logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Barang Sembako yang Cepat Laku untuk Usaha Online

5 Barang Sembako yang Cepat Laku untuk Usaha Online

5 Barang Sembako yang Cepat Laku untuk Usaha Online

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Sembako merupakan kebutuhan pokok yang selalu dicari konsumen. Untuk itu, bisnis jualan sembako kerap disebut sebagai usaha yang tidak ada matinya. 

Kini, bisnis jualan sembako secara online juga kian dilirik karena besarnya potensi pasar. Apalagi, perusahaan dapat menjangkau konsumen dalam skala yang tak terbatas melalui bisnis online tersebut. Temukan peluang lainnya dari jualan sembako online di bawah ini. 

Peluang Berjualan Sembako Online

Mengutip dari Liputan 6, pemerintah mengungkap bahwa nilai transaksi ekonomi di e-commerce mencapai Rp108.54 triliun sepanjang kuartal I – 2022. Angka tersebut meningkat 23% ketimbang periode yang sama pada tahun lalu. 

Terkait hal tersebut, Tokopedia, e-commerce terbesar di Indonesia saat ini membagikan temuannya terkait tren belanja sembako pada masyarakat Indonesia selama periode Tokopedia NOW. Tercatat, transaksi pembeli produk sembako pada kuartal III – 2022 naik 24 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. 

Di sisi lain, jumlah kunjungan pengguna ke e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee juga mengalami peningkatan. Laporan iPrice menyebutkan, rata-rata jumlah kunjungan di laman Tokopedia mencapai 157,2 juta orang per kuartal I – 2022, sedangkan Shopee sebesar 132,77 juta pengguna. 

Mengingat tingginya jumlah pengunjung tersebut, maka besar peluangnya untuk meraup keuntungan dari bisnis jualan sembako online di e-commerce. Anda dapat memaksimalkan e-commerce untuk mendongkrak penjualan sehingga bisnis perusahaan bertumbuh. 

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Makanan Online

5 Barang Sembako yang Cepat Laku untuk Usaha Online

5 Barang Sembako yang Cepat Laku untuk Usaha Online

Apa saja barang sembako yang laris terjual di e-commerce periode semester I – 2022? Simak, ulasan selengkapnya sebagai berikut. 

1. Kecap sambal

Kecap sambal menjadi barang sembako yang cepat laku dengan penjualan lebih dari sejuta produk sepanjang semester I – 2022. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia memiliki selera makanan pedas dan manis. 

Mengutip dari IDN Times, diketahui dari Serat Centhini, sambal sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1814. Tak mengherankan jika sambal begitu melekat di lidah orang Indonesia. 

Bagi Anda yang tertarik membuka usaha ini, ada berbagai jenis olahan kecap sambal yang bisa dicoba. Misalnya, produk sambal uleg rumahan, sambal bawang, dan sambal cumi yang populer di e-commerce

2. Beras

Barang sembako yang cepat laku berikutnya adalah beras. Sebagai makanan pokok orang Indonesia, sudah jelas beras jadi produk terlaris termasuk di e-commerce

Penjualan beras mencapai lebih dari 549 ribu produk. Di Tokopedia, Compas Dashboard mencatat, merek Beras Raja Platinum termasuk paling laris terjual.

3. Penyedap rasa

Memasak tanpa penyedap rasa tentu tidak lengkap rasanya. Sebab itu, produk tersebut perlu ada dalam tiap masakan sehingga barang ini sering dicari di e-commerce

Produk tersebut laris terjual hingga 451 ribu produk lebih. Beberapa brand penyedap rasa yang populer, yakni Royco, Masako, Sasa, Ajinomoto, dan lainnya. 

4. Minyak

Minyak menjadi barang sembako yang cepat laku dengan penjualan pada kisaran 439 ribu produk. Meski beberapa waktu sempat ramai harga minyak melonjak, tapi tetap saja produk ini dibutuhkan sehingga banyak diburu konsumen. 

5. Gula

Produk gula pada periode semester I – 2022 berhasil terjual hingga 315 ribu produk lebih. Pada periode 17-31 Januari 2022 lalu, Tim Compas berhasil merangkum data penjualan gula di Shopee dan Tokopedia yang mencapai -/+ 815 listing produk di Official Store.

Hasilnya, sebagian besar dikuasai brand gula ternama seperti Gulaku, Tropicana Slim, dan Rose Brand. 

Baca juga: 10 Peluang Usaha Modal Kecil 2021 yang Menjanjikan di e-Commerce!

5 Cara Jualan Sembako Online

5 Cara Jualan Sembako Online

Tertarik bisnis jualan sembako online? Mulai dan kembangkan bisnis tersebut dengan tips berikut ini. 

1. Riset pasar

Melakukan riset pasar terlebih dahulu akan membantu Anda menentukan ide jualan sembako secara tepat. Melalui riset pasar, Anda bisa melihat kompetitor, kebutuhan konsumen, dan tren pasar. 

Hal tersebut sangat berperan sebagai acuan untuk menentukan ide bisnis. Meski jualan sembako terkesan bisnis yang umum, tapi jika dilengkapi dengan riset tentu perencanaan bisnis akan lebih terarahkan. 

2. Tentukan ide jualan

Berikutnya, Anda bisa menentukan ide jualan berdasarkan data riset yang diperoleh. Dalam jualan sembako, pilihlah produk potensial yang laris di pasaran karena itu yang banyak dicari konsumen. 

Di sisi lain, akan lebih baik jika produk sembako yang Anda tawarkan memiliki keunggulan. Misalnya, harganya lebih terjangkau tapi kualitas terpercaya. 

3. Temukan supplier yang tepat

Strategi agar mendapat produk yang berkualitas, yakni menemukan supplier yang tepat. Selain itu, pandailah dalam mengatur strategi agar memperoleh harga yang memuaskan. 

Sebab itu, Anda harus melakukan survei secara langsung dari satu supplier ke supplier lainnya. Dalam survei, perhatikan pula aspek-aspek lainnya seperti sistem kerja dari pihak supplier, cara pengiriman barang, barang yang tersedia, kualitas dan proses produksi, dan sebagainya. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

4. Pilih platform jualan yang potensial

Apabila barang, desain, logo, dan semacamnya sudah tersedia, Anda bisa langsung buka toko online. Pilihlah platform jualan yang potensial bagi bisnis jualan sembako ini. 

Menurut riset Tim Compas, e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia termasuk platform jualan yang besar peluangnya karena jumlah kunjungannya tertinggi di Indonesia. 

5. Optimalkan dengan promosi online

Lakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai channel seperti media sosial yang memudahkan Anda menjangkau konsumen dalam skala besar. Atur media sosial tersebut secara profesional dengan konten-konten yang menarik. 

Dengan begitu, toko online Anda akan dilirik banyak audiens dan menarik konsumen. Biasanya, toko yang baru buka menawarkan diskon atau promo khusus untuk memikat daya beli konsumen secara cepat dan instan. 

Demikian rangkaian informasi mengenai beberapa barang sembako yang cepat laku di e-commerce beserta tips memulai bisnis jualan produk tersebut. Bisnis online ini memang tampak lebih mudah dijalankan, tapi ketat pula persaingannya. 

Maka dari itu, Anda perlu memperkuat pondasi bisnis dengan riset pasar. Dengan riset pasar, Anda akan lebih jelas melihat kondisi pasar sehingga keputusan bisnis bisa terukur dan sesuai kebutuhan perusahaan. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.