logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
produk vitamin C terbaik

5 Top Produk Vitamin C Terbaik, Data Penjualan Brand Lokal Meroket di e-Commerce!

5 Top Produk Vitamin C Terbaik, Data Penjualan Brand Lokal Meroket di e-Commerce!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Peristiwa pandemi Covid-19 membawa keberkahan tersendiri bagi sektor industri farmasi. Mengutip laman Databoks, survei Neurosensum menunjukkan bahwa 73% masyarakat Indonesia memilih untuk mengonsumsi suplemen saat pandemi tersebut. 

Jenis suplemen yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia berasal dari produk vitamin C. Survei tersebut juga mencatat, sebanyak 94% responden mengatakan mengonsumsi vitamin C sepanjang pandemi tersebut. 

Sementara data terbaru Compas Dashboard menemukan bahwa brand lokal, Sido Muncul, berhasil menguasai pasar vitamin C di e-commerce. Padahal, penjualan tertinggi sebelumnya diraih brand asal Australia, Blackmores. 

Menariknya, ada beberapa brand yang sukses meningkatkan penjualan sehingga masuk jajaran top brand vitamin C terlaris pada periode 1-15 September 2022. Namun, beberapa top produk vitamin C terbaik justru berasal dari luar top brand tersebut. Siapakah daftar nama-nama top produk tersebut? 

5 Top Produk Vitamin C Terbaik Sepanjang Periode 1-15 September 2022

produk vitamin C terbaik

1. Sido Muncul Vitamin C 1000

Suplemen makanan dalam bentuk bubuk ini sukses mencatatkan namanya dalam top produk vitamin C terbaik dengan total penjualan mencapai Rp14.37 juta. Sementara sales quantity yang diraih sebesar 1.428 produk. 

Data penjualan produk Sido Muncul ini melonjak jika dibandingkan dengan penjualan periode Januari 2022. Bahkan, brand tersebut hanya bisa memperoleh peringkat ketujuh dari 10 top brand vitamin C

Dari segi produk, Vitamin C 1000 tersebut tampil berbeda dibandingkan beberapa produk lainnya. Produk yang dikemas berupa bubuk tersebut memiliki dua varian rasa, yakni ekstrak lemon dan sweet orange

Sido Muncul merupakan brand lokal legendaris yang sudah lama populer sebagai produsen jamu dan obat herbal modern. Untuk brand awareness, bisa dikatakan nama produk Vitamin C 1000 dari Sido Muncul tersebut sudah dikenal luas.

Dalam strategi pemasarannya, Sido Muncul memperluas jaringan distribusi untuk mencapai target domestik lebih luas. Saat ini, Sido Muncul telah memiliki 125.000 jaringan distributor mulai dari pedagang kecil hingga ritel baik online maupun offline

Guna memaksimalkan penjualan secara online, Sido Muncul berkolaborasi dengan Jovee, pusat suplemen dan vitamin yang menjual produknya di beberapa e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. 

2. Vitalong C – Vitamin C 500 mg

Produk vitamin C terbaik berikutnya berasal dari luar top brand, yakni Vitalong C. Total penjualan produk tersebut meraih angka Rp19.78 juta dengan sales quantity sebanyak 514 produk. 

Vitalong C merupakan multivitamin yang diproduksi oleh Bernofarm, perusahaan farmasi asal Sidoarjo. Namun, penjualannya di e-commerce justru paling laris dari toko JoveeOfficial bukan Bernofarm Official Shop.

Hasil analisis Tim Compas menemukan, harga jual produk tersebut di JoveeOfficial ternyata lebih terjangkau dibanding di Bernofarm Official Shop. Kemungkinan itu juga jadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli produk vitamin C ini. 

3. Vitacimin 500 mg Lemon 2 Tablet

Meski brand ini tidak masuk jajaran top brand pada periode yang sama, tapi produknya terjual laris dengan sales quantity sebesar 481 produk. Adapun total penjualannya mencapai Rp7.9 juta pada periode ini.

Vitacimin 500 mg ini termasuk produk yang paling praktis dibandingkan beberapa produk vitamin C terbaik lainnya. Produknya berbentuk sachet yang isinya berupa pil yang langsung bisa dikunyah tanpa minum air.  

Secara harga produk ini juga cukup terjangkau, yakni normalnya dibanderol Rp1.741 per pcs. Praktis dan murah itulah keunggulan produk ini sehingga banyak konsumen membelinya. 

4. Enervon-C Multivitamin 

Kali ini, posisi top produk vitamin C terbaik keempat berasal dari Enervon-C Multivitamin. Total penjualan produk termasuk tertinggi di antara produk lainnya, yaitu senilai Rp15.5 juta dengan sales quantity sebesar 407 produk. 

Dari segi harga, produk ini termasuk mahal karena penjualannya dalam botol kapsul dengan isi 30 tablet. Meski begitu, brand ini termasuk paling aktif dalam meningkatkan brand awareness melalui kontennya di Instagram @enervon.id.

Selain itu, produk tersebut menawarkan kandungan yang lebih unggul dengan dilengkapi vitamin B kompleks. Ini juga bisa jadi salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam memilih suplemen bervitamin. 

5. Vitamin C IPI

Vitamin C IPI sukses masuk jajaran top produk vitamin C terbaik dengan total penjualan sebesar Rp10.63 juta. Sales quantity produk tersebut berhasil meraih angka penjualan hingga 358 produk pada periode ini. 

Apabila membandingkan harga produk ini dengan top produk sebelumnya, jelas sekali Vitamin C IPI yang juara. Produk berisi 90 tablet per botol tersebut dijual dengan harga normal Rp33.000. Adapun dari segi kandungan, produk tersebut hanya mengandung 50 mg vitamin C. 

Kesimpulan

Melalui data Compas Dashboard tersebut, ternyata sebagian besar produk vitamin C terlaris menawarkan dosis 500 mg vitamin C. Bagi perusahaan yang bergerak di industri ini, tentu informasi ini dapat menjadi acuan penting jika ingin memproduksi produk serupa. 

Sebagian besar top produk tersebut juga bukan berasal dari top brand vitamin C terlaris periode ini. Selain itu, Tim Compas meninjau official shop melakukan penjualan dengan menggunakan keyword “Daya Tahan Produk” pada judul produknya. 

Data penjualan semacam ini juga membantu perusahaan untuk melihat performa kompetitor bisnisnya. Sebetulnya, perusahaan dapat memperoleh data penjualan tersebut melalui riset pasar. Riset pasar yang dilakukan pun harus sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. 

Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.