousing

Data warehousing adalah kemampuan membuat data warehouse atau tempat penyimpanan virtual dan sistem manajemen data. Data analyst bertanggung jawab untuk memantau dan memastikan data tersimpan dengan aman di database.

Beberapa tools yang sering digunakan dalam data warehousing adalah PostgreSQL, Oracle, dan Microsoft Azure.

8. Analisa riset data yang tajam dan membuat laporan

Untuk bisa memprediksi keputusan bisnis di masa depan dan memberikan solusi untuk berbagai masalah, tentu diperlukan riset dahulu. Analisa yang diperlukan adalah analisa yang mendalam dan tajam agar stakeholder dalam perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat dan akurat. 

Jika analisa yang diberikan seorang data analyst dangkal, tentu Anda tidak bisa mendapatkan banyak informasi darinya sehingga keputusan yang dibuat pun bisa blur.

Setelah riset dan analisa, data analyst harus bisa mempresentasikan hasil temuannya dalam bentuk laporan yang berisi kesimpulan informasi. Penggunaan kalimat harus jelas dan tidak bertele-tele agar stakeholder tidak salah paham atau terjadi miskomunikasi ketika membaca laporan data. 

Banner Insight

Baca juga: Mengenal Peran Data Query dalam Bisnis

5 Keahlian Data Scientist

5 Keahlian Data Scientist

1. Analisa data

Ini aspek penting data scientist yaitu kemampuan menganalisa data. Tidak hanya sekedar analisa saja tapi seorang data scientist juga harus bisa memvisualisasikannya agar data lebih mudah dipahami.

2. Statistika

Dalam dunia ilmu data, skill statistika tidak boleh terlewatkan karena data scientist bekerja dengan banyak data. Agar bisa mengambil informasi dari data tersebut, ilmu statistika sangat diperlukan.

3. Programming

Basic programming juga penting dalam profesi ini. Berbagai tools yang digunakan untuk membantu data scientist bekerja membutuhkan pemahaman programming/coding. Bahasa pemrograman yang sering dipakai adalah R dan Phyton.

4. Pengolahan data

Bekerja dengan data tentu membuat data scientist mengerti cara mengolah data agar informasi di dalamnya bisa diambil. Pengolahan data ini biasanya membutuhkan pemahaman SQL.

Hasil pengolahan data yang dilakukan data scientist dapat Anda baca di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS DI SINI. Atau coba GRATIS dahulu dengan 30 menit Demo Compas Dashboard dengan KLIK DI SINI.

5. Pemahaman bisnis

Selain pengetahuan teknis data, pemahaman bisnis juga harus dikuasai oleh seorang data scientist. Ia akan seringkali mengikuti rapat bisnis dengan stakeholder perusahaan untuk membantu mengkomunikasikan ide berdasarkan data yang diperolehnya.

Banner Insight

Baca juga: Visualisasi Data: 3 Cara Bagaimana Bercerita dengan Data Dapat Membantu Marketing Bisnis Kamu

2 Perbedaan Bentuk Keahlian Data Analyst dan Scientist

Dalam dunia data ini, ada 2 perbedaan bentuk keahlian data analyst dan scientist.

  1. Scope pekerjaan.  Data analyst bertugas menganalisa data spesifik pada sumber-sumber tertentu. Ia berfokus pada day-to-day analisis data suatu perusahaan. Sedangkan data scientist bertugas mengumpulkan data-data dari berbagai sumber yang ada. Kemudian mengubah data-data tersebut menggunakan format tertentu yang sesuai. Data scientist mengandalkan algoritma dalam mengolah data dan membentuk machine learning agar menghasilkan suatu model yang bisa digunakan secara jangka panjang.
  2. Pemahaman bisnisnya. Data scientist dibebankan mengerti bisnis karena ia akan mengkomunikasikan data yang diperoleh menjadi ide bisnis, sedangkan data analyst tidak perlu terlalu memahami persoalan bisnis ini.

Anda butuh data riset pasar secara akurat dan cepat? Hubungi segera Team Compas atau DM Instagram Compas. Selain itu Anda juga bisa langsung coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan KLIK DI SINI atau baca Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS DI SINI.

Compas siap mendampingi brand Anda menjadi the next market leader di e-commerce!

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.