logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
perencanaan strategis dalam bisnis

Menggunakan Perencanaan Strategis dalam Bisnis Online untuk Meningkatkan Penjualan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Langkah Menyusunnya

Menggunakan Perencanaan Strategis dalam Bisnis Online untuk Meningkatkan Penjualan: Pengertian, Manfaat, dan 3 Langkah Menyusunnya

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Ketika melakukan sesuatu, alangkah baiknya untuk memiliki rencana terlebih dahulu. Terutama apabila yang dilakukan adalah hal yang sangat krusial seperti menjalankan bisnis karena bisnis yang terus berkembang tentunya memiliki rencana yang matang di balik layar.

Nah, menyusun perencanaan strategis dalam bisnis pun tentu saja penting. Hal tersebut dapat membantumu untuk mengembangkan produktivitas, profit, dan usia bisnis maupun brand, lho.

Tanpa menunggu waktu lama, simak tentang rencana strategis dalam bisnis di artikel ini, yuk!

Pengertian Perencanaan Strategis dalam Bisnis Online

Perencanaan strategis dalam bisnis online adalah suatu proses perencanaan untuk menentukan visi, misi, dan tujuan jangka panjang bisnis online atau brand, mencari cara untuk mencapai tujuan tersebut, dan menganalisa strategi atau cara yang dipilih dalam mencapai tujuan bisnis online tadi.

Ketika kamu menyusun rencana strategis, produk akhir yang diharapkan adalah sebuah action plan atau rencana operasional yang dapat kamu terapkan di brand-mu.

Baca juga: 5 Tips Membuat Action Plan Untuk Bisnis Kamu

Perbedaan Perencanaan Strategis dan Perencanaan Operasional

Perencanaan strategis dan perencanaan operasional memang sedikit mirip, jadi hati-hati jangan sampai terbalik antara dua hal ini, ya.

Sejatinya, perencanaan operasional adalah sebuah rencana detail yang dilakukan tiap divisi untuk mencapai rencana strategis yang telah disusun. Jika rencana operasional adalah rencana untuk divisi, maka rencana strategis adalah sebuah rencana untuk seluruh bisnis atau perusahaan.

Periode untuk kedua hal ini pun berbeda. Perencanaan strategis adalah rencana jangka panjang untuk bisnis online kamu, biasanya untuk waktu lima tahun ke depan. Sedangkan, periode perencanaan operasional adalah untuk jangka pendek saja.

Manfaat Perencanaan Strategis dalam Bisnis Online

Manfaat dan tujuan umum perencanaan strategis dalam bisnis online sebenarnya adalah agar brand-mu memiliki arah dan tujuan untuk lima tahun ke depan. Selain membantu brand agar semakin terarah, perencanaan strategis juga memiliki beberapa manfaat lainnya. 

Untuk melakukan sesuatu dalam bisnis online, dibutuhkan suatu anggaran. Dengan menyusun perencanaan strategis, kamu dapat membuat kerangka kerja sehingga anggaran dapat terpakai secara efektif. 

Kemudian, menyusun perencanaan strategis ternyata dapat membantumu dan tim untuk merumuskan taktik bisnis online atau strategi brand dengan pendekatan yang logis dan sistematis. Terlepas dari keberhasilan rencana tersebut, kalian menjadi terbiasa berpikir logis dan sistematis sehingga dapat membantu kalian untuk meningkatkan kinerja.

Selain itu, walau perencanaan strategis biasanya hanya disusun oleh para eksekutif, kamu bisa saja melakukannya bersama dengan anggota tim. Dengan menyusun perencanaan strategis bersama, tingkat komunikasi kamu dan anggota tim akan semakin kuat. Jangan lupa, komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting.

3 Langkah Menyusun Perencanaan Strategis dalam Bisnis Onlineperencanaan strategis dalam bisnis

1. Tentukan Posisi Brand Kamu

Untuk dapat menyusun perencanaan strategis yang tepat, kamu perlu mengetahui posisi brand-mu saat ini di pasar. Dengan mengetahui posisi brand, kamu dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan brand-mu sehingga dapat menyusun rencana strategis untuk menutupi kelemahan tersebut.

Selain melihat posisi brand sendiri, kamu juga perlu melihat posisi kompetitor. Dengan begitu, kamu dapat menyusun perencanaan strategis untuk mengimbangi mereka. 

Melihat posisi brand kompetitor di pasar online memang cukup sulit dilakukan, namun dengan data yang telah disiapkan oleh Team Compas untukmu, kamu bisa melihatnya dengan mudah.

2. Susun Prioritas Brand

Setelah mengetahui posisi brand di pasar, kamu perlu menyusun prioritas untuk brand. Hal ini termasuk dalam menyusun tujuan paling penting untuk brand kamu.

Kamu juga perlu untuk menyusun rencana apa saja yang perlu dilakukan untuk brand dan bagaimana cara melakukan strategi tersebut. Pastikan tujuan dan strategi yang kamu pilih dapat terukur agar memudahkan kamu untuk menentukan KPI.

3. Menyusun dan Menjalankan Perencanaan Strategis

Sekarang kamu sudah mengetahui posisi dan menyusun prioritas brand dan sudah siap menuju langkah selanjutnya yaitu menyusun perencanaan strategis. 

Dalam menyusun perencanaan strategis, kamu mungkin butuh bantuan, saran, dan perspektif dari berbagai pihak. Jika pihak stakeholders dibutuhkan, kamu juga perlu meminta mereka untuk ikut serta.

Setelah perencanaan strategis selesai disusun dan siap dijalankan, jangan lupa untuk memberi tahu seluruh anggota tim mengenai rencana tersebut agar rencana dapat berjalan dengan lancar tanpa miskomunikasi. 

Terakhir, jangan lupa untuk tetap melakukan evaluasi terhadap perencanaan strategis brand-mu, ya! Tinjau kemajuan dan hal-hal yang terjadi selama rencana dijalankan. Dengan evaluasi, brand kamu dapat semakin berkembang dengan mengurangi kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: 4 Hal Penting dalam Menyusun Perencanaan Strategis dalam Bisnis

Contoh Perencanaan Strategis dalam Bisnis Online

Ingat dengan cara pertama dalam menyusun perencanaan strategis? Ya, benar! Cara pertama menyusun perencanaan strategis adalah dengan menentukan posisi brand kamu dan kompetitor di pasar online.

Untuk melihat data pasar online tidak sesulit yang kamu bayangkan. Team Compas dapat membantumu agar menjadi mudah. Kamu dapat melihat posisi brand kamu dan kompetitor di marketplace dengan data Compas Dashboard.perencanaan strategis dalam bisnis

Dengan data Compas, kamu juga bisa melihat banyak data lainnya. Contohnya, kamu dapat melihat data list top brands, top product listings, dan top sellers untuk menganalisis kompetisi pasar. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat data market share, total sales revenue, dan total sales quantity. Semua data tersebut dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang kamu pilih sehingga akan semakin memudahkanmu untuk membaca data.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.