Pengertian Penetrasi Pasar

Inilah Pengertian Penetrasi Pasar

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Selain riset pasar, aspek lainnya yang berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis adalah penetrasi pasar. Nah, pada artikel lalu, Compas telah memberikan rincian strategi yang dapat diterapkan dalam menjalankan penetrasi pasar.

Masih berbicara mengenai penetrasi pasar, pada artikel kali ini, Compas akan memberikan serangkaian tips untuk melakukan penetrasi pasar khusus untuk pelaku bisnis online!

 

Apa itu Penetrasi Pasar?

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai tips penetrasi pasar untuk bisnis online, ada baiknya jika Anda memahami hakikat penetrasi pasar itu sendiri.

Market Penetration atau penetrasi pasar adalah rangkaian strategi pertumbuhan bisnis di mana perusahaan akan berkonsentrasi pada perluasan pangsa pasar untuk produk maupun jasa yang ada di pasar sekarang.

Perusahaan menggunakan strategi penetrasi pasar untuk menilai kemungkinan apakah mungkin untuk mendapatkan pangsa pasar di tempat tertentu sesuai dengan tujuan mereka.

 

Tujuan dan Manfaat Penetrasi Pasar

Tujuan dari penetrasi pasar sendiri adalah memperluas pangsa pasar untuk produk yang ada di pasar saat ini. Hal ini sesuai dengan pengertian penetrasi pasar itu sendiri.

Penetrasi pasar dilakukan dengan merebut pelanggan milik pesaing maupun menarik pelanggan baru yang belum menggunakan produk Anda. Penetrasi pasar juga memiliki beberapa manfaat yang didapat jika dilakukan dengan baik, perhatikanlah manfaat penetrasi pasar dibawah ini.

 

1. Difusi Pasar yang Mudah

Penetrasi pasar dapat membantu untuk menyusup ke total addressable market atau yang biasa disingkat menjadi TAM, maka dari itu menjadi lebih mudah untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Konsumen akan mulai memperhatikan merek dan mereka dapat beralih ke produk yang baru lebih cepat.

 

2. Membangun Prospek Masa Depan

Manfaat selanjutnya dari penetrasi pasar yaitu dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana pelanggan memandang penawaran. Jika Anda berhasil melibatkan dan mempertahankan pelanggannya, maka Anda juga akan memiliki isyarat untuk menjual produk baru yang mungkin akan diluncurkan di masa depan.

 

3. Membuat Produk Bernilai Ekonomis 

Manfaat yang ketiga adalah penetrasi pasar membantu tercapainya skala ekonomi. Mengakar pada permintaan produk yang besar maka menyebabkan perusahaan dapat meningkatkan skala produksi dan menurunkan biaya per unit.

 

4. Membuat Pertumbuhan yang Cepat

Penetrasi pasar merupakan cara yang tercepat untuk memperkuat basis pelanggan dan membangun kehadiran Anda di pasar. Menetapkan harga jual yang lebih rendah menjadikan kekuatan pendorong untuk menarik pelanggan yang akan menciptakan dampak yang besar di pasar, terutama mempengaruhi tingkat persaingan.

 

5. Penciptaan Goodwill

Perlu diketahui, goodwill adalah nilai bisnis yang melebihi asetnya dikurangi kewajiban. Kualitas yang baik dapat menarik pelanggan dan ketika mereka mendapatkan kualitas yang baik, maka mereka akan bersedia untuk kembali lagi.

Berita akan cepat tersebar di pasar dan hal itu akan membangun goodwill dan citra yang positif terhadap pesaing.

 

3 Tips Jitu Penetrasi Pasar untuk Bisnis Online

Pada artikel sebelumnya, Compas telah membagikan 7 strategi penetrasi pasar yang dapat Anda terapkan pada bisnis secara umum. Namun, khusus untuk bisnis online, terdapat 3 tips jitu agar penetrasi pasar makin sukses.

Tips Jitu Penetrasi Pasar untuk Bisnis Online

1. Menambah Platform Penjualan

Menambah platform penjualan merupakan salah satu strategi yang berfokus pada saluran distribusi untuk pertumbuhan perusahaan.

Misalnya, jika bisnis Anda hanya memanfaatkan media sosial sebagai platform pembelian dan penjualan, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan saluran distribusi lain dengan mempertimbangkan kenyamanan customer. Misalnya, membuat website toko online atau membuka official store di e-commerce.

Jika dilihat dari segi pemasaran, saluran distribusi yang bisa Anda manfaatkan, antara lain email marketing, fitur ads, dan sebagainya.

 

2. Kolaborasi Produk

Persaingan dalam dunia usaha tentu tak dapat dihindari. Kompetisi yang ketat pun mewajibkan Anda untuk selalu mengeluarkan produk agar tetap stand out di pasaran dan tidak kalah saing. 

Tahukah Anda bahwa penetrasi pasar pun dapat dikejar melalui kegiatan launch produk baru?

Nah, agar peluncuran produk mendapatkan recognition yang bagus, ada baiknya Anda mempertimbangkan tips yang satu ini. Yup, kolaborasi produk dapat menjadi saluran penetrasi pasar yang menjanjikan.

Dewasa ini, ada banyak perusahaan yang melakukan branding dengan cara kolaborasi. Beberapa diantaranya adalah Twice X Scarlett, NCT Dream X Somethinc, dan Wendy Red Velvet X Pond’s.

Berkaca dari contoh-contoh kolaborasi di atas, dapat dilihat bahwa melakukan kolaborasi produk dengan tokoh-tokoh berpengaruh ternyata berimbas pada product recognition.

Selain menggaet influencer, Anda juga bisa menggandeng brand lainnya untuk berkolaborasi. Hal ini disebut sebagai co-branding. Beberapa contoh kolaborasi co-branding adalah Implora X Regal, Oreo X Supreme, dan Chitato X Indomie Goreng.

 

3. Melakukan Digital Campaign

Digital campaign adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan secara online. Seperti yang telah diketahui, media sosial telah menjadi kanal tersendiri dalam meningkatkan brand awareness.

Digital campaign memiliki pengaruh besar terhadap performa digital marketing karena dalam prosesnya akan banyak membantu tim marketing dalam menggaet audiens lebih banyak.

Teruntuk bisnis berbasis online, sangat disarankan untuk melakukan campaign melalui kanal-kanal digital seperti media sosial. Sebab, sesuai dengan data yang diperoleh oleh Kata Data, pengguna internet di Indonesia terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu penetrasi pasar, tujuan dan manfaat, serta  tips jitu untuk melakukan penetrasi pasar bagi pebisnis online. Mengingat begitu banyak manfaat yang didapatkan, Compas sangat menyarankan Anda untuk konsisten dalam menjalankan penetrasi dan riset pasar.

Kolaborasi antara penetrasi pasar, riset, dan penerapan strategi yang cocok akan membuat bisnis Anda sukses mendapatkan pangsa pasar sesuai dengan target.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.