produk perawatan tubuh

10 Produk Perawatan Tubuh Terlaris Shopee dan Tokopedia: Krim Pemutih Kulit Masih Populer

 Author: Farah Ramadhani

Pertumbuhan industri kecantikan telah meningkat sekitar 5% pada kuartal I 2020 dan diramalkan akan meningkat hingga 7% pada tahun 2021 ini. Produk perawatan tubuh dan wajah yang mengandung bahan aktif dikatakan menjadi populer di tahun ini.

Era pandemi ini, banyak orang yang mementingkan kesehatan dan kehigenisan kulit. Oleh karena itu, anti-bacteria dan anti-acne akan menjadi dua fungsi skincare yang dominan di pasar industri kecantikan.

Kepopuleran produk skincare didukung oleh riset yang dilakukan tim internal Compas pada data penjualan perawatan tubuh di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021. Dari kurang lebih 321 ribu produk yang masuk listing perawatan tubuh, berikut 10 brand terlarisnya.

10 Brand Produk Perawatan Tubuh Terlaris Shopee dan Tokopedia

grafik produk perawatan tubuh

1. Scarlett

Baru rilis tahun 2018 lalu, Scarlett telah mampu merajai penjualan produk perawatan tubuh periode 1-15 Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia. Market share yang diraih pun jauh lebih tinggi dari brand lain, yaitu 18.9%.

Produk perawatan tubuh yang disediakan Scarlett antara lain Brightening Fragrance Body Lotion, Brightening Shower Scrub, dan Body Scrub dengan varian wangi bunga dan buah.

2. Vitaline

Vitaline menyediakan perawatan tubuh berupa suplemen herbal yang diklaim dapat mencerahkan kulit. Penjualannya di Shopee dan Tokopedia cukup tinggi pada periode 1-15 Agustus hingga meraih 5.0% market share.

Telah terdaftar di BPOM, produk Vitaline berupa softgels atau kapsul yang mengandung minyak kecambah gandum. Minyak tersebut kaya akan vitamin E, asam lanolenik, dan octacosanol yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Nivea

Brand asal Jerman, Nivea, menyusul di peringkat ketiga kategori perawatan tubuh terlaris Shopee dan Tokopedia dengan 2.8% market share. Telah dikembangkan sejak tahun 1911, Nivea memiliki berbagai varian produk mulai dari perawatan wajah hingga tubuh.

Salah satu produk legendarisnya adalah Nivea Creme yang memiliki fungsi utama melembabkan kulit. Krim ini aman digunakan untuk kulit wajah maupun tubuh Anda yang kering.

4. HB Whitening

HB Whitening merupakan produk krim lokal yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Di Shopee dan Tokopedia kategori perawatan tubuh, brand ini memiliki market share sebesar 2.6%.

Walaupun memiliki market share yang tinggi, Anda harus berhati-hati ketika melakukan pembelian di e-commerce dikarenakan telah banyak produk HB Whitening palsu beredar di pasaran.

5. SR12

Berpusat di Jawa Barat, SR12 menyediakan produk skincare wajah dan tubuh ke seluruh Indonesia melalui platform e-commerce. Di Shopee dan Tokopedia, penjualannya mencapai 2.4% market share.

Produk SR12 telah terdaftar BPOM dan terdiri dari rangkaian kandungan herbal. Beberapa produk perawatan tubuhnya adalah Body Lotion, Body Wash, Lulur, Scrub, Deodoran, dan Sunblock.

6. Dosting

Masih merek lokal, Dosting menyusul brand-brand di atas dengan market share 2.2%. Dosting diklaim aman karena telah melalui tes dermatologi serta terdaftar BPOM.

Produk perawatan tubuh Dosting antara lain Night and Day Whitening Cream, Premium Natural Glow Soap, Body Toner, serta Day and Night Body Lotion. Kandungan yang ada pada produk sabun Dosting adalah vitamin C, vitamin E, alpha arbutin, kojic, AHA, gluthatione dan collagen.

7. Kedas Beauty

Kedas Beauty merupakan merek lokal yang memproduksi produk pencerah kulit. Data penjualannya di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021 menunjukkan bahwa brand ini memiliki market share sebesar 2.2%.

Brand perawatan tubuh ini menjual berbagai varian skincare, namun produknya yang paling populer adalah Sabun Kedas Beauty. Telah terdaftar BPOM, sabun ini memiliki fungsi mencerahkan dan menutrisi kulit.

8. Bierlian

Penyedia produk perawatan wajah dan tubuh, Bierlian, menyusul dengan market share yang berbeda tipis dengan merek sebelumnya, yaitu 2.2%. Selain menjual skincare tubuh dan wajah, Bierlian juga menjual perawatan tubuh pria dan paket kecantikan.

Berfungsi utama memutihkan tubuh, Bierlian menyediakan produk-produk seperti Whitening Lotion, Toner Badan, Body Serum, Sabun Susu, dan Night and Day Whitening Cream.

9. MS Glow

MS Glow memiliki klinik yang tersebar di kota-kota Indonesia. Produknya pun mudah didapat karena brand ini memiliki distributor di setiap kota di Indonesia. Performanya pada penjualan Shopee dan Tokopedia kategori perawatan tubuh berada di posisi 9 dengan 2.0% market share.

Beberapa perawatan tubuh MS Glow adalah Body Lotion Series, JJ Glow, Beauty Drink, dan Underarm Inner Thigh Lightening Cream. Selain itu, MS Glow juga menyediakan produk kosmetik, perawatan pria, hingga perawatan bayi.

10. Vaseline

Daftar brand perawatan tubuh terlaris ditutup oleh merek asal Amerika, Vaseline. Melalui riset internal Compas, tercatat performa penjualannya di Shopee dan Tokopedia mencapai 2.0% market share.

Terkenal dengan produk Petroleum Jelly, Vaseline juga memiliki berbagai rangkaian body care seperti Body Lotion, SuperFood Skin Serum, Handcream Anti-Bacteria, Bright and Cooling UV Lotion, dan banyak lagi. 

 

Setelah diperhatikan, dari 10 top brand produk perawatan tubuh terlaris didominasi oleh merek lokal penyedia pemutih kulit. Hal ini disebabkan oleh banyaknya iklan yang menampilkan bahwa kulit putih itu cantik. Padahal, semua warna kulit juga cantik tidak harus putih saja.

Data di atas didapat tim Compas melalui riset dengan metode online crawling. Riset ini dilakukan untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021 pada kurang lebih 321 ribu produk yang terlisting di kedua e-commerce tersebut.

Tertarik dengan bisnis kecantikan? Anda bisa mengakses data penjualan kategori kecantikan secara lebih detail, lho. Compas Dashboard menyediakan data penjualan seperti penjual terlaris, merek terlaris, produk terlaris, hingga total penjualan dan total transaksi tiap kategori.

Anda juga bisa mengetahui posisi produk Anda di dua e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee dan Tokopedia. Compas Dashboard juga menampilkan data yang mudah diakses. Anda dapat mengatur sendiri kategori apa dan kapan periode waktu yang ingin diakses.

Yuk, level up strategi penjualan Anda menggunakan produk Compas! Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi kami melalui link ini atau DM melalui Instagram kami di link ini.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us