penjualan bolu

Data Penjualan Bolu Cake vs Kue Kering Untuk Ide Bisnis Hampers Kamu

Perayaan hari besar kerap kali diikuti dengan kebutuhan-kebutuhan tambahan, seperti halnya bersilaturahmi jika menjelang Lebaran. Namun, dengan adanya batasan untuk bepergian orang-orang jadi memilih alternatif lain untuk menjaga tali silaturahmi tersebut. Salah satu opsi adalah dengan mengirimkan hampers.

Hal ini bisa membuka peluang usaha bagi kalian yang ingin menambah penghasilan ataupun yang tertarik untuk memulai bisnis. Untuk modal pun, berbisnis hampers bisa dibilang relatif murah karena Anda bisa menerapkan sistem pre-order dimana Anda hanya butuh menyiapkannya jika memang ada order yang masuk.

Menarik bukan memulai bisnis hampers? Tapi, Anda mungkin bingung ingin jualan hampers dengan isi/konten apa. Dengan begitu banyak opsi untuk memilih konten hampersmu untuk dijual, Compas akan berikan salah satu insight untuk isi hampers yaitu kue.

Kira-kira kue apa saja yang bisa cocok untuk dijadikan hampers dan bagaimana potensinya? Simak datanya di artikel ini.

Kue Kering vs Kue Bolu Cake

Menjadikan kue sebagai ide hampers mungkin bisa menjadi salah satu pilihan baik untuk perayaan hari besar. Selain banyaknya varian yang bisa disesuaikan, potensi pasarnya juga besar.

Melihat penjualan di e-commerce Shopee dan Tokopedia, hanya dalam 2 minggu kategori Roti Kue berhasil tembus penjualan Rp 10,2 Miliar di bulan Februari 2021.

potensi kue

Potensi pasar untuk kategori ini memang besar, tapi Anda mungkin penasaran kategori Roti Kue ini mencakup apa saja sih? Jika ditelusuri lebih lagi, kategori Roti Kue ini mencakup produk-produk kue kering, bolu cake, dan juga roti.

Jika dilihat lebih dalam lagi, dari ketiga jenis tersebut ada dua kategori yang penjualannya mendominasi. Dua kategori dominan untuk Roti Kue adalah Kue Kering dan juga Bolu Cake. Lalu dari dua kategori tersebut, siapa yang berhasil menduduki peringkat pertama?

Kue Kering

Kue kering sangat identik dalam setiap perayaan hari-hari besar di Indonesia. Dengan mendominasi total sales revenue dari kategori Roti Kue sebesar 50,6 persen, Kue Kering berhasil menempati peringkat pertama di e-commerce. Persentase tersebut juga setara dengan Rp 5,1 Miliar lho.

Bisa dikatakan, kue keringlah yang paling umum diberikan dan biasanya jenisnya bisa berupa nastar, kastengel, putri salju, dan masih banyak lagi. Namun, setelah Compas lihat lagi produk dengan total penjualan terbesar diambil oleh produk cookies.

Dibandingkan dengan kue kering ‘tradisional’, produk SANDY COOKIES (KEMASAN TOPLES 450gr) ini berhasil menempati posisi pertama dalam kategori Kue Kering dengan total penjualan sebesar Rp 46,3 Juta di e-commerce pada awal Februari 2021

Bolu Cake

Pada umumnya, kue kering memang menjadi pilihan untuk hampers. Namun, bolu atau cake juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika sudah bosan dengan kue kering yang itu-itu saja. Oleh karena itu, bolu dan cake bisa menjadi salah satu pilihan baik untuk dijadikan ide berbisnis hampers.

Tidak kalah jauh dengan kue kering, kategori bolu cake berhasil mendominasi dengan total sales revenue sebesar Rp 4,2 Miliar atau setara dengan 41,2 persen dari seluruh sales revenue kategori untuk Roti Kue di awal Februari 2021.

Lalu kira-kira produk Bolu Cake apa yang berhasil menempati peringkat pertama? Compas menemukan bahwa untuk periode 1-18 Februari, ada produk Brownies Mix 8 Topping / Brownies – Reguler, Mix yang berhasil mencapai total penjualan Rp 42,5 Juta dan menjadi produk dengan sales revenue tertinggi.

bolu vs kue kering

Ambil Porsimu Dengan Jualan Kue Sebagai Hampers

Potensi market yang besar bisa menginspirasi Anda untuk mulai berbisnis hampers khususnya untuk produk kue-kue. Namun, jangan sampai Anda salah menentukan strategi penjualan untuk produk kue-kue tersebut.

Agar strategi bisnis Anda bisa lebih tajam, Compas Quick Report hadir untuk membantu melihat lebih dalam lagi potensi market dan top product untuk kategori bisnis kue Anda.

Kunjungi juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us