WhatsApp Image 2021 06 28 at 2.43.40 PM 1

Cara Riset Produk di Shopee Demi Tingkatkan Penjualan Toko Online

Seringkali seller Shopee kesulitan untuk menentukan produk mana yang ingin mereka jual di Shopee. Pencarian terus berlanjut, namun tidak berakhir dengan titik temu. Riset di marketplace cukup memakan waktu lama. Namun, penting dilakukan agar toko online Anda bisa mencapai penjualan tertinggi.

Bagi orang yang baru memulai bisnis online, menjual produk yang laris di pasaran adalah pilihan yang tepat. Anda terlebih dahulu harus bisa memahami produk mana yang punya potensi pasar terbesar.

Maka dari itu, riset di Shopee sangat dibutuhkan untuk mengerti minat pasar. Bagaimana caranya? Simak cara riset di Shopee berikut ini untuk tingkatkan penjualan toko online mu!

Cara Riset Produk di Shopee

Tentu setiap pelaku bisnis berharap produk dan jasa yang ingin dipromosikannya laris manis di pasaran. Lakukan riset Anda terlebih dahulu, dan kemudian Anda akan menemukan produk atau layanan apa yang memiliki kemungkinan ini.

Anda dapat memahami produk apa yang disukai, disukai, atau dibutuhkan konsumen, fitur apa yang perlu Anda sediakan untuk memastikan bahwa Anda dapat menjaga kepuasan konsumen, kemasan seperti apa yang lebih menarik dan preferensi pasar.

Dengan memahami informasi ini, Anda dapat memahami apakah produk atau layanan yang ingin Anda jual memenuhi kebutuhan pasar, sehingga meningkatkan penjualan Anda. Berikut cara riset produk di Shopee untuk memaksimalkan toko online mu!

1. Melalui Pencarian Populer

Shopee menyediakan fitur “Pencarian Populer” yang membantu Anda dalam melihat apa saja produk yang paling banyak dicari di Shopee. Fitur ini tentunya bermanfaat untuk menemukan produk yang relevan dengan minat konsumen.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan menekan “ubah” sampai Anda menemukan produk dengan jumlah dibawah 50 ribu. Semakin sedikit jenis produk yang ada di kategori Shopee, semakin sedikit pula kompetitor Anda.

Baca juga: Ingin Bisnis Anda Sukses? Ikuti 5 Langkah Analisa Pasar Ini!

2. Melalui Fitur Produk Terlaris

Selain fitur pencarian populer, Shopee juga menyediakan fitur Produk Terlaris yang bisa Anda manfaatkan. Fitur ini bermanfaat untuk konsumen dan penjual dalam melakukan riset produk. Anda juga bisa melihat suatu kategori produk dengan harga terbaik. Artinya, Anda bisa melihat produk terlaris sejenis dari harga termurah. Sebagai penjual, Anda bisa memanfaatkannya untuk ide produk selanjutnya.

3. Melalui Halaman Shopee Mall

Pada halaman Shopee Mall, terdapat menu seperti Toko Populer, Voucher Brand, Promo Brand Minggu, Mall Flash Sale, Ini, dan Rekomendasi. Toko Populer dan Rekomendasi bermanfaat menyediakan produk terlaris.

Pada menu Toko Populer, Anda juga dapat melihat beberapa toko dan produk yang paling laris. Setelah Anda menemukan produk, Anda bisa melihat performa toko lain dengan kategori produk sama. Jika demikian, maka Anda memiliki peluang untuk lebih unggul dari kompetitor.

4. Riset Manual

Cara yang satu ini terbilang cukup memakan waktu lama. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke beranda Shopee, lalu scroll hingga menu “kategori”. Di dalamnya, Anda bisa melihat produk-produk yang dijual para kompetitor.

Melalui menu tersebut, Anda bisa melakukan riset manual terkait produk terlaris di Shopee. Lihatlah kategori produk yang terjual paling laris dari kompetitor. Selanjutnya, Anda bisa menyediakan produk yang lebih sesuai dan tepat untuk para potensi konsumen.

5. Data Riwayat Penjualan

Berlawanan dengan riset manual, Compas menawarkan Anda melakukan riset produk dengan cepat. Melalui data riwayat penjualan pada dashboard Compas, Anda bisa menemukan produk mana yang memiliki daya beli tertinggi.

Selain itu, data riwayat penjualan juga memudahkan Anda untuk mendapatkan peluang pasar lebih besar. Performa toko online Anda tentunya akan meningkat, seiring dengan personalisasi produk di e-commerce.

Manfaat Riset Produk dalam Berjualan

Ingin produk penjualan online Anda laris manis? Anda harus memahami medan bisnis dengan melakukan riset produk. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah produk Anda memiliki banyak pesaing, atau apakah harga produk yang diberikan cukup kompetitif untuk menarik konsumen.

Riset produk adalah proses menemukan informasi produk komersial dalam hal harga, kualitas dan persaingan. Tujuannya, Anda bisa mengetahui produk mana yang akan dijual dan cara terbaik untuk menjual dan mengembangkan
produk tersebut. Beberapa manfaat riset produk lebih lanjut, antara lain:

WhatsApp Image 2021 06 28 at 2.43.40 PM

1. Potensi produk atau layanan Anda untuk dijual di pasar.
2. Pesaing dari bisnis serupa
3. Cara terbaik untuk mengembangkan produk dan layanan.

Pentingkah melakukan riset produk untuk bisnis online? Sangat penting. Dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari riset produk, Anda dapat mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

Data riwayat pada Compas membantu Anda mengoptimasi performa toko online pada kategori produk tertentu. Tanpa waktu lama, kebutuhan riset Anda terpenuhi khususnya seputar minat pangsa pasar.

Selain itu, Anda bisa lakukan personalisasi produk kategori yang sesuai dengan target market toko Anda. Performa toko online Anda akan lebih meningkat, dan tentunya mampu menjangkau market lebih besar dengan penjualan tertinggi.

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us