logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Promosi Realfood lewat artis Korea

Sukses Raih Brand Awareness 30,6% Responden, Realfood Ketagihan Kolaborasi dengan Artis Korea

Sukses Raih Brand Awareness 30,6% Responden, Realfood Ketagihan Kolaborasi dengan Artis Korea 

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Popularitasnya industri hiburan Korea Selatan di Indonesia membuat banyak brand lokal beramai-ramai mengusung kolaborasi artis Korea sebagai brand ambassador produknya. Strategi promosi lewat artis Korea tersebut dinilai cukup ampuh untuk meningkatkan brand awareness konsumen, terutama dari kalangan pecinta budaya Korea. 

Beberapa brand lokal ternama yang diketahui berkolaborasi dengan artis Korea di antaranya Tokopedia – BTS, Scarlett – Song Jong Ki, dan Somethinc – NCT Dream. Tak ketinggalan, Realfood pun turut melirik strategi tersebut dengan menggaet salah satu aktor populer Negeri Ginseng. Lantas, sejauh mana strategi tersebut berjalan?

Survei KIC: Gandeng Artis Korea, Realfood Jadi Top Produk Obat-obatan & Multivitamin yang Paling Diingat

 

Melansir dari laman Instagram @fitwithrealfoodid, Realfood memilih aktor Korea yang naik daun lewat drama Love Alarm, Song Kang, sebagai brand ambassador produknya sejak 6 Januari 2022. Pemilihan artis Korea tersebut pun mendapat banyak antusias dari audiens, terutama konsumen loyal Realfood.

Apalagi buat pecinta drama Korea, tentunya menyambut hal tersebut dengan senang hati. Terbukti, survei Katadata Insight Center (KIC) mengungkap, sebanyak 30,6% penggemar hiburan Korea mengaku mengingat Song Kang akan produk Realfood. 

Adapun brand dari kategori serupa yang berkolaborasi dengan artis Korea lainnya, yaitu Lemona – BTS (22,2%), Lemona Gyeol Collagen – Han So-hee (5,6%), Gnal-N – IU (5,6%), dan lainnya. Sebagian besar brand dalam grafik tersebut didominasi oleh brand-brand luar negeri yang juga menjual produknya di Indonesia. 

Data tersebut menunjukkan bahwa Realfood mampu meraih brand awareness tertinggi di antara brand obat-obatan dan multivitamin lainnya. Hal ini tak lepas dari kepopuleran sang BA, Song Kang, yang sukses menduduki peringkat kedua sebagai Top 50 Korean Drama Actor Brand Reputation pada Agustus 2021 lalu. 

Namun, apakah naiknya brand awareness turut mendongkrak penjualan produk Realfood? Mari, kupas selengkapnya melalui ulasan data berikut ini. 

Data Compas Dashboard: Raih Growth Hingga 321,14%, Performa Realfood Terpantau Melejit!

Performa Realfood

Data Compas Dashboard menemukan, penjualan produk Realfood melonjak tajam dari periode Januari – Februari 2022. Pada bulan Januari, sales quantity Realfood mencapai lebih dari 3.800 produk dan naik pesat hingga 16.000 produk lebih pada bulan berikutnya. 

Kenaikan tersebut membuat Realfood mengalami pertumbuhan bisnis secara fantastis hingga 321,14%. Kondisi ini membuktikan bahwa penunjukkan Song Kang sebagai BA tidak hanya mendorong brand awareness tapi juga penjualan produk. 

Selain itu, kabar terbaru dari laman Instagram resminya, Realfood kembali berkolaborasi dengan artis Korea, yakni Kim Se Jeong dan Ahn Hyo Seop. Kedua artis tersebut memang sedang populer berkat drama Business Proposal yang rilis Februari 2022. 

Kendati demikian, strategi tersebut tidak lantas menjadi satu-satunya faktor keberhasilan Realfood. Dalam analisis Tim Compas, terlihat Realfood rutin menyapa para audiens di media sosialnya sebagai cara untuk menjaga loyalitas konsumen. 

Realfood juga menyiasatinya dengan menawarkan diskon produknya di e-commerce. Info terbaru laman Official Store Realfood di Tokopedia, terlihat produknya dijual dengan diskon 12%-40%. Strategi pricing tersebut tentu bisa menarik konsumen untuk checkout produknya segera.

Analisis Tim Compas juga menyebutkan bahwa menjadikan artis Korea sebagai BA tidak lantas mendongkrak penjualan produk di e-commerce. Hal ini juga dibuktikan dengan survei Katadata Insight Center (KIC) yang mengungkap bahwa sebanyak 71% penggemar industri hiburan Korea lebih mempertimbangkan faktor harga ketimbang brand ambassador.

Strategi branding lewat artis Korea ini memang tampak menggiurkan untuk menarik awareness konsumen. Namun, sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali jika perusahaan Anda tertarik untuk menerapkannya. 

Selain itu, lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memastikan strategi tersebut sesuai dengan target konsumen Anda atau tidak. Optimalkan riset tersebut dengan menyesuaikan pula terhadap kebutuhan bisnis Anda. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Atau Anda berminat dengan data KIC tersebut? Unduh laporan lengkap hasil Survei Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Hiburan Korea di Indonesia melalui tautan ini atau pun mengakses data seputar Korea Selatan dengan mengunjungi databoks.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.