7 Top Brand Mie Instan Terlaris di Shopee dan Tokopedia : Indomie Merajai Penjualan Mie Instan !
Author : Raga Putra Wiwaha
Siapa yang tidak mengenal mie instan? mie instan telah menjadi makanan alternatif masyarakat indonesia sejak puluhan tahun. Tercatat dalam data World Instant Noodles Association (WINA) pada 2021, Indonesia menduduki peringkat kedua, negara dengan mengonsumsi mie instan terbanyak di dunia dengan 12.460 juta Porsi pada tahun 2020
Dilansir dari laman website Lokadata.id, faktanya Penduduk pulau Jawa termasuk kedalam tingkat konsumsi mie instannya sangat tinggi. Terhitung dari 152 juta penduduk pulau Jawa, tercatat 95 persen diantaranya pernah memakan mie instan hal tersebut Karena produk dari mie instan tidak mengenal kelas ekonomi sosial.
Dengan tingginya angka penikmat mie instan pada kalangan menengah dan keatas di indonesia, membuat banyak perusahaan berinovasi dalam menciptakan produk mie instan dengan varian rasa yang baru agar laku di pasar, terlebih dalam penjualan online.
Berdasarkan riset internal tim, data penjualan Mie Instan periode 17-31 Desember 2021 lalu Brand Indomie berhasil menjuarai pasar pada periode tersebut. Lantas bagaimana dengan penjualan Mie Instan di Shopee dan Tokopedia periode 17-31 Januari 2022?
Pada artikel ini, Compas merangkum hasil temuan tim internal dari ± 6.3 ribu listing produk di Official Store kategori mie pasta instant di Shopee dan Tokopedia periode 17-31 Januari 2022 menggunakan metode online crawling. Toko yang diriset merupakan Official Store yang memiliki rating lebih dari empat.
Penasaran dengan brand apa saja yang menduduki peringkat Top Brand? berikut daftar top brandnya.
Data Penjualan Mie Instan di Shopee dan Tokopedia Periode 17-31 Januari 2022
1. Indomie
Indomie menjadi brand lokal yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam penjualan mie instan terlaris di Indonesia, dengan sales volume mencapai 40.5% pantas bagi indomie menjuarai daftar top brand karena produknya sudah dinikmati hingga internasional.
Salah satu produknya yang laku di Shopee dan Tokopedia yaitu Indomie goreng, bahkan kritikus kuliner dari San Fransisco menilai jenis mie instan goreng memiliki rasa yang gurih serta aroma bawang goreng khas yang ada di dalam kemasannya.
2. Sedaap
Selanjutnya, pada peringkat kedua penjualan mie instan terlaris masih diduduki brand lokal Sedaap dengan sales volume 22.3%. Selain terkenal sebagai kompetitor berat dari Indomie, brand ini cukup pintar karena mengiklankan produknya dengan artis korea yang sempat ramai diperbincangkan yaitu Siwon Choi.
Produk unggulan dan laris di pasar online yaitu Mie Sedaap goreng ayam bakar limau, yang memiliki keunggulan dalam tekstur mie yang kenyal, tersedia topping sambal cobek yang sedap serta tambahan topping rempeyek dan daun jeruk.
3. Best Wok
Best Wok menjadi brand mie instan terlaris yang berhasil menduduki peringkat ketiga dengan sales volume 4.6%. Best work sempat viral karena diklaim memiliki rasa yang lebih enak oleh salah satu konten kreator dibandingkan dengan mie instan yang sudah legend.
Produk dari Best Wok yang menjadi favorit yaitu mie instan gorengnya yang memiliki 3 varian spicy, Black Pepper dan Original. keunggulannya karena memiliki tekstur lembut sehingga terasa meleleh di mulut dan dilengkapi dengan cita rasa bumbu yang unik.
4. Lemonilo
Lemonilo menduduki peringkat keempat dalam daftar top brand mie instan terlaris dengan memiliki sales volume 4.3%. Brand ini diklaim merupakan salah satu brand yang meluncurkan produk mie instan sehat karena tidak mengandung pengawet, penguat rasa, dan pewarna sintetis.
Produk unggulan dan menjadi terlaris yaitu produk mi goreng, yang memiliki keunggulan tanpa mengandung bahan pengawet, serta terdapat saripati kandungan sayuran seperti bayam, kunyit, dan daun bawang.
5. Nong Shim
Selanjutnya, Nongshim brand asal Korea Selatan menduduki posisi kelima dalam daftar top brand mie instan terlaris dengan sales volume 2.3%. Kini di Indonesia sudah terdapat label dengan nama Nongshim Farmers Heart dengan sertifikasi halal oleh MUI.
Nong shim memiliki beberapa produk unggulan yaitu Shin Ramyun, Kimchi Ramyun, Neoguri Udon, dan Korean Claypot yang memiliki cita rasa yang khas dari negeri gingseng, yakni gurih dan pedas, tetapi tetap cocok dengan lidah orang Indonesia.
6. Pop Mie
Pop Mie menduduki peringkat keenam dalam daftar top produk mie instan terlaris dengan 1.8 % market share. Kini Popmie hadir dengan beberapa varian baru salah satunya dengan menambahkan nasi ke dalam kemasan mie cupnya.
Selain itu, terdapat beberapa produk yang cukup laris dipasaran seperti Pop Mie Goreng, Pop Pie Ayam Bawang, dan Pop Mie Rasa Baso Spesial yang memiliki cita rasa aroma yang sangat gurih dikemas dengan sederhana dan mudah dibawa kemana-mana.
7. Wings
Brand lokal menjadi penutup daftar top mie instan terlaris periode ini. Sales volume dari merek asal indonesia ini mencapai 1.6%. Wings merupakan brand kebutuhan, baik memproduksi produk kesehatan maupun makanan.
Dalam kategori mie instan, Wings memiliki produk yaitu mie instan Enak dan Sedaap yang memiliki rasa gurih serta memiliki beberapa varian berbeda dengan cita rasa lezat.
Dari daftar top brand Mie Instan terlaris di atas, pada daftar mie instan, riset internal tim Compas menemukan brand Indomie berhasil merajai daftar top brand mie instan terlaris di Shopee dan Tokopedia periode 17-31 Januari 2022.