Laris Manis di E-Commerce, Brand Mie Instan Ini Justru Peredarannya Ditarik di Sejumlah Negara!
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Penjualan mie instan kini tengah diterpa skandal yang kurang mengenakan pada salah satu brand lokal ternama.
Baru-baru ini, Mie Sedaap, mie instan lokal ini harus rela ditarik peredarannya di Hong Kong, dan Singapura. Melansir dari BBC Indonesia, produk tersebut sebelumnya juga pernah ditarik peredarannya di Taiwan pada bulan Juli lalu.
Mengutip dari Kompas.com, hal ini lantaran produknya mengandung residu etilen oksida (EtO) dan 2-Kloroetanol (2-CE). Total ada 6 varian produk Mie Sedaap yang ditarik dari pasar Singapura dan Hong Kong. Daftar lengkapnya sebagai berikut.
- Produk yang ditarik dari Singapura: Mie Sedaap Korean Spicy Soup Instant Noodles, Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Instant Noodles, Mie Sedaap Soto Flavour Instant Noodles, dan Mie Sedaap Curry Flavour Instant Noodles.
- Varian Mie Sedaap yang ditarik di Hong Kong: Mie Instan Goreng Rasa Ayam Pedas Ala Korea merek Sedaap (Sedaap Korean Spicy Flavour Fried Noodle).
Kendati demikian, Mie Sedaap termasuk salah satu brand mie instan yang laris terjual di e-commerce Indonesia. Brand yang kian populer dengan BA-nya, Siwon Super Junior tersebut sukses meraih posisi kedua sebagai top brand mie instan. Simak data selengkapnya sebagai berikut.
Data Penjualan Mie Instan: Mie Sedaap Konsisten Juara Nomor 2!
Prestasi Mie Sedaap dalam pasar mie instan di e-commerce tak perlu diragukan lagi. Sejak periode 17-31 Januari 2022, data Compas Dashboard menemukan, brand mie instan tersebut mampu meraih penjualan tertinggi kedua dengan sales volume sebesar 22,3%.
Sementara pada periode 1-15 September 2022, Mie Sedaap terpantau konsisten mengamankan kembali posisinya sebagai juara 2 top brand mie instan. Brand mie instan tersebut berhasil menjual produknya lebih dari 55.000 produk dengan market share sebesar 30,99%.
Namun, bagaimana dengan produk yang sudah terlanjur laris terjual di e-commerce tersebut?
Badan POM menjelaskan, produk Mie Sedaap yang ditarik dari pasar Singapura dan Hong Kong ini berbeda dengan produk yang beredar di Indonesia. Selain itu, Badan POM juga menegaskan bahwa produk yang sudah terjual di Indonesia aman dikonsumsi sepanjang masih mengantongi izin edar.
Lantas, bagaimana dengan pergerakan bisnis Mie Sedaap sejauh ini? Apakah isu tersebut turut berpengaruh terhadap penjualannya di e-commerce pada periode kedepannya?
Temukan info selengkapnya melalui fitur Compas Dashboard. Fitur tersebut akan membantu perusahaan Anda dalam melakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnis.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id