logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Data Penjualan Top 5 Brand Sirup

Tak Hanya Segar Untuk Berbuka Puasa, Data Penjualan Top 5 Brand Sirup Ini Juga Segar Selama Ramadhan 2023

Tak Hanya Segar Untuk Berbuka Puasa, Data Penjualan 5 Top Brand Sirup Ini Juga Segar Selama Ramadhan 2023

Author: Salsabila

Compas.co.id –  Saat Ramadhan 2023 menyambut Anda, tidak lengkap rasanya tanpa mencoba berbagai hidangan lezat selama bulan puasa. Selain makanan, minuman sirup juga menjadi yang paling digemari masyarakat karena rasa manis dan segarnya sebagai menu buka puasa. 

Berawal dari postingan Databoks di Instagram mengenai survei dari Kurious x Katadata Insight Center (KIC) yang mengatakan konsumsi sirup di Indonesia cenderung meningkat ketika bulan Ramadhan. Compas.co.id pun siap buka-bukaan data penjualan 5 top brand sirup periode 1-24 Maret 2023

Banner Insight

Benar jika Anda menebak Marjan menguasai pasar sirup selama Ramadhan. Akan tetapi Marjan bukan satu-satunya pilihan favorit di bulan Ramadhan, empat brand sirup lainnya sama-sama populer dan patut dicoba. Kira-kira brand sirup mana lagi yang menjadi favorit masyarakat selama bulan puasa 2023 ini? Apakah brand sirup Anda ada didalamnya?

Mendominasi Lidah Rakyat, Ini Performa Bisnis Marjan yang Menjadi Raja Sirup dan 4 Brand Lainnya

Performa Bisnis Marjan yang Menjadi Raja Sirup dan 4 Brand Lainnya

1. Marjan

Compas.co.id tak mau ketinggalan untuk ikut melihat performa bisnis Marjan. Data penjualan sirup Marjan tercatat di Compas Dashboard sebanyak 13.4 ribu di periode 1-24 Maret 2023. Untuk sales volumenya sendiri di angka 53,91%. Adapun perolehan revenuenya sebesar Rp327.4 juta dengan market share tertinggi di antara semua, yakni 31,85%.

Banner E-Commerce Report

Sirup Marjan selalu identik dengan bulan Ramadhan. Bahkan obrolan di media sosial mengatakan jika Marjan sudah mulai promosi dan iklannya muncul, artinya bulan puasa sudah dekat. Hal ini cukup menarik dibahas dari sisi strategi marketingnya.

Dapat dikatakan bahwa promosi Marjan ini bersifat seasonal, artinya promosi hanya gencar dilakukan ketika season/musim tertentu. Dalam studi kasus ini, season atau musim yang dipilih Marjan adalah bulan Ramadhan tiap tahunnya. Dan keputusan ini sukses luar biasa, yang buktinya dapat dilihat dari data Compas Dashboard di atas.

Strategi Marjan antara lain gencar mengadakan challenge dan kuis disertai hadiah yang menarik. Selain itu, Marjan juga terlihat banyak membuat video cooking tutorial sederhana untuk menu buka puasa.

Baca juga: 5 Kesalahan Brand Positioning Terbesar yang Harus Dihindari Brand Susu Formula: Contek Brand Positioning SGM dan Pediasure!

2. ABC

Data Compas Dashboard mencatat brand ABC berada di ranking 2 sirup favorit rakyat Indonesia menjelang Ramadhan. Dengan sales quantity 3.4 ribu, ABC meraup pendapatan Rp105.7 juta. Untuk market sharenya sebesar 10,28%. Sales volume ABC juga tercatat sebesar 13,82%.

Banner Insight

Ketika bulan Ramadhan ini, ABC mengadakan program relawan untuk membagikan takjil di jalanan. Dan hingga akhir Maret tempo lalu, jumlah takjil yang dibagikan kurang lebih mencapai angka 33.741 takjil.

Selain dari banyaknya resep-resep makanan/minuman sederhana yang di share, ABC banyak diminati karena mengadakan acara live cooking di media sosial. Hal ini tentunya menarik minat masyarakat, terutama dari kalangan ibu rumah tangga. Kemudian berbagai challenge dan kuis banyak dihadirkan untuk tetap menjaga interaksinya dengan followers.

3. Tropicana Slim

Selanjutnya ada Tropicana Slim yang terkenal dengan produk-produk sugar-freenya. Berbeda dari para kompetitornya, brand ini terkenal karena menargetkan segmentasi penderita diabetes yang dilarang mengonsumsi produk mengandung gula. 

Dari produk pertamanya yaitu gula stevia, saat ini produk Tropicana Slim lebih beragam mulai dari cookies hingga sirup dan susu yang tentunya bebas gula. Fokus produk dan branding Tropicana Slim juga berkaitan dengan trend kesehatan dimana masyarakat mulai memperhatikan makanan/minuman yang dikonsumsinya agar bebas dari gula. 

Dengan teknologinya, Tropicana Slim mampu menghadirkan inovasi minuman sirup bebas gula namun tetap nikmat dan lebih sehat untuk orang-orang yang peduli dengan jumlah gula yang dikonsumsinya, terutama penderita diabetes. 

Menjelang bulan puasa, Compas Dashboard melihat data penjualan sirup brand sugar-free ini sebanyak 2.3 ribu, dimana pendapatannya sekitar Rp87.3 juta. Pangsa pasar Tropicana Slim untuk periode 1-24 Maret 2023 masih di angka 8,49% dengan sales volume 9,13%.

4. Delifru

Di peringkat ke 4 ada produk sirup dari Delifru dengan penjualan sebanyak 1.3 ribu. Dari penjualan tersebut, Delifru mengantongi Rp182.5 juta dengan pangsa pasar 17.76%. Adapun sales volume sirupnya sebesar 6,80%.

Banner E-Commerce Report

Sedikit berbeda dari ketiga kompetitornya, target Delifru lebih ke arah B2B yakni restaurant dan cafe yang banyak menyediakan berbagai kreasi minuman menarik bagi konsumen. Delifru pun aktif ikut event offline dengan membuka booth dan memamerkan produk sirup berkualitas premiumnya. Baru-baru ini event offline besar yang diikutinya adalah Bandung International Food and Hospitality Expo 2023

Baca juga: Mie Sedaap dan TOP Coffee Membuktikan Peningkatan Growthnya dari Optimalisasi 4P Marketing Mix

5. Dripp

Kurang lebih sama seperti Delifru, target brand sirup Dripp lebih ke arah B2B yakni cafe dan restaurant karena dari varian rasa yang disediakan lebih banyak. Pihak yang banyak menggunakan brand ini berasal dari kalangan barista, karena tugas mereka untuk membuat inovasi minuman kekinian yang menarik minat konsumen.

Compas Dashboard memantau penjualan Dripp periode 1-24 Maret 2023 sebanyak 1.4 ribu dan sales volume di angka 5,49%. Revenue yang dikantongi Dripp sebesar Rp120.2 juta dengan market share 11,70%

Untuk meningkatkan brand awarenessnya, Dripp mengikuti event-event offline terkait industri Food and Beverage, terutama event kopi. Tak hanya sekedar mengikuti, tapi Dripp juga mengadakan challenge seperti “Live Love Local” yang ditujukan untuk para bartender lokal Indonesia. 

Bagaimana dengan Distribusi Sirup di Indonesia? Siapa Top Seller Sirup Periode 1-24 Maret 2023?

Compas Dashboard tak hanya bisa memantau data top brand, top product, data kompetitor, tapi juga bisa mengetahui siapa saja seller produk sirup yang tersebar di wilayah Indonesia. Pantauan Compas Dashboard di 5 kota besar yang dipilih berdasarkan jumlah penduduk, sebagai berikut:

Di Jakarta, top seller-nya adalah Nutrimart yang lokasinya ada di Jakarta Timur. Diketahui marketplace Nutrimart yang paling laris berada di Tokopedia, dengan penjualan 1.2 ribu sirup. Penjualan sirup tersebut memiliki pendapatan Rp51.3 juta.

Kota kedua di Surabaya dengan top seller Delifru Flavor Expert Official Shop. Official store Delifru di Shopee ini sukses menjual 400 sirup. Adapun pendapatannya dari penjualan sirup tersebut sebanyak Rp30.4 juta.

Kemudian beralih ke Medan, ada Otten Coffee Authorized Store Medan. Shopee menjadi marketplace yang melariskan produk sirupnya. Dari official storenya, sirup terjual sebanyak 100 pieces sehingga pendapatannya sekitar Rp3.2 juta.

Selanjutnya di Bandung, top seller diraih oleh Hypermart MTC Bandung Authorized Store. Produk sirup terjual di angka 35 botol sirup. Adapun pendapatannya sekitar Rp306.1 ribu.

Terakhir kota Makassar yang top sellernya adalah Hypermart Panakukang. Official storenya di Tokopedia berhasil menjual 100 botol sirup dengan pendapatan Rp800.2 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.